Analisis Kepuasan Layanan Akademik Mahasiswa dalam Penggunaan Teknologi Informasi Komunikasi (TIK)

  • Asmawati Piyohu Universitas Negeri Gorontalo
  • Fory Armin Naway Universitas Negeri Gorontalo
  • Arifin Arifin Universitas Negeri Gorontalo
  • Fachrudin Akadji Universitas Negeri Gorontalo
Keywords: Kepuasan, Pelayanan Akademik, Teknologi Informasi dan Komunikasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepuasan layanan akademik mahasiswa dalam penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) ditinjau dari aspek (1) tangible, (2) reliability, dan (3) responsiveness di Jurusan Manajemen Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif eksplanatori. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 164 dan diperoleh sampel sejumlah 62 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner atau angket dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepuasan mahasiswa dalam penggunaan TIK ditinjau dari (1) indikator tangible (fisik) berada pada kriteria sangat puas dengan persentase 92.89, (2) reliability (keandalan) berada pada kriteria sangat puas dengan persentase sebesar 92.92, dan (3) responsiveness (sikap tanggap) berada pada kriteria sangat puas dengan persentase 95.27.

Published
2024-06-25
Section
Articles