Analisis Faktor Penyebab Bullying Verbal Serta Dampaknya Kepada Mahasiswa
Abstract
Identifikasi perilaku bullying verbal di kalangan siswa perlu menjadi perhatian. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor penyebab dan dampak dari perilaku bullying verbal pada mahasiswa fakultas tersebut. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif, dengan metode pengumpulan data melalui angket terstruktur yang disebarkan kepada sampel mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo sebanyak 100 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor penyebab utama bullying verbal meliputi dinamika kekuasaan, pengaruh teman sebaya, serta lingkungan keluarga. Pengaruh teman sebaya (70%) ditemukan sebagai faktor penyebab paling signifikan, diikuti oleh lingkungan keluarga (60%) dan harga diri individu (65%). Dampak bullying verbal terhadap siswa tercermin dalam gangguan kesehatan mental, seperti stres (45%), kecemasan (40%), dan depresi (35%). Selain itu, bullying verbal juga berdampak pada penurunan motivasi akademik (50%) dan prestasi akademik (55%). Dampak sosial juga sangat signifikan, 60% siswa melaporkan kesulitan dalam membangun hubungan sosial dan 52% mengalami kesulitan dalam membangun kepercayaan. Berdasarkan temuan ini, bullying verbal mempunyai dampak negatif yang signifikan terhadap kesejahteraan psikologis dan kinerja akademik siswa. Penelitian ini menyarankan perlunya intervensi berbasis teman sebaya, serta kebijakan kampus yang lebih tegas untuk mencegah dan menangani bullying verbal di lingkungan kampus.