Pengaruh Penggunaan Media Flash Card Terhadap Hasil Belajar IPA Materi Perubahan Energi Kelas IV SDN 7 Limboto Barat Kabupaten Gorontalo

  • Asma Libunelo Universitas Negeri Gorontalo
  • Sukirman Rahim Universitas Negeri Gorontalo
  • Gamar Abdullah Universitas Negeri Gorontalo
Keywords: Hasil Belajar, Media Flash Card, Pembelajaran IPA

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah “ Apakah terdapat pengaruh Rumusan masalah dalam penelitian ini “Apakah terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran Flash Card terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN 7 Limboto Barat Kabupaten Gorontalo?”. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media Flash Card pada pembelajaran IPA materi perubahan energi di kelas IV SDN 7 Limboto Barat Kabupaten Gorontalo. Model penelitian ini, pendekatan kuantitatif metode eksperimen dengan rancangan one group pretest-posttest design.Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes (pretest dan posttest) sedangkan observasi dan dokumentasi adalah penunjang. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IV sebanyak 26 siswa. Hasil perolehan nilai rata-rata pretest sebesar 66,85 dan nilai rata-rata posttest sebesar 77,59. Hasil penelitian tersebut diperkuat dengan hasil uji t menggunakan taraf signifikan 0,05 yang menyebutkan bahwa thitung > ttabel yaitu 4,13 > 2,06, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Disimpulkan bahwa hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat Pengaruh Penggunaan Media Flash Card dalam Pembelajaran IPA Terhadap Hasil Belajar Siswa pada materi perubahan energi di Kelas IV SDN 7 Limboto Barat

Published
2022-04-30
Section
Articles