Implementasi Program Kampus Mengajar Pada Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka dalam Pemerataan Kualitas Pendidikan

  • Nurul Indika Wardhani Universitas Negeri Malang
  • Achmad Supriyanto Universitas Negeri Malang
Keywords: Kampus Mengajar, Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka, Kualitas Pendidikan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana implementasi program Kampus Mengajar yang dilaksanakan oleh mahasiswa di universitas dan termasuk ke dalam salah satu kegiatan di kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka atau biasa disebut MBKM dalam pemerataan kualitas pendidikan. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dilakukan melalui kajian literatur seperti jurnal, e-book, peraturan atau kebijakan pemerintah serta dianalisis dengan teknik deskriptif. Diperoleh hasil yang menyatakan dari penelitian ini yaitu pelaksanaan Kampus Mengajar untuk pemerataan kualitas pendidikan dilakukan dengan bantuan mahasiswa yang terjun di sekolah untuk membantu guru dalam hal administrasi sekolah, transfer ilmu pengetahuan yang didapatnya ketika di bangku kuliah, dan melakukan adaptasi teknologi di sekolah tersebut. Pada implementasi program Kampus Mengajar pada kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka memiliki hambatan, yaitu ketersediaan laptop sebagai sarana peningkatan kualitas peserta didik untuk lebih paham teknologi di sekolah melalui penggunaan laptop masih kurang persediaannya. Solusi untuk mengatasi hambatan tersebut yaitu mahasiswa membuat jadwal belajar bersama peserta didik terkait teknologi dimulai dengan belajar penggunaan laptop dimana per hari menyesuaikan jumlah laptop yang ada.

References

Anugrah, T. M. F. (2021). Implementasi Pelaksanaan Program Kampus Mengajar Angkatan 1 Terdampak Pandemi Covid-19. AKSELERASI: Jurnal Ilmiah Nasional, 3(3), 38–47. http://ejournal.goacademica.com/index.php/ja/article/view/458

Asfuri, A. (2020). Implementasi Pembelajaran Door to Door Pada PerkembanganPsikologi Belajar Anak di TKIT Raudlotul Mu’minin. IJIP : IndonesianJournal of Islamic Psychology, 2(1), 84–111. https://doi.org/https://doi.org/10.18326/ijip.v2i1.84-11

Astini, N. K. S. (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Pembelajaran Tingkat Sekolah Dasar Pada Masa Pandemi Covid-19. Lampuhyang, 11(2), 13–25. http://e-journal.stkip-amlapura.ac.id/index.php/jurnallampuhyang/article/view/194

Fatmawati, E. (2020). Dukungan Perpustakaan Dalam Implementasi “Kampus Merdeka Dan Merdeka Belajar.” Jurnal Pustaka Ilmiah, 6(2), 1076–1087. https://jurnal.uns.ac.id/jurnalpustakailmiah/article/view/46682

Fuadi, T. M. (2021). Konsep Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM): Aplikasinya dalam Pendidikan Biologi. Prosiding Biotik, 9(1), 183–200. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/PBiotik/article/view/11594

Hamzah, R. A. (2021). Pelaksanaan Kampus Mengajar Angkatan I Program Merdeka Belajar Kemdikbud Di Sekolah Dasar. Dedikasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 1–8. http://www.jurnalstkipmelawi.ac.id/index.php/JDPM/article/view/339

Hasim, E. (2020). Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Perguruan Tinggi di Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Disajikan Dalam Webinar Magister Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo, Gorontalo, 14 Juli.
Meilia, A. T., & Erlangga, G. (2022). Aktualisasi Program Kampus Mengajar Sebagai Ruang Kontribusi Mahasiswa Terhadap Pendidikan Dasar di Indonesia. Metodik Didaktik: Jurnal Pendidilkan Ke-SD-An, 17(2), 120–128. https://ejournal.upi.edu/index.php/MetodikDidaktik/article/view/42453

Mudrikah, A., Khori, A., Hamdani, H., Holik, A., Hakim, L. L., Yasmadi, B., & Hidayat, H. (2022). Implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) di Universitas Islam Nusantara. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(1), 137–148. http://jurnal.staialhidayahbogor.ac.id/index.php/jim/article/view/2177

Nurhasanah, A. D., & Nopianti, H. (2021). Peran Mahasiswa Program Kampus Mengajar Dalam Meningkatkan Kompetensi SDN 48 Bengkulu Tengah. SNPKM: Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 3, 166–173. http://journal.unilak.ac.id/index.php/SNPKM/article/view/8066

Nurmitasari, N., Rosidah, A., & Sutriningsih, N. (2021). Pelatihan Bagi Guru-Guru SDN 3 Margoyoso dalam Menggunaan Google Clasroom. Jurnal Bagimu Negeri, 5(1), 15–19. https://ejournal.umpri.ac.id/index.php/bagimunegeri/article/view/1460

Popoi, I., Maruwae, A., & Panigoro, M. (2021). Penguatan Kompetensi Guru dalam Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar Mitra Kampus Mengajar MBKM Kabupaten Bone Bolango. Jurnal Sibermas (Sinergi Pemberdayaan Masyarakat), 10(3), 636–646. https://ejurnal.ung.ac.id/index.php/sibermas/article/view/13444/0

Prasandha, D., & Utomo, A. P. Y. (2022). Evaluasi Keterampilan Dasar Mengajar Mahasiswa dalam Program Kampus Mengajar Angkatan 1 Tahun 2021. Jurnal Sastra Indonesia, 11(1), 48–55. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jsi/article/view/55441

Prihatmoko, D. D. (2020). Implementasi Kebijakan Pendidikan Lingkungan Hidup Di Sekolah Islam Terpadu Dalam Kajian Literatur. Ulumuddin: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 10(2), 117–132. http://128.199.239.11/index.php/agama_islam/article/view/433

Rosita, D. A., & Damayanti, R. (2021). Pelaksanaan program kampus mengajar perintis pada sekolah dasar terdampak pandemi covid-19. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(1), 42–49. http://uniflor.ac.id/e-journal/index.php/JPM/article/view/852

Saehana, S., Ali, M., Darsikin, D., Nurgan, N., & Ratnaningtyas, D. I. (2021). Pelatihan Penggunaan Learning Management System (LMS) bagi Guru Sebagai Mitra Asistensi Mengajar Program MBKM Prodi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Tadulako. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(4), 441–446. https://scholar.archive.org/work/nyzuvzumrncqlgn2hg6bi4kl4e/access/wayback/https://ppjp.ulm.ac.id/journals/index.php/btj/article/download/4333/pdf

Safaringga, V., Lestari, W. D., & Aeni, A. N. (2022). Implementasi Program Kampus Mengajar untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3514–3525. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/2667

Suhartoyo, E., Wailissa, S. A., Jalarwati, S., Samsia, S., Wati, S., Qomariah, N., Dayanti, E., Maulani, I., Mukhlish, I., Azhari, M. H. R., Isa, H. M., & Amin, I. M. (2020). Pembelajaran Kontekstual Dalam Mewujudkan Merdeka Belajar. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 1(3), 161–164. http://www.riset.unisma.ac.id/index.php/JP2M/article/view/6588

Supriadi, D. (2017). Implementasi Manajemen Inovasi dan Kreatifitas Guru dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran. Indonesian Journal of Education Management & Administration Review, 1(2), 125–132. https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/ijemar/article/view/944

Widiyono, A., Irfana, S., & Firdausia, K. (2021). Implementasi Merdeka Belajar Melalui Kampus Mengajar Perintis Di Sekolah Dasar. Metodik Didaktik: Jurnal Pendidikan Ke-Sd-An, 16(2), 102–107. https://ejournal.upi.edu/index.php/MetodikDidaktik/article/view/30125
Published
2023-12-10
Section
Articles