Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Gorontalo ditinjau dari (1) program kepala sekolah, dan (2) upaya kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, dan pengecekan keabsahan data melalui triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas pembelajaran meliputi program pembelajaran berbasis lingkungan (green school), program kewirausahaan (koperasi siswa), kerja sama dengan berbagai lembaga hukum dan masyarakat, serta program supervisi secara rutin. Adapun untuk upaya kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas pembelajaran sudah berjalan dengan optimal dengan melakukan peningkatan sumber daya manusia melalui kegiatan forum ilmiah, melakukan pengembangan kurikulum yang relevan dengan IPTEK maupun kebutuhan siswa, menciptakan iklim kondusif untuk belajar, serta melakukan peningkatan sarana dan prasarana pembelajaran.
References
Abu, S. N. (2014). Pembinaan guru oleh kepala sekolah dalam pengelolaan pembelajaran di sekolah dasar. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 2(1).
Aneta, A., Aneta, Y., & Djafri, N. (2022). Pengembangan Manajemen Berbasis Pelayanan Administrasi Publik pada Tingkat Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4). https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2478
Armiati, A. (2011). Strategi Mewujudkan Sekolah Kejuruan Berbasis Kewirausahaan dalam Peningkatan Kemandirian dan Kreatifitas Siswa Melalui Koperasi Sekolah. Tingkap: Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Sosial Budaya & Ekonomi, 7(2).
Ayuba, M., Arwildayanto, A., & Marhawati, B. (2021). Penerapan Penjaminan Mutu Pendidikan. Student Journal of Educational Management. https://doi.org/10.37411/sjem.v1i2.935
Badruttamam, B., Jamal, N., & Sholehuddin, M. (2023). Peranan Alumni dalam Peningkatan Mutu Madrasah di MTs Nurut Thullab Bangsal Kedungdung Sampang. Al-Allam Jurnal Pendidikan, 4(1).
Indarta, Y., Jalinus, N., Waskito, W., Samala, A. D., Riyanda, A. R., & Adi, N. H. (2022). Relevansi Kurikulum Merdeka Belajar dengan Model Pembelajaran Abad 21 dalam Perkembangan Era Society 5.0. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(2). https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2589
Kristiono, N., Astuti, I., & Uddin, H. R. (2020). Implementasi Pendidikan Anti Korupsi di SMK Texmaco Pemalang. Integralistik, 31(1).
Lamatenggo, N., Abubakar, I., & Razak, I. A. (2020). Analisis Pemenuhan Standar Sarana dan Prasarana Sekolah. PEDAGOGIKA, 10(2). https://doi.org/10.37411/pedagogika.v10i2.86
Marhawati, B. (2019). Pelaksanaan Supervisi Akademik Kepala Sekolah Dasar: Studi Kualitatif. Jurnal Manajemen Dan Supervisi Pendidikan, 4(1). https://doi.org/10.17977/um025v4i22020p071
Mas, S. R. (2016). Evaluation of Environmental An Culture School Program. The International Conference on Educational Management and Administration & the 4th Congress of ISMAPI.
Mas, S. R. (2017a). Profesionalitas Guru Dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Inovasi, 5(2).
Mas, S. R. (2017b). Transformasi Nilai-Nilai Kewirausahaan Pada Siswa SMK. Jurnal Manajemen Dan Supervisi Pendidikan, 1(2). https://doi.org/10.17977/um025v1i22017p115
Munawarah, R. (2022). Manajemen Supervisi Akademik: Peningkatan Mutu Pembelajaran Matematika Madrasah Aliyah. P4I.
Ngaibo, L. A., Masaong, A. K., & Marhawati, B. (2021). Evaluasi Pelaksanaan Supervisi Kepala Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Unggulan Kota Gorontalo. Student Journal of Educational Management. https://doi.org/10.37411/sjem.v1i2.861
Putuasduki, E. P. M. (2015). Pemanfaatan QR Code Pada Perpustakaan Untuk Pemeringkatan , Peminjaman , dan Pemeliharaan Buku. Prosiding E-Indonesia Initiative Forum, October.
Ramadina, E. (2021). Peran Kepala Sekolah dalam Pengembangan Kurikulum Merdeka
Belajar. Mozaic : Islam Nusantara, 7(2). https://doi.org/10.47776/mozaic.v7i2.252 Rokim, R. (2020). Relasi Orang Tua dan Lembaga Pendidikan (Kajian atas Peran Paguyuban Kelas dalam Peningkatan Mutu Pembelajaran di SD Kemala Bhayangkari 5 Lamongan).
Akademika, 14(02). https://doi.org/10.30736/adk.v14i02.445
Sherly, S., Herman, H., Halim, F., Dharma, E., Purba, R., Sinaga, Y. K., & Tannuary, A.
(2021). Sosialisasi Implementasi Program Profil Pelajar Pancasila di SMP Swasta Sultan Agung Pematangsiantar. Jubaedah : Jurnal Pengabdian Dan Edukasi Sekolah (Indonesian Journal of Community Services and School Education), 1(3). https://doi.org/10.46306/jub.v1i3.51
Suking, A., Mas, S. R., & Anis, F. (2022). Strategi Program Studi Mewujudkan Learning Outcome. Equity In Education Journal, 4(2). https://doi.org/10.37304/eej.v4i2.4916
Sumar, S. (2021). Implementasi Model Beyond Center and Circle Time (BCCT) Dalam Pembelajaran Berhitung Permulaan Di PAUD Terpadu Biruni Sungailiat Kabupaten Bangka. Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 4(2). https://doi.org/10.32923/kjmp.v4i2.2193
Sumar, W. T. (2020). Pengelolaan Kelas dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jambura Journal of Educational Management, 1(1). https://doi.org/10.37411/jjem.v1i1.105
Sumiaty, N., & Sumiaty, N. (2014). Literasi Internet pada Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Penelitian Komunikasi, 17(1). https://doi.org/10.20422/jpk.v17i1.8
Supriadi, D. (2018). Implementasi Manajemen Inovasi dan Kreatifitas Guru dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran. Indonesian Journal of Education Management & Administration Review, 1(2).
Toliu, Z., Arsyad, A., & Lamatenggo, N. (2022). Sistem Penjaminan Mutu Internal Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan di SMP Negeri 1 Bolangitang Barat. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(6). https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10802
Ucok, R. A., Mas, S. R., & Suking, A. (2017). Kepemimpinan pembelajaran kepala sekolah dasar pada daerah terpencil di kabupaten Tojo Una-Una. Normalita, Vol.9(2252–5920).
Uno, H. B., & Lamatenggo, N. (2022). Tugas Guru dalam Pembelajaran: Aspek yang Memengaruhi. Bumi Aksara.
Wahzudik, N. (2018). Kendala dan Rekomendasi Perbaikan Pengembangan Kurikulum di Sekolah Menengah Kejuruan. Indonesian Journal of Curriculum and Educational Technology Studies, 6(2). https://doi.org/10.15294/ijcets.v6i2.26712
Widyaningrum, K. H., & Rahmanumeta, F. M. (2016). Pentingnya Strategi Pembelajaran Inovatif dalam Menghadapi Kreativitas Siswa di Masa Depan. Proceedings International Seminar FoE (Faculty of Education).
Yatim, M., Asmara, U. H., & Chiar, H. M. (2017). Studi Kasus Supervisi Akademik di SMP. Administrasi Pendidikan, 6(1).
Copyright (c) 2025 Sindi Laiya, Nina Lamatenggo, Zulystiawati Zulystiawati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.