Kemampuan Guru Dalam Mengelola Pembelajaran Berbasis E-Learning Di Masa Pandemi Covid-19

Kemampuan Guru Dalam Mengelola Pembelajaran Berbasis E-Learning Di Masa Pandemi Covid-19 Di SMK Negeri 1 Suwawa

  • Ferdinan Nasaru universitas negeri gorontalo
  • Ikhfan Haris
  • Sulkifly Sulkifly
  • Nur Luthfi Ardhian
Keywords: Kemampuan guru, e-learning, Covid-19

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran berbasis e-learning di masa pandemi Covid-19 di SMK Negeri 1 Suwawa yang ditinjau dari: (1) kemampuan guru dalam merencanakan pembelajaran berbasis e-learning di masa pandemi Covid-19 di SMK Negeri 1 Suwawa; (2) kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran berbasis e-learning di masa pandemi Covid-19 di SMK Negeri 1 Suwawa; (3) kemampuan guru dalam mengevaluasi pembelajaran berbasis e-learning di masa pandemi Covid-19 di SMK Negeri 1 Suwawa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis pendekatan eksplanatori. Jumlah subjek penelitian sebesar 65 orang guru. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner angket, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif dengan menggunakan formula persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kemampuan guru dalam merencanakan pembelajaran berbasis e-learning di masa pandemi Covid-19 di SMK Negeri 1 Suwawa berada pada kategori baik; (2) kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran berbasis e-learning di SMK Negeri 1 Suwawa di masa  pandemi Covid-19 di SMK  Negeri 1 Suwawa berada pada kategori baik; (3) kemampuan guru dalam mengevaluasi pembelajaran berbasis e-learning di masa pandemi Covid-19 di SMK Negeri 1 Suwawa berada pada kategori baik.

References

Dewi dan Putri. 2021. Pelatihan Pengelolaan Kelas Daring Berbasis Aplikasi Google Classroom dan Edpuzzle di SMP PGRI 5 Denpasar Bali. Jurnal Pengabdian UNDIKMA. 2 (2), 203-210.
Fajriani, S. W. 2021. Kompetensi Guru: Dalam Problematika Pembelajaran E-learning di Tengah Pandemi Covid-19. Aritikel Universitas Riau.
Ikhwan, A. I., Syihabuddin dan Ali M. 2021. Problematika Evaluasi Pembelajaran Bahasa Arab di Masa Pandemi Covid-19. Al-Ma’rifah (Jurnal Budaya, Bahasa, dan Sastra Arab). 18 (2), 121-126.
Jusna, S., Djafri, N., Yalida, A. A., dan Canon, S. 2020. Efektivitas Pembelajaran Daring/Online Masa Pandemi Covid-19 di Kelas IV SDN 77 Kota Tengah Kota Gorontalo. AKADEMIKA, Jurnal Ilmiah Media Publikasi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. 9 (1), 103-126.
Kristiana, N. 2021. Implementasi Model Pembelajaran E-Learning di Kelas IV-B MI Negeri 3 Banyunas. Skripsi. UIN Prof. Kiai H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.
Opoh, S. N., Haris, I. dan Sumar, W. T. 2021. Pemanfaatan Media Pembelajaran Digital Pada Perkuliahan. Student Journal of Educational Management. 1 (2), 220-234.
Sudrajat, J. 2020. Kompetensi Guru di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Riset Ekonomi dan Bisnis. 13 (1), 100-110.
Sumar, W. T., Lamatenggo, N. dan Razak, I. A. 2020. Strategi Guru dalam Implementasi Pembelajaran Abad 21 Melalui Model Pembelajaran Daring untuk Meningkatkan Kompetensi Guru. Jambura Elementary Education Journal. 1 (2), 100-110.
Published
2022-12-31
Section
Articles