Pengaruh Metode Discovery Learning Terhadap Pemahaman Konsep Luas Trapesium Dan Layang-Layang Di Kelas V Sdn 1 Suwawa

  • Indri Jusuf Indri Universitas Negeri Gorontalo
  • Samsiar Rivai
  • Ismail Pioke
Keywords: Discovery Learning, pemahaman konsep, trapesium, layang-layang

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah “ Apakah terdapat pengaruh metode discovery learning terhadap pemahaman konsep luas trapesium dan layang-layang di kelas V SDN 1 Suwawa.?”. Adapun tujuan dari penelitian ini, untuk mengetahui pengaruh pengaruh metode discovery learning terhadap pemahaman konsep luas trapesium dan layang-layang di kelas V SDN 1 Suwawa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskripsi kuantitatif dengan desain pree eksperimental One grouppretest-posttest. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan sampling jenuh, artinya semua anggota populasi dijadikan sampel. Hasil penelitian menunjukkan thitung =10,72 dan ttabel = 2,07. Pada tingkat signifikan α= 0,05, dengan derajat kebebasan (db)= n-1. Dengan demikian, thitung ˃ ttabel. Ini berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Simpulan terdapat pengaruh metode discovery learning terhadap pemahaman konsep luas trapesium dan layang-layang di kelas V SDN 1 Suwawa.

Published
2022-04-30
Section
Articles