Hubungan Kepemimpinan Pembelajaran Kepala Sekolah dan Iklim Sekolah Terhadap Kinerja Guru

  • Yulin Lamusu Universitas Negeri Gorontalo
  • Ansar Ansar Universitas Negeri Gorontalo
  • Arifin Suking Universitas Negeri Gorontalo
Keywords: Kepemimpinan, Iklim Sekolah, Kinerja Guru

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Hubungan  kepemimpinan pembelajaran kepala sekolah dengan kinerja guru SDN , (2)  Hubungan iklim sekolah dengan kinerja Guru SDN , (3) Hubungan kepemimpinan pembelajaran kepala sekolah dan iklim sekolah dengan kinerja Guru SDN Se-Kecamatan Bulango Selatan. Penelitian ini adalah menggunakan metode kuantititaf dengan jenis korelasional. Jumlah populasi penelitian yaitu 93 orang Guru dan sampel penelitian  yaitu  48 orang . Teknik pengumpulan data  adalah observasi, kuesioner dan dukumentasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hal-hal sebagai berikut: (1) Bahwa kepemimpinan sangat berkaitan erat dengan kinerja guru yang dapat menjadikan guru mencapai kinerja dengan baik., (2) Bahwa iklim sekolah dapat mempengaruhi kinerja seorang guru karena dengan keadaan sekolah baik dan nyaman dapat meningkatkan kinerja guru dalam  melaksanakan tugasnya, (3) Bahwa terdapat hubungan signifikan dengan kepemimpinan dan iklim sekolah sangat berkaitan erat untuk mendukung keberhasilan dari kinerja guru, sehingga penting untuk di miliki oleh sekolah dari kepemimpinan yang baik dan lingkungan sekolah yang nyaman bagi guru.

References

Arcaro, Jeromes A, 2005. Pendidikan Berbasis Mutu, Terjemah Yosal Irinatala, Yogyakarta; Pustaka Pelajar
Daryanto, 2011. Kepala Sekolah sebagai Pemimpin Pembelajaran, Cet ke 1 (Yogyakarta: Gava Media)
Hadiyanto, 2004, Mencari Sosok Desentralisasi Manajemen Pendidikan Di Indonesia, Jakarta: Rineka Cipta
Jasmani dan Mustofa, Sayaiful. 2013. Supervisi Pendidikan Terobosan Baru dalam Peningkatan Kinerja Pengawas Sekolah dan Guru. Yogyakarta: AR-RUZZ Media.
Mulyasa, E, 2007. Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Gunbayi, Ilhan. (2007). School Climate and Teachers’ Perceptions on Climate Factors: Research Into Nine Urban High Schools. The Turkish Online Journal of Educational Technology (TOJET). 6(3). 1-10.
Akib Haedar. 2008. Reaktualisai Fungsi dan Peranan Kepala Sekolah. Jurnal Tenaga Kependidikan Vol 3 No 2 Agustus. Direktorat Tenaga Kependidikan. Direktorat Jendral Peningkatan Mutu Pendidikan dan Tenaga Kependidikan. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Published
2023-06-29
Section
Articles