Kepemimpinan Kepala Sekolah Perempuan Pada Masa Pandemi Covid-19

  • Meryana Ishak universitas negeri gorontalo
  • Arifin Suking
  • Zulystiawati Zulystiawati
Keywords: Kepemimpinan, Kepala Sekolah Perempuan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Kepala sekolah perempuan dalam mengarahkan guru menyusun perencanaan pembelajaran pada masa pandemi Covid-19, (2) Kepala sekolah perempuan dalam membimbing guru melaksanakan pembelajaran pada masa Covid-19, (3) Kepala sekolah perempuan dalam membimbing guru mengevaluasi hasil pembelajaran pada masa pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif eksplanatori. Jumlah subjek penelitian yaitu 84 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis persentase. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa: (1) kepemimpinan kepala sekolah perempuan mengarahkan guru dalam perencanaan pembelajaran pada masa pandemi Covid-19 berada pada kategori sangat baik (2) kepemimpinan kepala sekolah perempuan membimbing guru dalam pelaksanaan pembelajaran pada masa pandemi Covid-19 berada pada kategori baik (3) kepemimpinan kepala sekolah perempuan membimbing guru dalam evaluasi hasil pembelajaran pada masa pandemi Covid-19 berada pada kategori baik. Untuk itu disarankan kepada: (1) Sekolah; diharapkan agar menyediakan sarana pendukung pembelajaran daring yang lebih memadai. (2) Kepala Sekolah; lebih mengarahkan guru dalam menyusun perencanaan pembelajaran secara operasional dengan menyesuaikan situasi dan kondisi saat ini.  (3) Guru; tidak hanya disekolah saja guru juga harus lebih sering berinteraksi dengan siswa diluar jam pelajaran guna untuk mengontrol perkembangan anak.

References

1Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No.19 Tahun 2007 mengenai standar pengelolaan pendidikan dasar dan menengah.
2Euginia, Rafella Chrispi. 2018. Penerapan Gender Terhadap Gaya Kepemimpinan Terkait Result Control dan Process Control di Rumah Makan x. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya. Vol 7
3Mewengkang, Lita dkk. 2016. Peranan kepemimpinan perempuan dalam jabatan publik. Jurnal administrasi publik. Vol.2 No.044
4Meizara, Eva dkk. 2016. Analisis Kopetensi Kepemimpinan Wanita. Jurnal ilmiah psikologi terapan. Vol.4, No.02
5Andriani, Tuti. 2019. Peran kepala sekolah perempuan dalam upaya peningkatan mutu pendidikan. Jurnal Kependidikan Islam. Vol.5 No.1
6Wulandari, Yeni dkk. 2016. Strategi kepala sekolah perempuan dalam meningkatkan mutu pendidikan. Jurnal menejemen, kepemimpinan dan supervisi pendidikan. Vol.3 No.1
7Thoha, Miftah,2016. Kepemimpinan dan manajemen. Devisi buku perguruan
8Suking, Arifin. 2010. Pengembangan Keterampilan Kepala Sekolah Dasar di Kabupaten Gorontalo. Vol.1
9Masaong, Kadim dan Arfan A Tilome. 2014. Kepemimpinan Pendidikan Berbasis Multiple Intelligence. Bandung: Alfabeta
10Permendikbud No.22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah
11Wahyuni, Dwi Amanah. 2021. Pembelajaran pada masa pandemi menggunakan median e-learning. Skripsi. Jurusan PGMI Fakultas tabiyah ilmu keguruan IAIN Ponorogo
12Damayanti, Hanisa. 2020. Analisis pembelajaran matematikamelalui aplikasi whatsapp dimasa pandemi covid-19 pada siswa sekolah dasar. Jurnal PGSD. Vol.8 No.6
13Djafri, Novianty. 2014. Efektivitas Kepemimpinan Perempuan Dalam Karir. Musawa Jurnal For Gender Studies. Vol 6
14Zulystiawati. 2020. Female Leadership In Gorontalo Universities: An Appreciative Inquiri Exploring Gorontalonesse Female Leadership and Managers Experiences. Thesis. Flinders University: Adelaide Unpublished. (5)
15Dewi, Fransiska Ayu Tya. 2021. Pelaksanaan Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu. Vol.5 No.4
16Fatimah, Dewi. 2021. Analisis pelaksanaan pembelaran daring pada masa pandemi covid-19. Skripsi. Jurusan pendidikan anak usia dini dan dasar Fakultas keguruan dan ilmu pendidikan Universitas Jambi.
17Arwildayanto. 2021. Manajemen Kepemimpinan Inovatif pada Pendidikan Anak Usia Dini dalam Perspektif Merdeka Belajar Era New Normal. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Vol. 5
18Marhawati, Besse. 2017. Kepemimpinan Kepala Sekolah Perempuan Pada Sekolah Efektif. Jurnal Manajemen dan Supervisi Pendidikan. Vol.1 (2).
19Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah bab V
20Nurmaya, Lely Andi dkk. 2021. Analisis evaluasi pembelajaran daring (online) sekolah dasar selama pandemi covid-19. Jurnal kajian pendidikan dasar. Vol.6 No.1
21Suwardi. 2021. Probelematika evaluasi pembelajaran dalam mencapai tujuan pendidikan dimasa pandemi covid-19. Jurnal inovasi menejemen supervise pendidikan. Vol.1 N0.1
22Wahyuni, Dwi Amanah. 2021. Pembelajaran pada masa pandemi menggunakan median e-learning. Skripsi. Jurusan PGMI Fakultas tabiyah ilmu keguruan IAIN Ponorogo
Published
2022-02-24
Section
Articles