Tata Kelola Budaya Literasi
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang tata kelola budaya literasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data ditempuh dengan tiga cara yaitu, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Problematika pelaksanaan gerakan literasi, kurangnya minat baca siswa sehingga sekolah mengadakan program literasi dari menyediakan fasilitas dan program untuk menyukseskan gerakan literasi di sekolah, (2) Faktor penentu keberhasilan gerakan literasi, sarana dan prasarana berupa fasilitas yang disediakan oleh sekolah baik dari gedung perpustakaan sekaligus program-program untuk meningkatkan keberhasilan literasi selain motivasi yang telah diberikan oleh semua kalangan stakeholder baik dari kepala sekolah, kepala sekolah, kepala perpustakaan hingga staf tata usaha, dan (3) Strategi mengatasi permasalahan pada pelaksanaan peningkatan budaya literasi, pihak sekolah mengadakan program membaca setiap pagi sebelum masuk kelas.
References
Kartika, E. (2004). Memacu Minat Membaca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Penabur, 3 (8), 113–128. Universitas Islam Kalimantan MAB Banjarmasin: Banjarmasin
Nafisah, A. (2014). Arti Penting Perpustakaan bagi Upaya Peningkatan Minat Caca Masyarakat. Jurnal Perpustakaan Libraria, 2 (2), 69-81: STAIN Kudus
Suharsaputra, Uhar.(2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan. Bandung: PT Refika Aditama
Suragangga, I. M. N. (2017). Mendidik Lewat Literasi Untuk Pendidikan Berkualitas. Jurnal Penjaminan Mutu, 3 (2), 154– 163: Karangasem
Thompson, S., Provasnik, S., Kastberg, D., Ferraro, D., Lemanski, N., Roey, S., & Jenkins, F. (2012). Highlights from PIRLS 2011: Reading Achievement of US Fourth- Grade Students in an International Context. United State: National Center for Education Statistics: Florida; United States
Copyright (c) 2023 Febriyanti Poiyo, Nina Lamatenggo, Arwildayanto Arwildayanto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.