Strategi Sekolah Dalam Penguatan Karakter Siswa
Strategi Sekolah Dalam Penguatan Karakter Siswa
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui strategi sekolah dalam penguatan karakter siswa di bidang akademik, (2) Mengetahui strategi sekolah dalam penguatan karakter siswa dibidang non akademik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui proses, (1) Wawancara, (2) observasi, dan (3) dokumentasi. Analisis data terdiri dari, (1) kondensasi data, (2) penyajian data, (3) penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data melalui (1) Perpanjangan pengamatan, (2) observasi, (3) triangulasi, dan (4) membercheck. Hasil penelitian menunjukan (1) Strategi sekolah dalam penguatan karakter siswa di bidang akademik, yaitu melalui lima nilai karakter utama yakni religius, nasionalisme, kemandirian, gotong royong dan integritas. (2) strategi sekolah dalam penguatan karakter siswa dibidang non akademik, yaitu melalui kegiatan organisasi seperti OSIS, pramuka dan kesenian.
References
Asma’un Sahlan. 2010. Mewujudkan Budaya Religius di Sekolah (Upaya Mengembangkan PAI dari Teori ke Aksi). Malang : UIN Sunan Kalijaga
Daryanto dan Suryatri, Darmiatun. 2013. Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Gava Media
Fibrianto, A., & Bakhri, S. 2018. Pelaksanaan Aktivitas Ekstrakurikuler Paskibra (Pasukan Pengibar Bendera) dalam Pembentukan Karakter, Moral dan Sikap Nasionalisme. Siswa Sma Negeri 3 Surakarta . Jurnal Moral Kemasyarakatan.
Gunawa, Heri. 2012. Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta
Lickona, Thomas. 2012. Mendidik Untuk Membentuk Karakter: Bagaimana Sekolah Memberikan Pendidikan Sikap Hormat Dan Tanggung Jawab. Jakarta: Bumi Aksara
Widodo, H. 2019. Penguatan Pendidikan Karakter di Sd Muhammadiyah Macanan Sleman, Yogyakarta. Jurnal Lentera Pendidikan.
Widiatmaka, Pipit. 2016. Pembangunan Karakter Nasionalisme Peserta Didik di Sekolah Berbasis Agama Islam, Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan
Copyright (c) 2023 Windri Octavi Yani Harun, Novianty Djafri, Besse Marhawati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.