Implementasi Program Kampus Mengajar Pada Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka dalam Pemerataan Kualitas Pendidikan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana implementasi program Kampus Mengajar yang dilaksanakan oleh mahasiswa di universitas dan termasuk ke dalam salah satu kegiatan di kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka atau biasa disebut MBKM dalam pemerataan kualitas pendidikan. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dilakukan melalui kajian literatur seperti jurnal, e-book, peraturan atau kebijakan pemerintah serta dianalisis dengan teknik deskriptif. Diperoleh hasil yang menyatakan dari penelitian ini yaitu pelaksanaan Kampus Mengajar untuk pemerataan kualitas pendidikan dilakukan dengan bantuan mahasiswa yang terjun di sekolah untuk membantu guru dalam hal administrasi sekolah, transfer ilmu pengetahuan yang didapatnya ketika di bangku kuliah, dan melakukan adaptasi teknologi di sekolah tersebut. Pada implementasi program Kampus Mengajar pada kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka memiliki hambatan, yaitu ketersediaan laptop sebagai sarana peningkatan kualitas peserta didik untuk lebih paham teknologi di sekolah melalui penggunaan laptop masih kurang persediaannya. Solusi untuk mengatasi hambatan tersebut yaitu mahasiswa membuat jadwal belajar bersama peserta didik terkait teknologi dimulai dengan belajar penggunaan laptop dimana per hari menyesuaikan jumlah laptop yang ada.
References
Asfuri, A. (2020). Implementasi Pembelajaran Door to Door Pada PerkembanganPsikologi Belajar Anak di TKIT Raudlotul Mu’minin. IJIP : IndonesianJournal of Islamic Psychology, 2(1), 84–111. https://doi.org/https://doi.org/10.18326/ijip.v2i1.84-11
Astini, N. K. S. (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Pembelajaran Tingkat Sekolah Dasar Pada Masa Pandemi Covid-19. Lampuhyang, 11(2), 13–25. http://e-journal.stkip-amlapura.ac.id/index.php/jurnallampuhyang/article/view/194
Fatmawati, E. (2020). Dukungan Perpustakaan Dalam Implementasi “Kampus Merdeka Dan Merdeka Belajar.” Jurnal Pustaka Ilmiah, 6(2), 1076–1087. https://jurnal.uns.ac.id/jurnalpustakailmiah/article/view/46682
Fuadi, T. M. (2021). Konsep Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM): Aplikasinya dalam Pendidikan Biologi. Prosiding Biotik, 9(1), 183–200. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/PBiotik/article/view/11594
Hamzah, R. A. (2021). Pelaksanaan Kampus Mengajar Angkatan I Program Merdeka Belajar Kemdikbud Di Sekolah Dasar. Dedikasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 1–8. http://www.jurnalstkipmelawi.ac.id/index.php/JDPM/article/view/339
Hasim, E. (2020). Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Perguruan Tinggi di Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Disajikan Dalam Webinar Magister Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo, Gorontalo, 14 Juli.
Meilia, A. T., & Erlangga, G. (2022). Aktualisasi Program Kampus Mengajar Sebagai Ruang Kontribusi Mahasiswa Terhadap Pendidikan Dasar di Indonesia. Metodik Didaktik: Jurnal Pendidilkan Ke-SD-An, 17(2), 120–128. https://ejournal.upi.edu/index.php/MetodikDidaktik/article/view/42453
Mudrikah, A., Khori, A., Hamdani, H., Holik, A., Hakim, L. L., Yasmadi, B., & Hidayat, H. (2022). Implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) di Universitas Islam Nusantara. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(1), 137–148. http://jurnal.staialhidayahbogor.ac.id/index.php/jim/article/view/2177
Nurhasanah, A. D., & Nopianti, H. (2021). Peran Mahasiswa Program Kampus Mengajar Dalam Meningkatkan Kompetensi SDN 48 Bengkulu Tengah. SNPKM: Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 3, 166–173. http://journal.unilak.ac.id/index.php/SNPKM/article/view/8066
Nurmitasari, N., Rosidah, A., & Sutriningsih, N. (2021). Pelatihan Bagi Guru-Guru SDN 3 Margoyoso dalam Menggunaan Google Clasroom. Jurnal Bagimu Negeri, 5(1), 15–19. https://ejournal.umpri.ac.id/index.php/bagimunegeri/article/view/1460
Popoi, I., Maruwae, A., & Panigoro, M. (2021). Penguatan Kompetensi Guru dalam Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar Mitra Kampus Mengajar MBKM Kabupaten Bone Bolango. Jurnal Sibermas (Sinergi Pemberdayaan Masyarakat), 10(3), 636–646. https://ejurnal.ung.ac.id/index.php/sibermas/article/view/13444/0
Prasandha, D., & Utomo, A. P. Y. (2022). Evaluasi Keterampilan Dasar Mengajar Mahasiswa dalam Program Kampus Mengajar Angkatan 1 Tahun 2021. Jurnal Sastra Indonesia, 11(1), 48–55. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jsi/article/view/55441
Prihatmoko, D. D. (2020). Implementasi Kebijakan Pendidikan Lingkungan Hidup Di Sekolah Islam Terpadu Dalam Kajian Literatur. Ulumuddin: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 10(2), 117–132. http://128.199.239.11/index.php/agama_islam/article/view/433
Rosita, D. A., & Damayanti, R. (2021). Pelaksanaan program kampus mengajar perintis pada sekolah dasar terdampak pandemi covid-19. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(1), 42–49. http://uniflor.ac.id/e-journal/index.php/JPM/article/view/852
Saehana, S., Ali, M., Darsikin, D., Nurgan, N., & Ratnaningtyas, D. I. (2021). Pelatihan Penggunaan Learning Management System (LMS) bagi Guru Sebagai Mitra Asistensi Mengajar Program MBKM Prodi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Tadulako. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(4), 441–446. https://scholar.archive.org/work/nyzuvzumrncqlgn2hg6bi4kl4e/access/wayback/https://ppjp.ulm.ac.id/journals/index.php/btj/article/download/4333/pdf
Safaringga, V., Lestari, W. D., & Aeni, A. N. (2022). Implementasi Program Kampus Mengajar untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3514–3525. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/2667
Suhartoyo, E., Wailissa, S. A., Jalarwati, S., Samsia, S., Wati, S., Qomariah, N., Dayanti, E., Maulani, I., Mukhlish, I., Azhari, M. H. R., Isa, H. M., & Amin, I. M. (2020). Pembelajaran Kontekstual Dalam Mewujudkan Merdeka Belajar. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 1(3), 161–164. http://www.riset.unisma.ac.id/index.php/JP2M/article/view/6588
Supriadi, D. (2017). Implementasi Manajemen Inovasi dan Kreatifitas Guru dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran. Indonesian Journal of Education Management & Administration Review, 1(2), 125–132. https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/ijemar/article/view/944
Widiyono, A., Irfana, S., & Firdausia, K. (2021). Implementasi Merdeka Belajar Melalui Kampus Mengajar Perintis Di Sekolah Dasar. Metodik Didaktik: Jurnal Pendidikan Ke-Sd-An, 16(2), 102–107. https://ejournal.upi.edu/index.php/MetodikDidaktik/article/view/30125
Copyright (c) 2023 Nurul Indika Wardhani, Achmad Supriyanto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.