Hubungan Perilaku Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dan Pengelolaan Sarana Prasarana Sekolah Dengan Kinerja Guru
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan: (1) perilaku kepemimpinan transformasional kepala sekolah dengan kinerja guru; (2) pengelolaan sarana prasarana sekolah dengan kinerja guru; (3)perilaku kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan pengelolaan sarana prasarana sekolah secara bersama-sama dengan kinerja gurudi SMP Sekecamatan Kota Tengah.Metode yang digunakan yaitu kuantitatif, dengan teknik korelasional. Anggota populasi berjumlah 82 orang guru di SMP Sekecamatan Kota Tengah dengan menggunakan rumus Taro Yamane dan Slovindi peroleh sampel sejumlah 68 orang guru. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner angket. Teknik analisis data menggunakan uji validitas instrumen, reliabilitas instrumen, analisis deskriptif, uji normalitas data dan uji linearitas. Sedangkan uji hipotesis asosiatif menggunakan dan uji korelasi parsial dan simultan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat hubungan yang positif dan signifikan perilaku kepemimpinan transformasionalkepala sekolahdengankinerja guru; (2) terdapat hubungan yang positif dan signifikan pengelolaan sarana prasarana sekolah dengan kinerja guru; (3) terdapat hubungan positif dan signifikan secara bersama-sama antara variabel perilaku kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan pengelolaan sarana prasarana sekolah dengan kinerja guru.di SMP Sekecamatan Kota Tengah.
References
Djatmiko, E. 2016. Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Sarana Prasarana Terhadap Kinerja Guru SMP Negeri Kota Semarang. Jurnal Fokus Ekonomi. Vol. 1, No. 2, Hal: 19-30.
Eriyanto. 2019. Pengelolaan Madrasah yang Efektif: Menjawab Tantangan Pendidikan Islam di Era Industri 4.0. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia. Vol. 4, No. 1, Hal: 74-88.
Hapipatussolihah, S. 2018. Pengaruh Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan Terhadap Kinerja Mengajar Guru di Sekolah Menengah Pertama Negeri Se-Kecamatan Purwadadi Kabupaten Subang. S1 thesis, Universitas Pendidikan Indonesia.
Marhawati, B. 2016. Urgensi Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Pencapaian Kinerja Sekolah. Prosiding Seminar Nasional“Penguatan Manajemen Pendidikan di Era Kompetisi Global”.
Maruf, H. Arsyad, A. dan Roskina, S. 2022. Pengaruh Motivasi Kerja, Kemampuan Manajerial Kepala Sekolah, dan Iklim Sekolah Terhadap Kinerja Guru di Sekolah Menengah Pertama Negeri Se Kabupaten Pohuwato.AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal.Vol. 8, No. 1, Hal: 291-302.
Masaong, A. K. 2012. Urgensi Kecerdasan Emosional dan Spiritual Kepala Sekolah dalam Mewujudkan Iklim Sekolah yang Kondusif. Artikel. Panitia ICEMAL UM Malang.
Sugiarto. 2020. Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru SMK Negeri Jakarta Utara.Jurnal Studi Manajemen Pendidikan. Vol. 4, No. 1, Hal: 152-160.
Tambunan, F. R., Tholkhah, I. dan Jaenudin, M. 2020.Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Sarana Prasarana Terhadap Kinerja Guru SMP di Cibinong Bogor.Jurnal Dirosah Islamiyah.Vol. 2, No. 1, Hal: 1-18.
Copyright (c) 2024 Tiansi Ismail, Abd Kadim Masaong, Besse Marhawati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.