Penerapan Literacy Cards Untuk Meningkatkan Pemahaman Dampak Bullying Bagi Korban
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan literacy cards untuk meningkatkan pemahaman dampak bullying bagi korban pada siswa di SMA Negeri 1 Gorontalo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif metode Pra-eksperimen dengan one-group pre-test dan post test design. Subjek penelitian berjumlah 30 siswa yang dipilih dengan teknik total sampling. Instrument yang digunakan adalah angket pemahaman pencegahan perundungan yang berjumlah 18 item yang sudah valid dan reliabel. Analisis data menggunakan bantuan aplikasi SPSS 20. Penelitian ini terdiri dari dua variable yaitu variable X (literacy cards) dan variable Y (Pemahaman dampak bullying bagi korban). Anggota sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-10 yang berjumlah 30 orang untuk penelitian eksperimen. Hasil penelitian menunjukan bahwa pemahaman dalam pencegahan perundungan siswa sebelum di berikan layanan rata-rata skor pre-test sebesar 56,13 dan hasil sesudah diberikan layanan rata-rata skor post-test sebesar 76,73 yang menggambarkan peningkatkan skor rata-rata pemahaman dampak bullying. Berdasarkan hasil uji t-test pada tabel paired sampel t-test nilai diperoleh t-hitung sebesar -11,525, nilai signifikasi (2 tailed) 0.000 < 0.05 menunjukan terdapat perbedaan signifikan variable pre-test dengan variable ini menunjukan terdapat pengaruh yang signifikan dari literacy cards untuk meningkatkan pemahaman dampak bullying bagi korban di lingkungan sekolah pada siswa SMA Negeri 1 Gorontalo.
This research aims to determine the effect of implementing literacy cards to enhance the understanding of the impacts of bullying on victims among students at SMA Negeri 1 Gorontalo. This study employs a quantitative approach with a pre-experimental method using a one-group pre-test and post-test design. The research subjects consisted of 30 students selected through total sampling technique. The instrument used was a bullying prevention understanding questionnaire comprising 18 valid and reliable items. Data analysis was conducted using the SPSS 20 application. This study consists of two variables: variable X (literacy cards) and variable Y (understanding the impacts of bullying on victims). The sample members in this study were 30 students from class X-10 for the experimental research. The results indicated that students' understanding in bullying prevention before receiving the service had an average pre-test score of 56.13, and after receiving the service, the average post-test score was 76.73, reflecting an increase in the average score of understanding the impacts of bullying. Based on the t-test results in the paired sample t-test table, the obtained t-value was -11.525, with a significance value (2-tailed) of 0.000 < 0.05, indicating a significant difference between the pre-test and post-test variables. This demonstrates a significant effect of literacy cards in enhancing the understanding of the impacts of bullying on victims in the school environment at SMA Negeri 1 Gorontalo.
References
Kemampuan Bercerita Melalui Media Kartu Skenario di SDN, Peningkatan, Vi Suku, Solok Suri Amelia, Kastam Syamsi, Suri Amelia, Kastam SD Syamsi Negeri, Vi Suku Solok Sumatera Barat, and Universitas Negeri Yogyakarta. 2014. Peningkatan Kemampuan Bercerita Melalui Media Kartu Skenario Di Sdn 08 Vi Suku, Solok Improving The Storytelling Ability Of Elementary School 08 Vi Suku, Solok Through Scenario Cards. Vol. 2.
Musbhirah, Qurratul Uyunil, Muntari Muntari, Syarifa Wahidah, and Al Idrus. 2018. “Pengaruh Model Pembelajaran Joyful Learning Dengan Media Kartu Aksi Terhadap Hasil Belajar Kimia Materi Koloid Pada Siswa Kelas Xi Mia Man 2 Model Mataram The Influence Of Learning Model Joyful Learning With Action Card Media To The Learning Result Of Chemistry Of Koloid Material On Students Clearly Xi Mia Man 2 Model Mataram.”
Nur, Siti, Elisa Lusiana, and Siful Arifin. n.d.-a. Dampak Bullying Terhadap Kepribadian Dan Pendidikan Seorang Anak.
Nurhidayati, E. (2017). Pedagogi konstruktivisme dalam praksis pendidikan Indonesia. Indonesian Journal of Educational Counseling, 1(1), 1-14.
Mastur dan Triyono. (2014). Materi Layanan Klasikal Bimbingan Dan Konseling. Yogyakarta: Paramitra.
Mukhtar, M., Yusuf, S., & Budiamin, A. (2016). Program Layanan Bimbingan Klasikal untuk Meningkatkan Self-Control Siswa.
Muslich. (2010). Teori Konstruktivisme dan Pembelajaran. Jurnal Pendidikan, 25(3), 45-60.
Pendidikan, Prodi, Islam Anak, Usia Dini, Uin Sunan, and Kalijaga Yogyakarta. n.d. Dampak Bullying Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini (Studi Kasus) Di Raudhatul Athfal Mawar Gayo Munawarah, Raden Rachmy Diana.
Pramudita, Tiyas, Rohmatul Kholifah, Setya Adi Sancaya3, and Nusantara Pgri Kediri. n.d.-a. Dampak Bullying Terhadap Kesehatan Mental Siswa.
Profesi, Pendidikan, Guru Prajabatan Bimbingan, Konseling Universitas, Negeri Makassar, Prodi Bimbingan, and Konseling Fakultas. n.d. ©JP-3 Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran ©Muhammad Nazri Jalil Meningkatkan Pemahaman Terhadap Bullying Melalui Layanan Bimbingan Klasikal Bagi Peserta Didik Kelas XI Muhammad Nazri Jalil; Akhmad Harum; Surya Syam. Vol. 5.
Suci, Nabilla, Darma Jelita, Iin Purnamasari, Dan Moh Aniq, and Khairul Basyar. 2021a. Dampak Bullying Terhadap Kepercayaan Diri Anak. Vol. 11.
Suriah, Suriah, Muhammad Syafar, Rizky Chaeraty Syam, Wisnah Lenna, Nabilah Gandi, Suci Nurul Karunia Rahim, Abnia Misliah Zahrah, Muhammad Farhan Khaliq, and Muhammad Rachmat. 2024. “Bullying Prevention Literacy through Educational Quartet Card Games for Junior High School Students in Makassar City.” Community Empowerment 9(1):1–9. doi: 10.31603/ce.8611.
Tris, Haulia, Finanda Prodi, Bimbingan Dan, Konseling Fakultas, Tarbiyah Dan, Ilmu Keguruan, Hidayani Syam, Prodi Bimbingan, Dan Konseling, Fakultas Tarbiyah, and Dan Ilmu Keguruan. 2024. “Upaya Meningkatkan Pemahaman Siswa Tentang Bahaya Bullying Melalui Layanan Bimbingan Klasikal Pada Siswa Kelas VIII Di SMPN 1 Sungai Pua.” Jurnal Ilmu Pendidikan Islam 2(2):264–72. doi: 10.59059/al-tarbiyah.v2i2.996.