Pengaruh Model make A Match terhadap Hasil Belajar Penjumlahan Bilangan Cacah Pada Siswa Kelas I SDN 2 Batudaa Kabupaten Gorontalo

  • Filda M. Fa’u Filda Universitas Negeri Gorontalo
  • ismailpioke
  • Martianty Nalole
Keywords: Make A Match, Penjumlahan Bilangan Cacah

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah “ Apakah terdapat pengaruh model make a match terhadap hasil belajar penjumlahan bilangan cacah pada siswa kelas I SDN 2 Batudaa Kabupaten Gorontalo”. Adapun tujuan penelitian ini, untuk mengetahui pengaruh  model make a match terhadap hasil belajar penjumlahan bilangan cacah pada siswa kelas  I SDN 2 Batudaa Kabupaten Gorontalo. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskripsi kuantitatif dengan desain pre-eksperimental one group pretest-posttest. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan sampling jenuh , artinya semua anggota populasi dijadikan sampel. Sehingga sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas I sebanyak 20 sisiwa. Tehnik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes: uji validitas, uji reliabilitas , uji normalitas dan pengujian hipotesis menggunakan uji t.Hasil penelitian menunjukkan    =  4,79 dan = 2,08 lebih besar dari 4,79 > 2,08 ) dengan derajat kebebasan (db) = 19. untuk taraf signifikan α = 0,05%, maka hasilnya signifikan. Sehingga Hо ditolak dan Hα   diterima. Dengan demikian disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model Make A Match terhadap hasil belajar penjumlahan bilangan cacah pada siswa kelas I  SDN 2 Batudaa Kabupaten Gorontalo.

Published
2022-04-30
Section
Articles