Deskripsi Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Etika Berkomunikasi Siswa

  • Siti Wahyuni Hasan Universitas Negeri Gorontalo
  • Rena Madina Universitas Negeri Gorontalo
  • Jumadi Mori Salam Tuasikal Universitas Negeri Gorontalo
Keywords: etika, berkomunikasi siswa, faktor internal dan eksternal

Abstract

Abstrak

Penelitian ini adalah penelitian ini metode deskriptif kuantitatif yaitu menggambarkan dan membahas tentang faktor – faktor apa saja yang mempengaruhi etika berkomunikasi siswa di SMK Negeri 1 Bulango Utara. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi etika berkomunikasi siswa kelas XI SMK Negeri 1 Bulango Utara Kabupaten Bone Bolango. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Negeri 1 Bulango Utara yang berjumlah 209 siswa sedangkan pengambilan sampel penelitian dengan teknik random sampling berjumlah 52 siswa. Berdasarkan analisis data, maka dapat disimpulkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi etika berkomunikasi siswa kelas XI SMK Negeri 1 Bulango Utara Kabupaten Bone Bolango faktor internal yaitu: 1) faktor pemahaman agama, 2) faktor kecerdasan, 3) faktor motivasi, 4) faktor minat, 5) faktor sikap, (6) faktor konsep diri dan 7) faktor kemandirian, dengan hasil persentase 76,17%. Sedangkan faktor internal yaitu: 1) faktor lingkungan keluarga, 2) faktor lingkungan sekolah, dan 3) faktor lingkungan masyarakat, dengan hasil persentase 81,20%. Jadi dapat disimpulkan secara keseluruhan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi etika berkomunikasi siswa faktor internal dengan hasil persentase 76,17% dan faktor eksternal dengan hasil persentase 81,20%, hal ini menunjukkan bahwa angka tersebut dinyatakan dalam kategori tinggi

Kata kunci: Etika, berkomunikas siswa, faktor internal dan eksternal

 

Abstract

This research is a quantitative descriptive method that describes and discusses what factors influence the communication ethics of students at SMK Negeri 1 Bulango Utara. This study aims to determine the factors that influence the communication ethics of grade XI students of SMK Negeri 1 Bulango Utara, Bone Bolango Regency. The population in this study was the XI grade students of SMK Negeri 1 Bulango Utara which amounted to 209 students while the research sampling with random sampling technique amounted to 52 students. Based on data analysis, it can be concluded that the factors that influence the communication ethics of grade XI students of SMK Negeri 1 Bulango Utara, Bone Bolango Regency, are internal factors, namely: 1) religious understanding factor, 2) intelligence factor, 3) motivation factor, 4) interest factor, 5) attitude factor, (6) self-concept factor and 7) independence factor, with a percentage of 76.17%. While the internal factors are: 1) family environment factors, 2) school environment factors, and 3) community environment factors, with a percentage result of 81.20%. So it can be concluded overall that the factors that influence students' communication ethics are internal factors with a percentage result of 76.17% and external factors with a percentage result of 81.20%, this shows that the figure is stated in the high category.

Keywords: Ethics, student communication, internal and external factors

References

DAFTAR PUSTAKA
Adi Winarto, W. W., & Mutmainah, I. (2021). Faktor-Faktor Yang Memperngaruhi Etika Pada Mahasiswa Akuntansi Syariah. Al-Buhuts, 17(2), 309–326. Https://Doi.Org/10.30603/Ab.V17i2.1867
Hulukati, W. (2015). Peran Lingkungan Keluarga Terhadap Perkembangan Anak. Jurnal Musawa, 7(2), 265–282.
Hutagalung, R., & Ramadan, Z. H. (2022). Peran Orang Tua Dalam Menanamkan Nilai Multikultural Di Lingkungan Keluarga Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4967–4991. Https://Doi.Org/10.31004/Obsesi.V6i5.2895
Ihsani, A. F. A., & Febriyanti, N. (2021). Etika Komunikasi Sebagai Kontrol Kesalehan Virtual Dalam Perilaku Bermedia Masyarakat Di Era Digital. Jurnal Al Azhar Indonesia Seri Ilmu Sosial, 2(1), 24. Https://Doi.Org/10.36722/Jaiss.V2i1.512
Jalaludin, M., Zakiyya, D. P., & Zein, S. (2023). Pentingnya Orang Tua Dan Guru Bersinergi Dalam Membangun Minat Belajar Dan Motivasi Belajar Siswa Sdn 02 Desa Cikalong. Proceedings, Uin Sunan Gunung Djati Bandung, 3(7), 46–57.
Kurniawan, Y., & Sudrajat, A. (2020). Peran Teman Sebaya Dalam Pembentukan Karakter Siswa Mts (Madrasah Tsanawiyah). Iain Tulungagung, 1–12.
Maisarah. (2013). Aplikasi Komunikasi Non-Verbal Di Dalam Kelas. Educate, 2(2), 241715.
Mannan, A. (2019). Etika Komunikasi Interpersonal Mahasiswa Ilmu Komunikasi Fakultas Dakwah Dan Komunikasi Kepada Dosen Melalui Smartphone. Jurnal Aqidah, 5(1), 1–22.
Muslimah. (2016). Etika Komunikasi Dalam Perspektif Islam. Sosial Budaya, 13(2), 115–126.
Prabowo, E., Fajrie, N., & Setiawan, D. (2021). Etika Komunikasi Siswa Dalam Pembelajaran Daring Melalui Aplikasi Whatsapp. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(3), 429. Https://Doi.Org/10.23887/Jppp.V5i3.38191
Purwatiningsih, S. D., Inayah, R., & Radjagukguk, S. (2020). Etika Komunikasi Dalam Penggunaan Media Sosial Facebook Sebagai Sarana Media Interaksi Sri. Jurnal Ikon Desember, Xxvi(3), 263–266.
Ra’ufuatun, I. (2015). Pengaruh Perhatian Orang Tua, Kedisiplinan, Dan Minat Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan Ips (Jppi), 9(3), 1858–4985. Http://Ejournal.Unikama.Ac.Id/Index.Php/Jppi
Rahman, M. S. (2009). Etika Berkomunikasi Guru Dan Peserta Didik Menurut Ajaran Agama Islam. Jurnal Iqra’, 3(1), 53–67.
Saihu, M. (2021). Etika Komunikasi Dalam Pendidikan Melalui Kerangka Teori Teacher Engagement ( Studi Di Smk Puspita Persada Jakarta Selatan Tahun Pelajaran 2019 / 2020 ). Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 10(1), 445–466. Http://Jurnal.Staialhidayahbogor.Ac.Id/Index.Php/Ei/Article/View/1593
Sari, A. F. (2020). Etika Komunikasi. Tanjak: Journal Of Education And Teaching, 1(2), 127–135. Https://Doi.Org/10.35961/Tanjak.V1i2.152
Yanny, A., & Hutabarat, S. A. (2021). Pembelajaran Etika Berkomunikasi Menggunakan Media Sosial Untuk Menghindari Konflik Di Masyarakat Bagi Siswa Siswi Smp Citra Harapan Percut. Jurnal Abdimas Budi …, 2(1), 24–27.
Published
2024-05-30