"HARMONI" untuk Meningkatkan Toleransi antar Siswa

  • Ni nyoman Linda Universitas Negeri Gorontalo
  • Mohamad Rizal Pautina Universitas Negeri Gorontalo
  • Idriani Idris Universitas Negeri Gorontalo
  • Amalia Rizki Pautina Universitas Negeri Gorontalo
Keywords: Media kartu, HARMONI, Toleransi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan media kartu HARMONI untuk meningkatkan sikap toleransi siswa di SMK N 3 Gorontalo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatifmetod Pra-eksperimen dengan One-Group Pretest-Postest Design. Subjek penelitian berjumlah 23 siswa yang dipilih dengan teknik total sampling. Instrument yang digunakan adalah angket sikap toleransi siswa yang berjumlah 18 item yang sudah valid dan reliable. Analisis data menggunakan teknik paired sampel t-test dengan bantuan aplikasi IBM SPSS 22. Hasil dari gambaran sebelum diberikan layanan menggunakan media kartu HARMONI bahwa hasil rata-rata skor pre-test  sebesar 1366 dan hasil dari sesudah diberikan layanan menggunakan media kartu HARMONI rata-rata skor post-test sebesar 1677 yang menggambarkan peningkatan skor rata-rata sikap toleransi siswa. Berdasarkan hasil uji t-test pada tabel paired sampel t-test nilai diperoleh t-hitung sebesar 16,218, nilai signifikan (2 tailed) 0.000 < 0.05 menunjukkan terdapat perbedaan signifikan variable pre-test dengan variable ini terdapat pengaruh signifikan dari media kartu HARMONI untuk meningkatkan sikap toleransi siswa kelas XI SMK N 3 Gorontalo

This research aims to determine the effect of implementing HARMONI card media to increase students' tolerance attitudes at SMK N 3 Gorontalo. This research uses a quantitative approach, pre-experiment method with One-Group Pretest-Posttest Design. The research subjects were 23 students selected using total sampling technique. The instrument used was a student tolerance attitude questionnaire, totaling 18 items which were valid and reliable. Data analysis used the paired sample t-test technique with the help of the IBM SPSS 22 application. The results of the description before being given services using HARMONI card media were that the average pre-test score was 1366 and the results after being given services using HARMONI card media were on average The post-test score was 1677 which illustrates an increase in the average score of students' tolerance attitudes. Based on the results of the t-test in the paired sample t-test table, the t-test value obtained was 16.218, the significant value (2 tailed) 0.000 < 0.05 shows that there is a significant difference between the pre-test variable and this variable. There is a significant influence from the HARMONI card media to improve Tolerance attitude of class XI students at SMK N 3 Gorontalo

References

Anggraeni, I. (2018). Implementasi Pendidikan Multikultural dalam Pembelajaran IPS di SMP Negeri 1 Semarang. Jurnal Pendidikan Multikultural, 5(1), 123-134.

Ardiningsih, Y. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Menggunakan Kartu Jodoh terhadap Hasil Belajar Siswa. Skripsi. FST UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta

Faizah, N. I. H. (2017). Efektivitas Penggunaan Media Kartu Kuartet Dalam Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Siswa Kelas V SDN Jetis 3 Lamongan. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(3).

Hakim, L., & Priyanto, D. (2019). Upaya Meningkatkan Sikap Apresiatif dan Kreatif dalam Pembelajaran Musik Nusantara. Jurnal Penelitian Pendidikan, 31(2), 221-230.

Istiqomah, F., & Widiyatmoka, A. (2016). Pengembangan Media Kartu Domino Pada Pembelajaran IPA dengan Topik Hewan dan Tumbuhan di Lingkungan Rumahku untuk Siswa Kelas IV SD. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 5(2).

Munafiah, N., & Anwar, K. (2023). Peran Guru dalam Mengembangkan Sikap Sosial melalui Pembelajaran IPS di MTS Miftahussalam 1 Wonosalam Demak. Sosiolium: Jurnal Pembelajaran IPS, 5(1), 66-71.

Nugroho, P. (2020). Permainan Tradisional sebagai Media Perkembangan Sosial dan Meningkatkan Kemampuan Dasar Anak. Jurnal Bina Desa, 6(2), 99-110.

Nurhamidin, F. (2018). Penggunaan Media Kartu Domino untuk Penguatan Kemampuan Faktual Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah. Jurnal Pendidikan Sejarah, 6(4)

Nurhayati, S., Sudarmin, Mahatmanti, F.W., & Khodijah, F.D. (2019). Pengembangan Media Permainan Kartu UNO Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Karakter Siswa Kelas VIII Tema Optik. Unnes Science Education Journal.

Noviyanti, R., & Suherman, S. (2018). Keefektifan Penggunaan Kartu Bergambar Berbentuk Pop Up Card pada Pembelajaran Siswa SMP. Lembaran Ilmu Kependidikan, 38(1), 35-39.

Priyanto, D., & Hakim, L. (2019). Pengaruh Kartu Kuartet dalam Model Pembelajaran STAD Terhadap Hasil Belajar Tematik Siswa. Journal of Education Technology, 3(4).

Rokhayati, A. (2010). Meningkatkan Kemampuan Membaca pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia melalui Permainan Kartu Kalimat. Jurnal Saung Guru, 1(2), 85-86

Samsiyah, S., Hermansyah, H., & Kuswidyanarko, A. (2021). Efektivitas Kartu Kuartet Terhadap Kemampuan Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV. Jurnal Holistika, 5(2).
Setiawan, Y. U. (2020). Pengembangan Kartu Domino Pecahan Sebagai Media Pembelajaran Matematika Dikelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Keilmuan Dan Kependidikan Dasar, 12(1).

Setiawan, R., & Aisyah, S. (2021). Pengembangan Sikap Saling Menghargai Melalui Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 10(1), 45-56.

Syahputra, A. (2012). Penggunaan Media Permainan Kartu Kuartet Pada Pembelajaran Menulis Karangan Narasi. Jurnal Sastra Indonesia (SASINDO), 1(2).

Utami, D. P. (2017). Implementasi Pendidikan Karakter dalam Membentuk Sikap dan Perilaku Sosial Peserta Didik di SMA PGRI 1 Pati. Jurnal Pendidikan Karakter, 9(2), 76-85.

Zannah, Miftahul. (2018). Peningkatan Kemampuan Membaca pada Layanan Remedial untuk Anak Disleksia melalui Penggunaan Permainan Kartu kata Siswa kelas III SDN Kelapa Gading Timu 03 Jakarta. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan.
Published
2025-06-18