Pengembangan Buku Saku Kecerdasan Majemuk Sebagai Media Bimbingan dan Konseling Pribadi Pada Siswa SMP Negeri 1 Kota Gorontalo

  • Rizal Hilala Universitas Negeri Gorontalo
  • Sukma Nurilawati Botutihe Universitas Negeri Gorontalo
  • Irvan Usman Universitas Negeri Gorontalo
Keywords: Buku Saku, Bimbingan dan konseling Pribadi, Kecerdasan Majemuk, Siswa

Abstract

Rizal Hilala, 2020. Pengembangan Buku Saku Kecerdasan Majemuk Sebagai Media Bimbingan dan Konseling Pribadi Pada Siswa SMP Negeri 1 Kota Gorontalo. Skripsi Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I: Dr. Sukma Nurilawati Botutihe, M.Psi, Psikolog., dan Pembimbing II: Irvan Usman, S.Psi, M.Si.

Rumusan masalah pada penelitian ini adalah “Bagaimanakah buku saku kecerdasan majemuk yang dapat digunakan sebagai media bimbingan dan konseling pribadi pada siswa SMP?”. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk buku saku kecerdasan majemuk sebagai media layanan bimbingan dan konseling pribadi pada siswa SMP. Model penelitian ini  menggunakan model pengembangan Sugiyono metode Researh & Development (R&D).

Buku Saku Kecerdasan Majemuk sebagai media bimbingan dan konseling pribadi pada siswa SMP berlatar belakang oleh kurangnya pemahaman siswa, orang tua dan guru tentang kecerdasan majemuk yang diperoleh dari hasil pengamatan dan observasi langsung yang dilakukan peneliti saat melaksanakan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL II) di SMP Negeri 1 Kota Gorontalo. Proses pengembangan buku saku kecerdasan majemuk ini dikembangkan menggunakan metode Researh & Development model Sugiyono yang terdapat tahapan-tahapan yang harus dilewati sehingga mendapatkan suatu produk yang telah dapat digunakan.

Penelitian pengembangan ini menghasilkan sebuah produk media bimbingan dan konseling pribadi yaitu “Buku Saku Kecerdasan Majemuk Sebagai Media Bimbingan dan Konseling Pribadi Pada Siswa SMP”. Buku Saku ini telah dapat digunakan oleh guru bimbingan dan konseling sebagai media untuk memberikan informasi dan pemahaman tentang kecerdasan majemuk pada saat melaksanakan layanan bimbingan dan konseling pribadi kepada siswa, dengan materi yang mudah dipahami serta menarik untuk dibaca karena sudah melalui tahap uji validasi masing-masing oleh ahli yakni, ahli desain media, ahli bahasa dan ahli bimbingan dan konseling serta telah melalui uji coba produk yang dilakukan oleh guru bimbingan dan konseling.

Published
2021-10-29