Hubungan Self Esteem Dengan Kemampuan Komunikasi Interpersonal Pada Siswa
Abstract
Penelitian ini dilakukan pada Siswa kelas VIII SMP Negeri 11 Gorontalo yang dilatarbelakangi oleh adanya masalah siswa mengenai kemampuan komunikasi interpersonal dan self esteem. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah “Apakah ada hubungan self esteem dengan kemampuan komunikasi interpersonal siswa kelas VIII SMP Negeri 11 Gorontalo?”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana hubungan self esteem dengan kemampuan komunikasi interpersonal siswa kelas VIII SMP Negeri 11 Gorontalo. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Teknik pengambilan data menggunakan kuesioner (angket) self esteem dan kemampuan komunikasi interpersonal. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 50 orang. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, diperoleh nilai regresi sebesar Ŷ = 47,43 + 0,243. Koefisien regresi tersebut bernilai positif sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel self esteem memiliki hubungan yang positif terhadap kemampuan komunikasi interpersonal. Kemudian diikuti dengan nilai korelasi r = 0,046 < 0,05 seperti yang disyaratkan dimana ini menunjukkan terdapat korelasi antara variabel self esteem dengan kemampuan komunikasi interpersonal, maka koefisien (r2) variabel X (self esteem) dengan Y (kemampuan komunikasi interpersonal) sebesar 0,4892 = 0,239 x 100% = 23,9%. Dengan demikian dapat dikatakan 23,9 % variabel self esteem mempengaruhi variabel kemampuan komunikasi interpersonal. Dan 76,1% sisanya dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Hal ini berarti bahwa self esteem memiliki hubungan yang signifikan dengan kemampuan komunikasi interpersonal siswa. Semakin baik self esteem siswa maka semakin meningkat komunikasi interpersonal.
References
Anggriyani, S.T., M, Abdul., dan Hasanuddin. 2018. Hubungan antara Harga Diri dan Kepercayaan Diri dengan Kemampuan Komunikasi Interpersonal pada Siswa kelas VII SMP Negeri 2 Semarang. Jurnal Ilmiah Magister Psikologi. 5(1): 42
Aslinda, C., Qurniawati, E. F., dan Hardianti, F. 2022. Komunikasi Interpersonal dalam Membangun. MEDIAM: Media Pengabdian Masyarakat. 1(1): 7
Baron, R., dan Byrne, D. 2018. Psikologi Sosial. Jakarta: Erlangga
Cangara, Hafied. 2012. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT. Raja Graffindo Persada.
Devi, Y. R. & Fourianalistyawati, E. 2018. Hubungan antara Self Esteem dengan Penyesuaian Diri Sebagai Peran Ibu Rumah Tangga pada Ibu Berhenti Bekerja di Jakarta. Universitas YARSI. Jurnal Psibernetika. 11(1):11-12
De Vito, J.A. 2011. Komunikasi Antar Manusia. Diterjemahkan oleh Agus Maulana. Tangerang: Karisma Publishing Group.
Enda, N. 2021. Keterampilan Komunikasi Interpersonal Siswa Kelas Xi Smanegeri 1 Margaasih Kabupaten Bandung. Jurnal pendidikan: 4(2):121-128
Fadila, D. 2014. Pemberian Pelatihan Komunikasi Interpersonal Untuk Meningkatkan Kerjasama Tim Pada Karyawan Pt. Umat Surabaya. http://psikologi.untag-sby.ac.id. 12 Juni 2021 (20:30)
Febrina, D. T., Suharso, P. L., & Saleh, A. Y. 2018. Self Esteem Remaja Awal:Temuan Baseline dari Rencana Program Self-Intructional Training Kompetensi Diri. Universitas Indonesia. Jurnal Psikologi Insight. 2(1): 43
Ghufron, M. N. & Risnawita S, Rini. 2017. Teori-teori Psikologi. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media
Hasanah, H. 2015. Pengaruh Komunikasi Interpersonal dalam Menurunkan Problem Tekanan Emosi Berbasis Gender. Jurnal SAWWA. 11(1):56
Hidayat, R. 2017. Peningkatan Aktivitas Komunikasi Interpersonal Dalam Organisasi Melalui Perbaikan Efikasi Diri, Kepemimpinan Dan Kekohesifan Tim. Jurnal Manajemen Pendidikan. 4(2): 163
Khotima, Nurul dan Azeharie, Suzy. 2015. Pola Komunikasi Antarpribadi antara Guru dan Siswa di Panti Sosial Taman Penitipan Anak “Melati” Bengkulu. Jurnal Pekommas. 18(3): 213 – 224
Laila, F.N. 2017. Profil Komunikasi Interpersonal Mahasiswa. Jurnal of Innovative Counseling: Theory, Practice & Research. 1(1)
Marwati, E., Prihartanti, N., Hertinjung, W. S., Psikologi, F., dan Surakarta, U. M. 2016. Pelatihan Berpikir Optimis untuk Meningkatkan Harga. Indigenous. 1(1): 23-31
Mastiara. 2017. Hubungan antara Harga Diri dan Kepercayaan Diri dengan Kemampuan Komunikasi Interpersonal pada Siswa kelas VII SMP Negeri 2 Semarang. Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang
Maulana, E., dan S.E, Indrawati. 2018. Hubungan antara Harga Diri dan Kepercayaan Diri dengan Kemampuan Komunikasi Interpersonal pada Siswa kelas VII SMP Negeri 2 Semarang. Jurnal Empati. 7(2): 367
Oktavia, F. 2016. Upaya Komunikasi Interpersonal Kepala Des Borneo Sejahtera dengan Masyarakat Desa Long Lunuk. Ilmu Komunikasi. 4(1): 239-253
Patriana, E. 2016. Komunikasi Interpersonal yang Berlangsung antara Pembimbing Kemasyarakatan dan Keluarga Anak Pelaku Pidana Di Bapas Surakarta. Journal of Rural and Development. 5(2): 207
Pautina, A.R., W, Pratiwi., dan M.R, Pautina. (2022). “Efektifitas Pelaksanaan Program Bimbingan Konseling Inklusi di TK Damhil DWP UNG”. Jambura Early Childhood Education Journal 4(1): 64-74
Pautina, A.R., I, Usman., M.R, Pautina. (2022). “Resiliensi Mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo di Masa Pandemi Covid-19”. PEDAGOGIKA 13(1): 16-23
Pautina, M.R. (2020). “Pengaruh Bimbingan Kelompok Terhadap Harga Diri Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Kota Gorontalo”. JAMBURA Guidance and Counseling Journal. 1(1): 8 – 13.
Prawesti, F. S. & Dewi, D. K. 2016. Self Esteem dan Self Disclosure Pada Mahasiswa Psikologi Pengguna Blackberry Messenger. Jurnal Psikologi Teori dan Terapan. 7(1): 4
Purwanto. 2010. Hubungan Harga Diri dengan Perilaku Konsumtif Remaja di Banda Aceh. Jurnal Psikososialmedia. 1(2): 3
Rahmi, S. 2021. Komunikasi Interpersonal dan Hubungannya dalam Konseling. Aceh: Syiah Kuala University Press.
Rakhmat, Jalaluddin. 2011. Psikologi Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. No. 40. Hal. 127-138
Refnadi. 2018. Konsep Self Esteem serta Implikasinya pada Siswa. Jurnal Pendidikan Indonesia. 4(1): 18
Sanjaya, Wina. 2012. Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. Hal: 83
Srisayekti, W & Setiady, D. A. 2015. Harga-diri (Self-esteem) Terancam dan Perilaku Menghindar. Jurnal Psikologi. 42(2):143
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Suranto, A. 2011. Komunikasi Interpersonal. Yogyakarta: Graha Ilmu
Suryanto. 2015. Pengantar Ilmu Komunikasi. Bandung: CV Pustaka Setia.
Suseno, N.M. 2012. Pengeruh Pelatihan Komunikasi Interpersonal Terhadap Efikasi Diri sebagai Pelatih pada Mahasiswa. Jurnal Intervensi Psikologi. 1(1): 93-105
Syifa, M. 2022. Komunikasi Interpersonal Mahasiswa di Masa Pandemi Covid-19. AL-IMAN: Jurnal Keislaman dan Kemasyarakatan. 6(1): 68
Yusri, F. 2014. Instrumen Non Tes dalam Konseling. Bukittinggi: STAIN Bukittinggi
							
							


