Meningkat Kemampuan Menulis Puisi Melalui Model Think Pair Share Pada Siswa Kelas IV SDN 3 Tapa Kabupaten Bone Bolango
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi melalui model Think Pair Share pada siswa kelas IV SDN 3 Tapa Kabupaten Bone Bolango. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini diantaranya tes, observasi dan dokumentasi. Pengamatan observasi awal diperoleh data bahwa dari jumlah 20 orang, hanya 5 orang (25%) yang mampu menulis puisi, dan yang belum mampu menulis puisi masih 15 orang (75%). Kemudian pada siklus I pertemuan pertama mengalami peningkatan menjadi 7 orang (35%) yang mampu menulis puisi. Pada siklus I pertemuan kedua menjadi 10 orang (50%) yang mampu menulis puisi, dan pada siklus II pertemuan pertama mengalami peningkatan menjadi 14 orang (70%) yang sudah mampu menulis puisi. Pada siklus II pertemuan kedua mengalami peningkatan kembali menjadi 17 orang (85%) yang mampu menulis puisi sedangkan sisanya 3 orang (15%) yang belum mampu menulis puisi. Jadi dapat disimpulkan bahwa kemampuan menulis puisi melalui model Think Pair Share pada siswa kelas IV SDN 3 Tapa Kabupaten Bone Bolango meningkat.


