Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Penguasaan Keterampilan Dasar Konseling Mahasiswa Bimbingan dan Konseling

  • Sri Wahyuni Karim Universitas Negeri Gorontalo
  • Ilham Khairi Siregar
  • Ryan Hidayat Rafiola
  • Permata Sari
  • Mohamad Awal Lakadjo
Keywords: Keterampilan dasar, Konseling, Mikro Konseling

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah faktor-faktor yang mempengaruhi penguasaan keterampilan dasar konseling mahasiswa bimbingan konseling. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi penguasaan keterampilan dasar konseling mahasiswa bimbingan dan konseling. Penelitian ini adalah penelitian deskripsi kuantitatif, populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester VI dengan anggota populasi sejumlah 75 mahasiswa, dimana keseluruhan anggota populasi dijadikan sebagai sampel penelitian. Teknik pengumpulan data ini menggunakan angket dan observasi. Analisis data menggunakan analisis persentase.

Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan, faktor internal yang mempengaruhi penguasaan keterampilan dasar konseling memiliki tiga sub indikator yakni jasmaniah, psikologis dan kelelahan dengan nilai rata-rata (57,9%) dinyatakan dalam kategori sedang dan faktor eksternal yang mempengaruhi penguasaan keterampilan dasar konseling memiliki tiga sub indikator yakni keluarga, kampus dan masyarakat dengan nilai rata-rata (65,0%) dinyatakan dalam kategori sedang. Maka diperoleh kesimpulan bahwa faktor eksternal adalah faktor yang mempengaruhi penguasaan keterampilan dasar konseling mahasiswa bimbingan dan konseling semester VI angkatan 2018.

References

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Dahlan, Zaini. 2017. Peningkatan Kualitas Kompetensi Guru BK Sebagai Konselor Disekolah Dalam Menghadapi Tantangan Global. Jurnal Pendidikan Dan Konseling. Vol. 7. No. 1. Diakses pada tanggal 12 Sepetember 2021

Ismaya, Bambang. 2015. Bimbingan & Konseling Studi, Karierdan Keluarga. Bandung: Refika Aditama

Kau, A. Murhima. 2010. Empati dan Perilaku Prososial Pada Anak. Jurnal Inovasi. Vol. 7. No. 3. Diakses pada tanggal 25 Juli 2021

Korompot, Salim. 2021. Peran Bimbingan Dan Konseling Dalam Penanganan Pandemi Covid 19. Prosiding Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling Mengukuhkan Eksistensi Peran BK Pasca Pandemi Covid 19 di Berbagai Setting Pendidikan. Diakses pada tanggal 18 Juli 2021

Lianawati, Ayong. 2017. Implementasi Keterampilan Dasar Konseling Dalam Layanan konseling individual di SMK Negeri 1 Kemlagi Mojokerto. Vol. 34. No. 2. Diakses pada tanggal 20 Oktober 2019

Mahadhita, Fitriana dan Kurniawan, Kusnarto. 2017. Hubungan Keterampilan dasarKonseling Dengan Minat Siswa mengikuti Konseling Individu. Diakses pada tanggal 20 Oktober 2019

Putri, Darma Ramtia dan Ramadhani Erfan. 2017. Implementasi Pembelajaran Kontekstual Dalam Bimbingan Dan Konseling. Diakses pada tanggal 23 Desember 2019

Ridwan. 2004. Metode dan Teknik Menyusun Tesis. Bandung; Alfabeta

Rosada, Ulfa Danni. 2016. Diagnosis od learning difficulties and guidance learning services to slow learner student. Jurnal of guidance and counceling. Vol. 6. No. 1. Diakses pada tanggal 21 November 2019

Samsudin, Thesa Julia dan Elisabeth Christiana. 2013. Pemberian Layanan Informasi Keterampilan Bertanya Untuk Meningkatkan Keterampilan Bertanya Di Kelas VIII-D Pada Siswa SMP. Jurnal Bimbingan dan Konseling. Vol. 1. No. 1. Diakses pada tanggal 23 Desember 2019
Sudjana. 2002. Metode Statistika. Bandung: Tarsito

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sukardi. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Prakteknya. Jakarta: Bumi Aksara

Tuasikal, Jumadi Mori Salam., Madina, Rena., Pautina, Mohamad Rizal., Korompot, Salim. 2021. Pelayanan Bimbingan Dan Konseling Terhadap Kemampuan Interaksi Sosial Siswa Di Masa COVID 19. Student Guidance and Counseling. Vol. 1. No. 1. Diakses pada tanggal 15 September 2021

Triyadi, Slamet. 2015. “Efektivitas Penggunaan Media Audio-Visual Untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak SiswaPada Mata Pelajaran Pendidikan Bahasa Indonesia”. Jurnal Pendidikan Unsika. Vol. 3. No. 2. Diakses pada tanggal 23 Desember 2019

Universitas Negeri Gorontalo. 2013. Panduan Karya Tulis Ilmiah (Panduan Penulisan Makalah Tugas Akhir Skripsi, Skripsi Program Sarjana (S1) Dan Tesis Program Pascasarjana (S2)). Buku Tidak Diterbitkan. Universitas Negeri Gorontalo

Willis, Sofyan S. 2017. Konseling Individual Teori dan Praktek. Bandung: Alfabeta

Yulianti. 2016. “Review Buku: Basic Personal Counselling: A Training Manual For Counselors”. Jurnal Bimbingan Konseling. Vol. 5. No. 2. Diakses pada tanggal 23 desember 2019

Yusri, Fadhilla. 2019. Penguasaan Kompetensi Konselor Mahasiswa Peserta Program Pengalaman Lapangan (PPL) Prodi Bimbingan dan Konseling IAIN Bukit tinggi. Jurnal Al-Taujih. Vol. 5. No. 2. Diakses pada tanggal 25 Juli 2021

Zulfa, Nadhifatuz. 2017. Teknik Konseling Individual Berwawasan Gender. Vol. 9. No. 2. Diakses pada tanggal 23 Desember 2021
Published
2024-11-29