https://ejournal-fip-ung.ac.id/ojs/index.php/sjgc/issue/feed Student Journal of Guidance and Counseling 2023-11-30T16:35:10+07:00 Mohamad Rizal Pautina isal.pautina@ung.ac.id Open Journal Systems <p><strong>Student Journal of Guidance and Counseling (SJGC) </strong>adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh JurusanBimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Publikasi jurnal ini bertujuan untuk menyebarkan teori-teori baru dan menerima naskah penelitian ilmiah yang relevan dengan bidang: Konseling Profesional, Konseling Sekolah, Konseling Psikologi, Konseling Karir, Konseling Internasional dan Masalah Multikultural, Konseling Supervisi, Konseling Pernikahan dan Konseling Keluarga, Kesehatan Mental, Pengembangan Teori, dan Tinjauan Integratif dari Konseling dan Bidang Terkait. Jurnal ini diterbitkan dua kali edisi dalam setahun yaitu pada bulan April dan Oktober. Kami menerima artikel dalam bahasa Inggris dan Indonesia.</p> <p><strong>Student Journal of Guidance and Counseling (SJGC)</strong> is a scientific journal published by the Department of Counseling Guidance at the Faculty of Education, Gorontalo State University. <span class="" title="">The publication of this journal aims to disseminate new theories and accepts manuscripts in the field of research includes scientific fields relevant to: Professional Counseling, School Counseling, Psychology Counseling, Career Counseling, International Counseling and Multicultural Issues, Counseling Supervision, Marriage and Family Counseling, Mental Health, Theory Development, and Integrative Reviews from Counseling and Related Fields.</span> Journal that published edition <span title="">twice a year in April and October. </span><span class="" title="">We accept articles in English and Indonesian.</span></p> <p><span class="" title=""><strong>E-ISSN : 2828-9129&nbsp; &nbsp; &nbsp;DOI Prefix: 10.37411</strong></span></p> https://ejournal-fip-ung.ac.id/ojs/index.php/sjgc/article/view/2289 Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Modeling Simbolik Terhadap Perilaku Off Task Siswa 2023-11-28T15:36:40+07:00 Novita Sari A. Suleman sarynovita594@gmail.com Wenny Hulukati wennyhulukati@gmail.com Idriani Idris IdrianiIdris@gmail.com <p><strong>Abstrak</strong></p> <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan kelompok teknik modeling simbolik untuk mengurangi perilaku <em>Off Task </em>siswa. Jenis penelitian ini adalalah penelitian eksperimen dengan rancangan <em>One-Group Pretest-Postest Design</em>. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Kota Gorontalo berjumlah 9 orang siswa. Teknik pengambilan sampel yaitu <em>Purposive Sampling</em>. Analisis data menggunakan uji t. Hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata <em>pretest </em>110.00 dengan standar deviasi 4.583 dan nilai rata-rata <em>posttest </em>101.78 dengan standar deviasi 3.962. Hasil pengujian hipotesis diperoleh t<sub>hitng </sub>&gt; t<sub>tabel</sub>, yaitu 11.093&gt; 1,86 dalam arti hipotesis yang berbunyi terdapat pengaruh layanan bimbingan kelompok teknik modeling simbolik untuk mengurangi perilaku <em>off task </em>siswa, penelitian menunjukan bahwa layanan bimbingan kelompok teknik modeling simbolik berpengaruh secara signifikan untuk mengurangi perilaku <em>off task </em>siswa, dalam arti layanan bimbingan kelompok teknik modeling simbolik efektif dalam mengurangi perilaku <em>off task </em>siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Kota Gorontalo, dapat diterima. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh layanan bimbingan kelompok teknik modeling simbolik efektif dalam mengurangi perilaku <em>off task siswa </em>kelas VIII SMP Negeri 5 Kota Gorontalo.</p> 2023-11-27T15:59:23+07:00 Copyright (c) 2023 Student Journal of Guidance and Counseling https://ejournal-fip-ung.ac.id/ojs/index.php/sjgc/article/view/2115 Hubungan Gaya Kepemimpinan Steadiness dengan Pola Asuh Orang Tua pada Mahasiswa 2023-11-28T15:37:55+07:00 Rahmatia I Barsandji rahmatiabarsandji28@gmail.com Sukma Nurilawati Botutihe sukmanurilawatibotutihe@gmail.com Salim Korompot salimkorompot@gmail.com <p>Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara gaya kepemimpinan <em>steadiness</em> dengan pola asuh orang tua pada mahasiswa HMJ-BK. Populasi dalam penelitian adalah seluruh pengurus HMJ berjumlah 60 sedangkan pengambilan sampel penelitian dengan teknik total sampling&nbsp; berjumlah 60 mahasiswa. Uji normalitas data dengan SPSS 21, analisis data menggunakan analisis korelasi, regresi sederhana dan koefesien korelasi menggunakan statistika. Berdasarkan analisis statistika korelasional diperoleh nilai rxy =0,68 dan r2xy = 46,87. Uji signifikan korelasi diperoleh thitung sebesar 7,11. Sedangkan dari daftar distribusi t pada taraf nyata 5 %&nbsp; diperoleh t<sub>tabel</sub> 1,658. Ternyata harga t<sub>hitung</sub> lebih besar dari ttabel atau harga thitung berada di luar daerah penerimaan H<sub>0</sub>. Artinya bahwa koefesien korelasi sangat berarti. Dengan demikian dapat disimpulkan H<sub>1</sub> yang berbunyi “terdapat hubungan gaya kepemimpinan steadiness (X) dengan pola asuh orang tua (Y) pada mahasiswa HMJ-BK” dapat diterima.</p> 2023-11-27T16:01:50+07:00 Copyright (c) 2023 Student Journal of Guidance and Counseling https://ejournal-fip-ung.ac.id/ojs/index.php/sjgc/article/view/1854 Hubungan Antara Dukungan Sosial Orangtua dengan Perilaku Prososial pada Siswa 2023-11-28T15:38:26+07:00 Adeswita Mooduto adesmooduto@gmail.com Maryam Rahim maryamrahim@gmail.com Irpan Kasan irpankasan@gmail.com <p>Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya perilaku prososial siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara dukungan sosial orangtua dengan perilaku prososial pada siswa kelas X&nbsp; di SMA Negeri 1 Telaga Biru Kabupaten Gorontalo tahun ajaran 2022/2023. Metode penelitian bersifat kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 188 siswa dan sampel berjumlah 33 siswa yang diambil dengan teknik <em>simple random sampling.</em> Hasil penelitian menunjukan terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara dukungan sosial orangtua dengan perilaku prososial pada siswa Kelas X di SMA Negeri 1 Telaga Biru Kabupaten Gorontalo dengan persamaan Ŷ = 8,286 + 0,843X artinya setiap kenaikan satu unit pada variabel X (dukungan sosial orangtua) diikuti dengan kenaikan variabel Y (perilaku prososial siswa) sebesar 0,843. Dan telah teruji keberartiannya <em>a</em> = 0,05 dan koefisien korelasi sebesar 0,801. Hubungan antara dukungan sosial orangtua dengan perilaku prososial pada siswa kelas X&nbsp; di SMA Negeri 1 Telaga Biru Kabupaten Gorontalo diperoleh koefisien korelasi r = 0,801 dengan koefisien determinasi &nbsp;= &nbsp;x 100% = 64,2%. Sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa 64,2% dukungan sosial orangtua dapat mempengaruhi perilaku prososial siswa sedangkan sisanya sebesar 35,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini dan nilai t = 7,463. Kesimpulanya bahwa hipotesis ini terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara dukungan sosial orangtua dengan perilaku prososial pada siswa Kelas X di SMA Negeri 1 Telaga Biru Kabupaten Gorontalo. Artinya semakin baik dukungan sosial orangtua, maka semakin baik pula perilaku prososial pada siswa.</p> 2023-11-27T16:05:33+07:00 Copyright (c) 2023 Student Journal of Guidance and Counseling https://ejournal-fip-ung.ac.id/ojs/index.php/sjgc/article/view/2126 Pengaruh Bimbingan Kelompok Terhadap Perilaku Asertif pada Mahasiswa 2023-11-28T15:41:28+07:00 Abdul Halid Djano abdul.djano@gmail.com Mohamad Rizal Pautina isal.pautina@gmail.com Wenny Hulukati wennyh@ung.ac.id Amalia Rizki Pautina lia.pautina@iain.ac.id <p>Rumusan masalah pada penelitian ini adalah “Apakah terdapat Pengaruh bimbingan kelompok terhadap perilaku asertif mahasiswa ikatan alumni SMK Negeri 1 Kotamobagu semester V?”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh bimbingan kelompok terhadap perilaku asertif mahasiswa ikatan alumni SMK Negeri 1 Kotamobagu. Jenis penelitian ini adalah <em>Pre-experimental design </em>dengan rancangan <em>One-Group Pretest-Postest Design. </em>Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah mahasiswa ikatan alumni SMK Negeri 1 Kotamobagu semester V berjumlah 12 orang, yang ditetapkan secara <em>Purposive Sampling.</em></p> <p>Perilaku asertif mahasiswa sebelum menerima perlakuan bimbingan kelompok dapat terlihat pada <em>pre-test </em>dengan skor 1302 dengan standar deviasi yaitu 12,464 dan setelah menerima perlakuan bimbingan kelompok mengalami peningkatan dapat terlihat dari hasil <em>post-test </em>dengan skor 1653 dengan standar deviasi 6,904. Selisih antara <em>pre-test </em>dan <em>post-test </em>yaitu 351. Berdasarkan analisis data uji t diperoleh harga t<sub>hitung </sub>sebesar 27,55 sedangkan dari daftar distribusi t pada taraf nyata 5% diperoleh t<sub>0,95 </sub>(22) = 1,72. Ternyata harga t<sub>hitung </sub>memperoleh harga lain, atau t<sub>hitung </sub>telah berada diluar daerah penerimaaa H<sub>0 </sub>dimana t<sub>hitung </sub>(27,55) &gt; dari t<sub>tebel </sub>(1.72), sehingga dapat disimpulkan bahwa H<sub>0 </sub>tolak dan menerima H<sub>1</sub>. Artinya bahwa hipotesis terdapat pengaruh bimbingan kelompok terhadap perilaku asertif mahasiswa ikatan alumni SMK Negeri 1 Kotamobagu semester V, dapat diterima.</p> 2023-11-27T17:13:30+07:00 Copyright (c) 2023 Student Journal of Guidance and Counseling https://ejournal-fip-ung.ac.id/ojs/index.php/sjgc/article/view/2577 Pengaruh Layanan Bimbingan Klasikal Terhadap Perencanaan Karir Siswa 2023-11-28T16:32:51+07:00 suhasni hasni suhasnihasni511@gmail.com Rena Madina renamadina@gmail.com Moh. Rizky Djibran rizkydjibran@gmail.com <p><strong>Abstrak</strong></p> <p>Peneltian ini adalah peneltian kuantitatif dengan menggunakan jenis penelitian <em>pre experimental design </em>dengan rancangan <em>one-grub pretest-postest design</em>, yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan klasikal terhadap perencanaan karir siswa di SMA Negeri 7 Kota Gorontalo. Pupulasi dalam peneltian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 7 Kota Gorontalo berjumlah 120 siswa sedangkan pengambilan sampel peneltian dengan teknik <em>purposive sampling</em> berjumlah 24 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah instrumen angket sebagai teknik utama. Analisis dilakukan dengan uji t.</p> <p>Berdasarkan dari hasil perhitungan diperoleh harga t<em><sub>hitung </sub></em>sebesar 4.021, sedangkan dari daftar distribusi t pada taraf nyata 5% diperoleh t<sub>0,95 </sub>(23) =1,71. Ternyata harga t<em><sub>hitung </sub></em>memperoleh harga lain, atau t<em><sub>hitung </sub></em>telah berada di luar daerah penerimaan H<sub>0, </sub>sehingga dapat disimpulkan bahwa H<sub>0 </sub>ditolak dan menerima H<sub>1. </sub>Artinya bahwa hipotesis terdapat pengaruh layanan bimbingan klasikal terhadap perencanaan karir siswa di SMA Negeri 7 Kota Gorontalo, dapat diterima.</p> 2023-11-28T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2023 Student Journal of Guidance and Counseling https://ejournal-fip-ung.ac.id/ojs/index.php/sjgc/article/view/2297 Penyesuaian Diri Siswa Di lihat Dari Perhatian Orang Tua Di SMP Negeri 2 Gorontalo 2023-11-28T16:32:07+07:00 Fitri Sabu sabufitri230@gmail.com Tuti Wantu tutiwantu@gmail.com Irvan Usman irvanusman@gmail.com <p><strong>Abstrak</strong></p> <p>Permasalahan dalam penelitian ini adalah “ untuk mengetahui hubungan antara penyesuaian diri dengan perhatian orang tua di SMP Negeri 2 Kota Gorontalo. Penelitian ini merupakan penelitian korelasi yang terdiri dari dua yaitu variabel X (perhatian orang tua) dan variabel Y (penyesuaian diri).</p> <p>Penelitian ini menggunakan metode korelasional. Prosedur pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan metode skala yaitu menggunakan angket kuisoner yang berisi instrument peryataan untuk mengukur variabel dalam penelitian. Berdasarkan perhitungan yang telah dilakukan diperoleh nilai R = 0, 221. Nilai ini berarti sebesar 22,1 %. Berdasarkan hasil penelitian dapat dilihat bahwa kadar dari intensitas perhatian orang tua yang djalankan memiliki peran yang signifikan dalam menumbuhkan penyesuaian diri pada siswa.</p> 2023-11-28T16:32:07+07:00 Copyright (c) 2023 Student Journal of Guidance and Counseling https://ejournal-fip-ung.ac.id/ojs/index.php/sjgc/article/view/2127 Pengaruh Bimbingan Kelompok Rational Emotive Behavior Therapy Terhadap Regulasi Emosi Siswa 2023-11-30T16:31:43+07:00 Delviana Nusi dheasafitrinusi@gmail.com Mardia Bin Smith mardiabinsmith@gmail.com Jumadi Mori Salam Tuasikal jumadimorisalamtuasikal@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bimbingan kelompok <em>rational emotive behavior therapy </em>&nbsp;untuk meningkatkan regulasi emosi melalui suatu eksperimen. Penelitian ini adalah pra-eksperimen yang menggunakan desain “<em>One Group pretest dan pottest design”. </em>Penelitian ini terdiri dari dua variable yaitu variable X (Bimbingan Kelompok <em>Rational Emotive Behavior Therapy) </em>dan variable Y (Regulasi Emosi). Anggota sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI yang berjumlah 15 orang (menggunakan ukuran sampel minimal untuk penelitian eksperimen). Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah secara <em>purposive sampling</em>. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah angket. Angket yang disebarkan sebanyak dua kali yakni sebelum pemberian <em>treatment</em> dan sesudah pemberian <em>treatment</em>. Hasil penelitian diperoleh harga t<sub>hitung</sub> sebesar 1.849 sedangkan dari daftar distribusi t pada taraf 5% diperoleh&nbsp; t<sub>0,95</sub> (14) = 1,76. Ternyata harga t<sub>hitung</sub> telah berada di luar daerah penerimaan H<sub>0</sub>, sehingga dapat disimpulkan bahwa H<sub>0 </sub>ditolak menerima H<sub>1</sub>. Artinya bahwa hipotesis terdapat pengaruh bimbingan kelompok <em>rational emotive behavior therapy</em> untuk meningkatkan regulasi emosi siswa di SMA Negeri 1 Telaga Biru Kabupaten Gorontalo dapat diterima.</p> 2023-11-30T16:30:56+07:00 Copyright (c) 2023 Student Journal of Guidance and Counseling https://ejournal-fip-ung.ac.id/ojs/index.php/sjgc/article/view/1863 Pengaruh Bimbingan Kelompok Teknik Tugas Terhadap Percaya Diri Mahasiswa Baru Tahun Ajaran 2021/2022 2023-11-30T16:33:34+07:00 Rizky Wulandari Sugito Putri rizkywulandari32@gmail.com Tuti Wantu tutiwantu@gmail.com Murhima A. Kau murhimaakau@gmail.com <p>Permasalahan yang menjadi fokus dalam penelitian ini adalah rendahnya percaya diri mahasiswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh bimbingan kelompok&nbsp; teknik tugas terhadap percaya diri mahasiswa baru Tahun&nbsp; Ajaran 2021-2022.Pelaksanaan penelitian ini menggunakan eksperimen semu yang menggunakan <em>“one group pre-test and post-test design”</em>. Penelitian ini terdiri dari dua variabel yaitu variabel X (bimbingan kelompok teknik tugas) dan variabel Y (percaya diri). Perlakuan diberikan 8 kali terhadap mahasiswa baru Tahun Ajaran 2021-2022 yang berjumlah 12 orang. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Baru angkatan 2021 yang berjumlah 12 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah <em>purposive sampling</em>. Teknik pengumpulan data adalah angket yang berfungsi&nbsp; sebagai <em>pre-test dan post-test</em>. Data yang terkumpul selanjutnya dianalisis dan diuji hipotesis menggunakan Uji t.Dari hasil perhitungan diperoleh t<sub>hitung </sub>= sebesar 7,6896. Sedangkan dari daftar distribusi t pada taraf nyata 5% Diperoleh t (<em>dk</em> = <em>n</em><em>₁ </em>+<em> n</em><em>₂ </em>- 2 = 12 + 12 – 2 = 22) = 1.701. artinya t<sub>hitung </sub>&gt; t<sub>daftar. </sub>Dengan demikian hipotesis yang berbunyi “Terdapat pengaruh Bimbingan Kelompok Teknik Tugas terhadap Percaya Diri Mahasiswa Baru Tahun Ajaran 2021-2022”, dapat diterima. Maka untuk meningkatkan percaya diri mahasiswa, hendaknya digunakan layanan bimbingan kelompok teknik tugas.</p> 2023-11-30T16:33:33+07:00 Copyright (c) 2023 Student Journal of Guidance and Counseling https://ejournal-fip-ung.ac.id/ojs/index.php/sjgc/article/view/2125 Pengaruh Konseling Kelompok Terhadap Kemampuan Problem Solving Siswa 2023-11-30T16:35:10+07:00 Ririn Fadilla rinfapolidu17@gmail.com Rena Madina renamadina@gmail.com Meiske Puluhulawa meiskepuluhulawa@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konseling kelompok terhadap kemampuan <em>problem solving </em>siswa kelas XI MAN 1 Kabupaten Gorontalo. Jenis penelitian ini adalah <em>Pre-Experimenta </em>dengan rancangan <em>One-Group Pretest-Posttest Design</em>. Anggota sampel dalam penelitian ini berjumlah 8 siswa yang ditetapkan berdasarkan teori bimbingan dan konseling secara <em>Purposive Sampling</em>.Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata <em>pretest </em>73,38 dan nilai rata-rata <em>post test </em>78,63. Hasil pengujian hipotesis diperoleh nilai t<sub>hitung</sub> &gt; t<sub>tabel</sub> <sub>&nbsp;</sub>yaitu 21,00 &gt; 1,90. Dapat disimpulkan hipotesis dalam penelitian ini terdapat pengaruh konseling kelompok terhadap kemampuan <em>problem solving </em>siswa kelas XI MAN 1 Kabupaten Gorontalo, dapat diterima dalam arti bahwa konseling kelompok dapat membantu dalam meningkatkan kemampuan <em>problem solving </em>siswa.</p> 2023-11-30T16:35:10+07:00 Copyright (c) 2023 Student Journal of Guidance and Counseling