Analisis Kesiapan Guru Dalam Menghadapi Asesmen Nasional
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) kesiapan guru dalam menghadapi asesmen kompetensi minimum, (2) kesiapan guru dalam menghadapi survey karakter, (3) kesiapan guru dalam menghadapi survey lingkungan belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif eksplanatori. Populasi penelitian adalah guru di sekolah SMP di Kecamatan Kota Selatan yang berjumlah 230 orang dengan teknik pengambilan sampel menggunakan tabel Harry King sehingga di peroleh sampel 139 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner, wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah deskripstif persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) kesiapan guru dalam menghadapi asesmen kompetensi minimum berada pada kategori siap. (2) kesiapan guru dalam menghadapi survey karakter berada pada kategori sangat siap. (3) kesiapan guru dalam menghadapi survey lingkungan belajar pada kategori siap. Untuk itu disarankan : (1) kepala sekolah memberikan edukasi serta latihan kepada seluruh guru-guru yang ada di lingkungan sekolah agar memahami apa yang di inginkan oleh program ini. (2) bagi guru dapat mengikuti dengan cermat latihan baik diklat maupun workshop terkait persiapan asesmen nasional (3) bagi siswa, fokuskan untuk mengikuti pembelajaran dengan cermat serta luangkan waktu untuk membaca buku di perpustakaan untuk meningkatkan minat baca.
References
Abdul, Majid. (2011). Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Kompetensi Guru. Bandung: PT Remaja Rosda Karya
Arsil. (2018). Analsis Iklim Sekolah Dalam Mendukung Proses Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Gentala pendidikan Dasar: Universitas Jambi
Astini Suni Ni Komang (2019). Pentingnya Literasi Teknologi Informasi dan Komunikasi Bagi Guru Sekolah Dasar Untuk Menyiapkan Generasi Milenial. Prosiding Seminar Nasional : Amlapura
Bintari, N.P & Cecep, D (2016). Peran Pemuda Sebagai Penerus Tradisi Sambatan Dalam Rangka Pembentukan Karakter Gotong Royong Pada Generasi Muda. Artikel.
Hendri, Budiono (2018). Pembelajaran IPS Dalam Membentuk Karakter Gotong Royong, Toleransi dan Sikap Cinta Tanah Air.
Daryanto (2011). Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan Sekolah Beserta Contoh-contohnya. Gava Media : Yogyakarta
Ayu, Kusuma. (2017). Pengembangan Profesi Guru dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Jurnal Manajemen Pendidikan Perkantoran.
Rahayu. E (2011). Pembelajaran Sains dengan Pendekatan Keterampilan Proses Untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia : Universitas Negeri Semarang
Hapasari, Sri (2017). Peran SELF REGULATION dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Sebagai Upaya Menyiapkan Generasi Emas 2045. Jurnal Pedagogika dan Dinamika Pendidikan : Universitas Indraprasta PGRI
Indra, Hasbi. (2020). Pendidikan Madrasah dalam Membangun Akhlak Generasi Bangsa. Journal For Islamic Studies : Universtas Ibnu Khaldun
Jaedun, Amat. (2008). Prinsip-Prinsip Penelitian Tindakan. Makalah Pelatihan PTK Bagi Guru Di Provinsi DIY. Lembaga Penelitian UNY.
Ahmad, Jihad.(2020). opini masyarakat tentang asesmen nasional sebagai penganti pendidikan Indonesia:analisis dampak dan problem Solving menurut kebijakan merdeka belajar. Jurnal: Universitas Islam Balitar
Erna, Labudasari. (2018). Pengaruh Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Karakter Mandiri Siswa di SDN Kanggraksan Cirebon. Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran: Universitas PGRI Madiun
Marhawati, Besse (2020) Pelaksanaan Supervisi Akademik Kepala Sekolah. Universitas Negeri Gorontali : Jurnal Manajamen dan Supervisi Pendidikan
Maryono. (2018). Implementasi Pendidikan Karakter Mandiri di Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar : Universitas Jambi
Marzuki. (2010). Model Pembentukan Kultur Akhlak Mulia Siswa Sekolah Menengah Pertama di Indonesia.Jurnal Kependidikan : Universitas Negeri Yogyakarta
Mirzan. (2019). Rencana Pengembangan Sekolah. Universitas Bengkulu
Yuniar, Mujiwati (2018). Peranan Pendidikan Karakter dalam Mengembangkan Karakter Bangsa. Jurnal ilmiah Edukasi dan Sosial
Lilis, Nuryanti. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. Jurnal Pendidikan
Nuzul, Desi. (2019) Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran Biologi. Jurnal : BIologi dan Pembelajarannya
Peraturan Pemerintah No 57 Tahun 2021 Pasal 3 Ayat 1 Tentang Standar Nasional Pendidikan
Puspitasari, R. (2020). Hikmah Pandemi Covid-19 Bagi Pendidikan di Indonesia.
Dina, Restati Kurnia. (2020). Penanaman Karakter Gotong Royong Dalam Kelas Multi-Usia di SLB Negeri 1 Gunungkidul. Jurnal Pendidikan : Yogyakarta
Ridwan, Abdullah (2020) Asesmen Kompetensi Minimum. Bandung: Penerbit Pt Remaja Rosdakarya
Rodiah, Mukhtar. (2015). Rencana Pengembangan Sekolah. Lubuklinggau
Patonah. S (2014) Elemen Bernalar Tujuan Pada Pembelajaran IPA Melalui Pendekatan Metakoginitif Siswa SMP. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia.
Saputra, N.D., Puspa, d & Osa, J. (2019) Penanaman Nilai-Nilai Karakter Dalam Budaya Sekolah Berbasis Budaya Lokal di SDN Mardiharjo Kabupaten Musi Rawas. Jurnal Pembelajaran dan Pengajaran Pendidikan Dasar.
Sdouh, Walid Mahmoud (2013). The Effect Of Using the Strategies of Brainstroming and Computer Education ini Academic Achievement and the Development of Creative Thinking Skills of Sixth Grade Students in Jordon and their Attitudes Towards Learning Mathematics. Dalam European Scientific Journal.
Shim, J. W., & Walczak, K. 2012. The Impact of Faculty Teaching Practices on The Development of Students’ Critical Thinking Skills. International Journal of Teaching and Learning in Higher Education.
Snyder, L.G & Snyder, M.J (2008) Teaching Critical Thinking And Problem Solving Skills. The Delta Pi Epsilon Journal
Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito Bandung.
Sukamto. (2004). Peningkatan Kualitas Pembelajaran. Jakarta: Depdiknas
Suking, Arifin(2020). Analisis Kompetensi Profesioanal Guru, Jurusan Manajemen Pendidilan Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo : Jambura Journal of Educational Management
Sumar, Warni Tune , dkk (2020) Strategi Guru Dalam Impelementasi Pembelajaran Abad 21 Melalui Model Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru : Jambura Elementary Education Journal
Supardan, dadang (2015). Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Perspektif Filosofi dan Kurikulum : Jakarta
Nana, Sutarna (2016) Pendidikan Karakter Siswa Sekolah Dasar Dalam Perspektif Islam : STKIP Muhammadiyah Kuningan
Thoha, M, C. 1990. Teknik Evaluasi Pendidikan. Jakarta: CV. Rajawali
Wahyuningsi, Sriwiarti Wiwiek (2019). Penerapan Metode Latihan Mandiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Siswa SMP negeri 1 Kayangan. Jurnal Kependidikan
Copyright (c) 2022 Azrah R Bioto, Arifin Suking, Zulystiawati Zulystiawati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.