Pemanfaatan Media Pembelajaran Digital Pada Perkuliahan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) gambaran ketersediaan media pembelajaran digital diperkuliahan, (2) gambaran tingkat pemanfaatan media pembelajaran digital diperkuliahan, (3) gambaran aktivitas pemanfaatan media pembelajaran digital diperkuliahan, dan (4) untuk mengetahui gambaran ketersediaan sarana dan prasarana dalam mendukung pemanfaatan media pembelajaran digital diperkuliahan Jurusan Manajemen Pendidikan Fakultas ilmu pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif explanatory. Teknik pengumpulan data melalui angket, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian teknik analisis data yang digunakan terhadap data yang terkumpul adalah analisis deskriptif. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) ketersediaan media pembelajaran digital dengan presentase 77.74% termasuk dalam kategori kurang efektif, (2) tingkat pemanfaatan media digital dengan presentase 76.82% termasuk dalam kategori kurang efektif, (3) efektifitas pemanfaatan media digital dengan presentase 78.99% termasuk dalam kategori kurang efektif, dan (4) ketersediaan sarana dan prasarana mendukung media digital di Jurusan Manajemen Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo dengan presentase 73.45% termasuk dalam kategori kurang efektif. Untuk itu disarankan: (1) Untuk Jurusan diharapkan lebih meningkatkan fasilitas ketersediaan media digital pendukung yang akan digunakan oleh setiap dosen. (2) Untuk dosen diharapkan lebih menguasai dan meningkatkan kompetensi dalam penggunaan media digital dalam berbagai aplikasi sehingga mahasiswa dapat mudah memahami maksud dari pembelajaran yang telah di sampaikan. (3) Untuk mahasiswa diharapkan lebih menguasai dalam menggunakan berbagai aplikasi untuk memudahkan informasi pengetahuan sehingga mampu belajar mandiri dan dapat mengakses berbagai pengetahuan. Dan (4) Untuk peneliti dapat menambah wawasan dalam penggunaan berbagai media digital dalam mengakses berbagai informasi pengetahuan.
References
Akbar, A., & Noviani, N. 2019, July. Tantangan dan solusi dalam perkembangan teknologi pendidikan di Indonesia. In Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang.
Bastudin. 2020. Hambatan Utama Penggunaan Tik Dalam Pembelajaran Dan Strategi Mengatasinya. Diambil dari http://lpmpsumsel.kemdikbud.go.id/site/blog/2020/06/17/hambatan-utama-penggunaan-tik-dalam-pembelajaran-dan-strategi-mengatasinya/ (diakses tanggal 30 april 2021).
Dewi Salma Prawiradilaga. 2013. Mozaikk Teknologi Pendidikan E-learning. (Jakarta, Edisi 1).
Lembaga Pengembangan Dan Penjaminan Mutu STIT Al-Hikmah Bumi Agung Way Kanan. 2018. Standar Sarana Dan Prasarana Pembelajaran Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Alhikmah Bumi Agung Way Kanan. Diambil dari https://stit-alhikmahwk.ac.id/wp-content/uploads/2020/05/Standar-Sarana-dan-Prasarana-Pembelajaran.pdf (diakses tanggal 29 april 2021).
Qurotianti, A., & Rokhimatun, F. 2019. Optimalisasi Pemanfaatan Akses Digital Repository dalam Menunjang Tri Dharma Perguruan Tinggi (Studi Kasus di Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta). Pustabiblia: Journal of Library and Information Science, 3(2), 113-125.
Rusman, Kurniawan, D., Riyana, C. 2013. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi; Mengembangkan Profesionalitas Guru. Jakarta : PT. Rajagrafindo Persada.
Suhajiyanto. 2012. Efektivitas Media Pembelajaran Digital pada Mata Pelajaran Kekuatan Bahan dan Komponen Mesin Materi Roda Gigi Di Smk Muhammadiyah I Bantul. Skripsi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta. Diambil dari http://eprints.uny.ac.id/41701/1/Suharjiyanto%20-%2008503247003.pdf (diakses tanggal 4 mei 2021).
Ulpah, Maria. 2007. Penggunaan Komputer sebagai Media Pembelajaran di Perguruan Tinggi. Jurnal Pemikiran Alternatif Pendidikan. Diambil dari http://ejournal.iainpurwokerto.ac.id/index.php/insania/article/view/224 (diakses tanggal 30 april 2021)
Wibawanto, W. 2017. Desain dan Program Multimedia Pembelajaran Interaktif. Jember: Cerdas Ulet Kreatif.
William, W. S., Forsman, A., & Yan, J. 2015. An E-Curriculum Based Systematic Resource Integration Approach to Web-Based Education. International Journal of Information and Education Technology, 5(7).
Copyright (c) 2021 Sukmawati Ningsih Opoh, Ikhfan Haris, Warni Tune Sumar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.