Hubungan Komunikasi Interpersonal dan Keaktifan Berorganisasi dengan Prestasi Akademik Mahasiswa
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan (1) komunikasi interpersonal dengan prestasi akademik, (2) keaktifan berorganisasi dengan prestasi akademik, serta (3) komunikasi interpersonal dan keaktifan berorganisasi dengan prestasi akademik mahasiswa di Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Populasi yang digunakan adalah mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan dengan total sampling sejumlah 67 responden. Pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis menggunakan analisis korelasional dengan pengujian prasyarat yang telah terpenuhi. Hasil penelitian menemukan bahwa (1) terdapat hubungan yang signifikan antara komunikasi interpersonal dengan prestasi akademik, (2) terdapat hubungan yang signifikan antara keaktifan berorganisasi dengan prestasi akademik, serta (3) terdapat hubungan yang signifikan antara komunikasi interpersonal dan keaktifan berorganisasi dengan prestasi akademik mahasiswa di Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo.
References
Dwipurwani (2012). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Prestasi Mahasiswa Ditinjau dari
Karakteristik Lingkungan Kampus (Studi Kasus di Jurusan Matematika FMIPA Unsri).
Jurnal penelitian sains, 15 (1) : 1-5.
Hartaji, Damar A. (2012). Motivasi Berprestasi Pada Mahasiswa yang Berkuliah Dengan Jurusan
Pilihan Orangtua. Fakultas Psikologi Universitas Gunadarma
Husaini, Usman. 2009. Metodologi Penelitiam Sosial. Jakarta: Bumi Aksara.
Mulyana Deddy. 2005. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Muhibin Syah. 2010. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Edisi Revisi. Bandung. PT
Remaja Rosdaka.
Patunru, S., Jam’an, A., & Madani, M. (2020). Analisis Keaktifan Berorganisasi Terhadap
Prestasi Akademik Mahasiswa Program Studi Teknologi Laboratorium Medis Politeknik
Kesehatan Muhammadiyah Makassar. COMPETITIVENESS, 9(2), 151–163
Robbins dan Judge, 2011, Perilaku Organisasi, Edisi 12, Salemba Empat
Sadirman, A.M. (2001). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta, Rajawali Press.
Siagian, 2014. Peranan Organisasi Modern Bagi Mahasiswa, Jakarta: Rineka Cipta
Sonedi, Strategi Pengembangan Manajemen Perguruan Tinggi Swasta , Jurnal Depan: Vol. 17
No.2 (2018): Jurnal Anterior
Suryabrata, Sumadi, 2011. Psikologi Pendidikan, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.
Bandung : Alfabeta
Suryosubroto. 2009. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rhineka Cipta. Usman. User.
2008. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Widjaja, H. A. W. (2008). Ilmu Komunikasi: Pengantar Studi. Jakarta, Rineka Cipta
Wok, S. Teori-teori Komunikasi. Kuala Lumpur, Cergas (M) SDN, BHD, 2004.
Copyright (c) 2024 Herawati Hikaya, Ansar Ansar, Warni Tune Sumar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.