Partisipasi Stakeholder Eksternal dalam Mendukung Citra Sekolah
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui partisipasi stakeholder eksternal dalam mendukung citra sekolah di SMA Negeri 1 Limboto yang ditinjau dari (1) partisipasi orang tua siswa, (2) partisipasi tokoh masyarakat, dan (3) partisipasi Lembaga Swadaya Masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis pendekatan eksplanatori. Subjek penelitian adalah guru yang berjumlah 50 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner angket, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) partisipasi orang tua siswa dalam mendukung citra sekolah berada pada kategori cukup baik dengan persentase 77.43%; (2) partisipasi tokoh masyarakat dalam mendukung citra sekolah berada pada kategori cukup baik dengan persentase 73.33%; (3) partisipasi LSM dalam mendukung citra sekolah berada pada kategori kurang baik dengan persentase 67.77%.
References
Untuk Meningkatkan Partisipasi Orang Tua dan Masyarakat. Mimbar Kampus:
Jurnal Pendidikan dan Agama Islam, 22(1), 103-124.
Ariyanti, N. S., Sobri, A. Y., & Kusumaningrum, D. E. 2018. Kepemimpinan Kepala Sekolah
Dalam Meningkatkan Partisipasi Masyarakat. JAMP: Jurnal Administrasi dan
Manajemen Pendidikan, 1(1), 1-6.
Arwildayanto, Suking, A. & Sumar, W. T. 2018. Analisis Kebijakan Pendidikan Kajian
Teoritis, Eksploratif dam Aplikatif. Bandung: Cendekia Press.
Ayudia, C. 2020. Upaya Kepala Sekolah dalam Meningkatkanpartisipasi Orang Tua di
SDN Kecamatan Pariaman Utara Kota Pariaman. Jurnal Bahana Manajemen
Pendidikan, 2(1), 100-107.
Boy, D., & Siringoringo, H. 2011. Analisis Pengaruh Akuntabilitas dan Transparansi
Pengelolaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Sekolah (APBS) terhadap
Partisipasi Orang Tua Murid. Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis, 14(2), 79-87.
Budi. 2021. Manajemen Pendidikan Perspektif Islam. Medan: CV. Pusdikra Mitra Jaya.
Febiyanti, V. 2021, Peran Lembaga Swadaya Masyarakat Dalam Upaya Pembangunan Di
Bidang Pendidikan. Di akses di https://www.academia.edu/pada tanggal 22
April 2023.
Guntoro, G. 2020. Supervisi Pengawas dan Kepemimpinan Kepala Sekolah sebagai
Stimulus dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Jurnal Ilmiah Iqra', 14(1), 64-77.
Harun, C. Z. 2013. Manajemen Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Karakter, 4(3),
302-308.
Heriyana, J. 2008. Peran LSM Forum Peduli Pendidikan (FORPPENDIK) dalam
Memonitoring Pendidikan di Kota Depok: studi kasus SDN Tugu 8 Cimanggis.
Skripsi. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.
Ibrahim, H. J., Haris, I., & Arwildayanto, A. 2021. Analisis Penerapan Prinsip Good School
Governance Pada Sekolah Menengah Atas di Kabupaten Pohuwato. Normalita
(Jurnal Pendidikan), 9(3), 562-571.
Masaong, A. K. dan Ansar. 2007 Manajemen Berbasis Sekolah. Teori, Model, dan
Implementasi di Sekolah Dasar. Gorontalo: Nurul Djanah.
Nurfadhillah, S. 2021. Mengenal Pendidikan Inklusi di Sekolah Dasar. Sukabumi: Jejak
Publisher.
Prabandari, D. A. Dkk. 2021. Strategi Humas Meningkatkan Partisipasi Masyarakat
dalam Kegiatan Sekolah. Jurnal Manajemen Pendidikan: Jurnal Ilmiah
Administrasi, Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan, 3(2), 179-191.
Rahayu, S. 2015. Peranan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Cordial Dalam
Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) Pada Tingkat Sekolah Dasar
(SD) Di Kabupaten Barru. Jurnal Sosialisasi Pendidikan Sosiologi-FIS UNM. 2(1),
78-83.
Rahmat, A. 2021. Hubungan Sekolah dan Masyarakat: Mengelola Partisipasi Masyarakat
dalam Peningkatan Mutu Sekolah. Yogyakarta: Zahir Publishing.
Mas, S. R. 2011. Partisipasi Masyarakat dan Orang Tua dalam Penyelengaraan
Pendidikan. Jurnal el-hikmah. 8(2), 184-196.
Saondi, O. dan Sobarudin. 2015. Konsep-Konsep Dasar Menjadi Sekolah Unggul.
Yogyakarta: Deepublish.
Sutedjo, S. 2009. Persepsi Stakeholders Terhadap Transparansi Dan Akuntabilitas
Pengelolaan Keuangan Sekolah (Studi Kasus di Sekolah Menengah Pertama
Standar Nasional Kabupaten Kendal). Tesis. Universitas Diponegoro.
Ucok, R. A., Mas, S. R. & Suking, A. 2021. Kepemimpinan Pembelajaran Kepala Sekolah
Dasar Pada Daerah Terpencil di Kabupaten Tojo Una-Una. Normalita (Jurnal
Pendidikan), 9(3), 448-465.
Uno, H. B., & Lamatenggo, N. 2016. Tugas Guru dalam Pembelajaran: Aspek yang
memengaruhi. Bumi Aksara.
Wijaya, D. 2016. Pemasaran Jasa Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksana.
Copyright (c) 2024 Ulanda Dama, Sitti Roskina Mas, Nina Lamatenggo

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.