Pengaruh Iklim Sekolah, Motivasi Berprestrasi dan Kreativitas Terhadap Unjuk Kerja Guru SMP Se-Kota Gorontalo
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh iklim sekolah terhadap unjuk kerja Guru SMP Se-Kota Gorontalo. (2) pengaruh motivasi berprestrasi terhadap unjuk kerja Guru SMP Se-Kota Gorontalo. (3) pengaruh kreativitas guru terhadap unjuk kerja Guru SMP Se-Kota Gorontalo. (4) pengaruh iklim sekolah terhadap kreativitas guru SMP Se-Kota Gorontalo.
(5) pengaruh motivasi berprestrasi terhadap kreativitas guru SMP Se-Kota Gorontalo. Penelitian ini menggunakan data primer mellaui penyebaran kuesioner kepada responden. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan metode survey melalui teknik Ex Post Facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru madrasah yang berjumlah 471 orang, penarikan sampel menggunakan rumus slovin Taro Yamane sehingga jumlah sampel 82 orang. Data dikumpulkan melalui kuesioner. Analisis data yang digunakan yakni analisis deskriptif dan analisis inferensial (analisis jalur). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Iklim sekolah berpengaruh langsung positif dan signifikan terhadap unjuk kerja guru di SMP se Kota Gorontalo. (2) Motivasi berprestasi berpengaruh langsung positif dan signifikan terhadap unjuk kerja guru di SMP se Kota Gorontalo. (3) Kreativitas guru berpengaruh langsung positif dan signifikan terhadap unjuk kerja guru di SMP se Kota Gorontalo. (4) Iklim sekolah berpengaruh langsung positif dan signifikan terhadap kreativitas guru di SMP se Kota Gorontalo. (5) Motivasi berprestasi berpengaruh langsung positif dan signifikan terhadap kreativitas guru di SMP se Kota Gorontalo.
References
Bungin, Burhan.2007.Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik dan Ilmu Sosial lainnya. Jakarta:Putra Grafika
Emmanouil, Konsolas; Anastasiou Osia MA and Loukeri Paraskevi-Ioanna. 2013. The Impact of Leadership on Teachers’ Effectiveness. International Journal of Humanities and Social Science. 4 (1): 91-98
Haris, Ikhfan 2016. Indeks Kinerja Sekolah: Konsep dan Aplikasi Pengukuran Kemandirian Mutu dan Inovasi Pengelolaan Sekolah. Yogyakarta: Penerbit Samudra Biru.
Hartono, Jogiyanto. 2011. Metodologi Penelitian Bisnis: Salah Kaprah dan. Pengalaman-pengalaman. Yogyakarta: BPFE
Hasanah, Dedeh Sofia. 2010. Pengaruh Latihan (Diklat) Kepeminpinan Guru dan Iklim Kerja Terhadap Kinerja Duru SD Se Kecamatan Babakan Cikao Kabupaten Purwakarta. Jurnal Penelitian Pendidikan 11 (2): 1-10
Kadir, Pamungkas. 2013. Pengaruh Motivasi Kerja, Budaya Organisasi dan Kompensasi terhadap Kinerja Dosen Tetap Stikes Dharma Husada Bandung. Jurnal Ekonomi, Bisnis & Enterpreneurship. 7(1): 1-9
Mar’at, Purnama. 2000. Manajemen Dan Kepemimpinan Transformasional Kekepala Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta
Masaong A. K. dan Tilome A. A. 2011. Kepemimpinan Berbasis Multiple Intelligence. Bandung: Alfabeta
Masiaga, Foni; Abd. Kadim Masaong; dan Arfan Arsyad. 2017. Pengaruh Perilaku Kepemimpinan Visioner, Budaya Sekolah Dan Motivasi Kerja Guru Terhadap Etos Kerja Guru Pada Sekolah Menengah Pertama Di Kabupaten Boalemo. Jurnal Pascasarjana (JPs). 2 (1): 11-20
Owens, Robert G. 2005. Second Edition, Organizational behavior ineducation. Engle Wood Cliffs New Yersey: Prentice Hall, Inc
Selamat, Nurharani Nur Zahira Samsu dan Nur Shaminah Mustafa Kamalu. 2013. The Impact Of Organizational Climate On Teachers’ Job performance. Educational Research eJournal ISSN 2254-0385 Faculty of Education. University of Alicante. 2 (1): 69-78
Slamet, Harjasujana. 2007. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Depdiknas.
Stichter, Kenneth. 2008. Student School Climate Perceptions as a Measure of School District Goal Attainment. Journal of Educational Research & Policy Studies. Vol 8 (1). 44-66.
Zamroni, Udin. 2011. Dinamika Peningkatan Mutu, Yogyakarta, Cetakan Pertama, Gavin Kalam Utama.
Zazin, Nur. 2011. Gerakan Menata Mutu Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz.
Copyright (c) 2023 Aldha Rizma Elfariani Pakaya, Abd Kadim Masaong, Sulkifly Sulkifly

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.