Poster Edukasi Untuk Meningkatkan Pemahaman dalam Pencegahan Perundungan di Lingkungan Sekolah pada Siswa
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media poster edukasi untuk meningkatkan pemahaman dalam pencegahan perundungan di lingkungan sekolah pada siswa di SMA Negeri 1 Gorontalo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif metode Pra-eksperimen dengan one-group pre-test dan post test design. Subjek penelitian berjumlah 30 siswa yang dipilih dengan teknik total sampling. Instrument yang digunakan adalah angket pemahaman pencegahan perundungan yang berjumlah 18 item yang sudah valid dan reliabel. Analisis data menggunakan bantuan aplikasi SPSS 20. Penelitian ini terdiri dari dua variable yaitu variable X (Poster edukasi) dan variable Y (Pemahaman dalam pencegahan perundungan). Anggota sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X yang berjumlah 30 orang untuk penelitian eksperimen. Hasil penelitian menunjukan bahwa pemahaman dalam pencegahan perundungan siswa sebelum di berikan layanan rata-rata skor pre-test sebesar 48,77 dan hasil sesudah diberikan layanan rata-rata skor post-test sebesar 57,40 yang menggambarkan peningkatkan skor rata-rata pemahaman pencegahan perundungan. Berdasarkan hasil uji t-test pada tabel paired sampel t-test nilai diperoleh t-hitung sebesar -4,350, nilai signifikasi (2 tailed) 0.000 < 0.05 menunjukan terdapat perbedaan signifikan variable pre-test dengan variable ini menunjukan terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan poster edukasi untuk meningkatkan pemahaman dalam pencegahan perundungan di lingkungan sekolah pada siswa SMA Negeri 1 Gorontalo.
This study aims to determine the effect of educational posters on improving understanding of bullying prevention in the school environment among students at SMA Negeri 1 Gorontalo. This research uses a quantitative approach with a pre-experimental method and a one-group pre-test and post-test design. The research subjects consisted of 30 students selected using the total sampling technique. The instrument used was a bullying prevention understanding questionnaire consisting of 18 items that were both valid and reliable. Data analysis was assisted by the SPSS 20 application. This study consists of two variables: variable X (educational poster) and variable Y (understanding of bullying prevention). The sample members in this study were 30 tenth-grade students participating in the experimental study. The results showed that the students' understanding of bullying prevention before receiving the service had an average pre-test score of 48.77, and the results after receiving the service had an average post-test score of 57.40, indicating an increase in the average score for understanding bullying prevention. Based on the results of the t-test in the paired sample t-test table, the t-value was -4.350, and the significance value (2-tailed) was 0.000 < 0.05, indicating a significant difference between the pre-test and post-test variables. This shows that there is a significant effect of educational posters on improving understanding of bullying prevention in the school environment among students at SMA Negeri 1 Gorontalo.
References
Anitah, S. (2009). Media pembelajaran. Surakarta: Yuma Presindo.
Geldard & Kathryn. (2012). Konseling Remaja : Intervensi Praktis Bagi Remaja Berisiko. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Kustandi, Cecep & Sutjipto, B. (2011). Media Pembelajaran Manual dan Digital. Bogor: Ghalia Indonesia.
Lawson, G. (2005). The Poster Presentation: An Exercise In Eff ective Communication. Journal of Vascular Nursing, 23.
Mastur dan Triyono. (2014). Materi Layanan Klasikal Bimbingan Dan Konseling. Yogyakarta: Paramitra. Mukhtar, M., Yusuf, S., & Budiamin, A. (2016). Program Layanan Bimbingan Klasikal untuk Meningkatkan Self-Control Siswa. PSIKOPEDAGOGIA Jurnal Bimbingan dan Konseling, 5(1), 1- 16.
Muhaimin, M., dkk. (2023). Pengembangan Media Poster Berbasis Audio Visual Untuk Peningkatan Pemahaman Seks Edukasi Pada Anak. : Jurnal Tunas Nusantara, 5(2), 606-612. https://ejournal.unisnu.ac.id/jtn/article/view/5929.
Musfiqon, (2012). Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran, Jakarta: Prestasi Pusdakarya.
Pratiwi & Eka, N (2020). “Pengembangan Media Poster Digital Tema Bullying Di SMP Negeri 4 Makassar.” Universitas Negeri Makassar.
Setiawan, A., Wiryanto., & Hendratno. (2024). Upaya Pencegahan School Bullying Di Sekolah Dasar Melalui Pembuatan Poster Dari Barang Bekas : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 9(1), 5464-5474. https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/11694.