Pengaruh Model make A Match terhadap Hasil Belajar Penjumlahan Bilangan Cacah Pada Siswa Kelas I SDN 2 Batudaa Kabupaten Gorontalo
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah “ Apakah terdapat pengaruh model make a match terhadap hasil belajar penjumlahan bilangan cacah pada siswa kelas I SDN 2 Batudaa Kabupaten Gorontalo”. Adapun tujuan penelitian ini, untuk mengetahui pengaruh model make a match terhadap hasil belajar penjumlahan bilangan cacah pada siswa kelas I SDN 2 Batudaa Kabupaten Gorontalo. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskripsi kuantitatif dengan desain pre-eksperimental one group pretest-posttest. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan sampling jenuh , artinya semua anggota populasi dijadikan sampel. Sehingga sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas I sebanyak 20 sisiwa. Tehnik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes: uji validitas, uji reliabilitas , uji normalitas dan pengujian hipotesis menggunakan uji t.Hasil penelitian menunjukkan = 4,79 dan = 2,08 lebih besar dari 4,79 > 2,08 ) dengan derajat kebebasan (db) = 19. untuk taraf signifikan α = 0,05%, maka hasilnya signifikan. Sehingga Hо ditolak dan Hα diterima. Dengan demikian disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model Make A Match terhadap hasil belajar penjumlahan bilangan cacah pada siswa kelas I SDN 2 Batudaa Kabupaten Gorontalo.


