Pengelolaan Model Pendidikan Karakter di Yayasan Al-Quran dan Dakwah
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengelolaan model pendidikan karakter di Pondok Pesantren Yayasan Al-Quran dan Dakwah Kecamatan Telaga Biru ditinjau dari desain program, implementasi model, dan dampak yang dihasilkan. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis tema. Hasil penelitian menunjukkan (1) desain program pendidikan karakter meliputi pengembangan nilai karakter religius, gotong royong, integritas, nasionalis, dan kemandirian, (2) implementasi model pendidikan karakter ditekankan pada pembiasaan, keteladanan, dan pemberian reward and punishment, serta (3) dampak pendidikan karakter terhadap terhadap peserta didik dibagi menjadi 3 (tiga) yakni dampak terhadap prestasi, dampak terhadap perilaku, dan dampak terhadap motivasi peserta didik.
Copyright (c) 2024 Rizal Saputro Mustamin, Arifin Arifin, Sulkifly Sulkifly

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



