Motivasi Mengajar Guru Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Di SMK Kota Gorontalo
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) motivasi intrinsik dan (2) motivasi ekstrinsik yang dimiliki guru dalam mengajar di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri se-Kota Gorontalo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif eksplanatori. Populasi penelitian ini keseluruhan guru SMK se-Kota Gorontalo yang berjumlah 458 guru. Teknik pengambilan sampel menggunakan stratified random sampling sehingga diperoleh sampel sejumlah 138 guru. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) motivasi intrinsik guru di SMK Negeri se-Kota Gorontalo berada pada kategori baik dengan persentase yaitu 86,91, dan(2) motivasi ekstrinsik guru di SMK Negeri Se-Kota Gorontalo berada pada kategori baik dengan persentase 81.
Copyright (c) 2025 Sri Nurdjana Fadelia, Abd Kadim Masaong, Nina Lamatenggo, Darmawan Thalib

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.