Best Practice Implementasi Program Inovasi Kepala Sekolah
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk program inovasi kepala sekolah dan langkah-langkah pelaksanaan program inovasi kepala sekolah di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Suwawa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif (studi kasus) dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan kunci dalam penelitian meliputi kepala sekolah, wakil kepala sekolah, dan guru. Analisis data dilakukan dengan teknik model interaktif, di mana tahapannya meliputi reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun untuk uji kredibilitas penelitian digunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) bentuk program inovasi sekolah terdiri dari outdoor teaching, kultum, dan literasi numerasi, serta (2) langkah-langkah pelaksanaan program inovasi kepala sekolah diawali dengan penetapan program bersamaa berdasarkan hasil rapat, pelibatan semua guru, staf, dan siswa, serta dukungan fasilitas yang lengkap.
References
Abdullah, A. (2020). Peran Sekolah Kreatif dalam Mengembangkan Psikomotorik Anak di Rumah Belajar Tanah Merah Bangkalan. Kuttab, 4(2). https://doi.org/10.30736/ktb.v4i2.272
Abzul, O., Arifin, A., & Sulkifly, S. (2022). Inovasi Kepala Sekolah Dalam Mengembangkan Budaya Mutu Sekolah. Student Journal of Educational Management, 2(1), 80–96. https://doi.org/10.37411/sjem.v2i1.1280
Ansori, A., & Sari, A. F. (2020). Inovasi Pendidikan di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Literasi Pendidikan Nusantara, 1(2).
Darwis, A. F., Malik, I., & Haerana, H. (2022). Inovasi Pelayanan Publik Melalui Sistem Informasi dan Aplikasi Perizinan Berbasis Online Single Submission (Siap Boss) Di DPMPTSP Kabupaten Pinrang. Journal Unismuh, 3(6).
Fitriyani, L. (2019). Inovasi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Semangat Kerja Guru di SMP Negeri 4 Seunagan. UIN Ar-Raniry.
Hamalik, O. (2004). Pendekatan Baru Strategi Belajar Mengajar. Pustaka Martina.
Kristiawan, M., Suryanti, I., Muntazir, M., Ribuwati, R., Areli, A. J., Agustina, M., Kafarisa, R. F., Saputra, A. G., Diana, N., Agustina, E., Oktarina, R., & Hisri, T. B. (2018). Inovasi Pendidikan. WADEGroup.
Oji Nur Aslam, Mohamad Muspawi, & Mulyadi. (2023). Strategi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kedisiplinan Guru di SMA Negeri 11 Muaro Jambi. Al-Fahim : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(2). https://doi.org/10.54396/alfahim.v5i2.624
Paisley, K., Furman, N., Sibthorp, J., & Gookin, J. (2008). Student Learning in Outdoor Education: A Case Study from the National Outdoor Leadership School. Journal of Experiential Education, 30(3). https://doi.org/10.1177/105382590703000302
Safitri, A. (2014). Hubungan antara Inovasi Kepala Sekolah, Kelengkapan Sarana Prasarana Sekolah, Motivasi Kerja dengan Kinerja Guru SMA. Jurnal Pendidikan Humaniora, 2(1), 59–64. https://doi.org/10.17977/jph.v2i1.4444
Sari, J. D. R., Giatman, M., & Ernawati, E. (2021). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(3). https://doi.org/10.23887/jppp.v5i3.34846
Simatupang, R. M., Nabila Anggriany, & Dahniar Fitri. (2023). Analisis Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Sekolah. Algebra : Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Sains, 3(3). https://doi.org/10.58432/algebra.v3i3.771
Taufik, M., & Firdaus, E. (2021). Saylor, Alexander and Lewis’s Curriculum Development Model for Islamic Education in Schools. Jurnal Kajian Peradaban Islam, 4(2). https://doi.org/10.47076/jkpis.v4i2.77
Umsiyah, U. (2023). Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Akademik di Sekolah Dasar Negeri 02 Kabunan Kabupaten Pemalang. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(1). https://doi.org/10.54371/jiip.v6i1.1364
Yussetiani, G. (2018). Inovasi Kepala Sekolah dalam Mengembangkan Mutu Pendidikan di Madrasah Tsanawiyah (MTs) N 1 Surakarta. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Copyright (c) 2025 Fatricia Adam, Ansar Ansar, Novianty S Djafri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.