Strategi Kepala Madrasah dalam Mewujudkan Madrasah Efektif
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi kepala madrasah dalam (1) pengembangan kurikulum dan pembelajaran, (2) pembinaan prestasi akademik dan non akademik, serta (3) pembinaan kompetensi profesional guru di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kota Gorontalo. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Proses analisis data menggunakan analisis tema dengan alur pemahaman data, penyusunan kode, dan pencarian tema. Uji keabsahan data dilakukan melalui kredibilitas dengan perpanjangan pengamatan, triangulasi, penggunaan bahan referensi, dan member check. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) strategi kepala madrasah dalam pengembangan kurikulum dan pembelajaran dilakukan dengan menjalin kerja sama, (2) strategi kepala madrasah dalam pembinaan prestasi akademik dan non akademik dilakukan dengan memfasilitasi kemampuan siswa dengan 13 organisasi madrasah, serta (3) strategi kepala madrasah dalam pembinaan kompetensi profesional guru dengan melakukan kerja sama dalam pelaksanaan pelatihan, workshop, maupun diklat.
References
Amalia, A., Aminuddin, M. Y., & Samsurrijal, A. (2022). Strategi Pemasaran Pendidikan dalam Meningkatkan Kepercayaan Stakeholder di SMP Al Haddad Kedungjambe Singgahan Tuban. Jurnal Kajian Islam Al Kamal, 2(2).
Arifin, Z. (2011). Konsep dan Model Pengembangan Kurikulum. PT Remaja Rosdakarya Offset.
Dagan, D. (2020). Upaya Pemberdayaan Guru Oleh Kepala Sekolah Guna Meningkatkan Prestasi Kerja Yang Optimal Pada SD Negeri Tumbang Kalemei. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 15(2). https://doi.org/10.33084/pedagogik.v15i2.1702
Dasmala, A. (2011). Konsepsi Manajemen Peningkatan Mutu Dalam Pendidikan. Statement, 1(1).
Hilyati, H., Ridha, Z., & Ramayani, N. (2023). Profesionalisme Guru Dalam Mengoptimalkan Proses Pembelajaran Fiqih Kelas VII Di MTS Swasta Tarbiyah Waladiyah Pulau Banyak Tanjung Pura. Cybernetics: Journal Educational Research and Social Studies, 4(1), 20–30.
Jannah, R., Wisudaningsih, E. T., & Yunita, A. R. (2022). Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru di Madrasah Ibtidaiyah Darul Ulum Suko Seneng krucil. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(4).
Mahmud, Y. (2021). Implementasi Kompetensi Kewirausahaan Kepala Sekolah Dalam Mewujudkan Sekolah Unggul Di SMK 1 Gorontalo. Universitas Negeri Gorontalo.
Mas, S. R. (2017). Profesionalitas Guru Dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Inovasi, 5(2).
Mulyasa, E. (2014). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Remaja Rosdakarya.
Nurdin, S. (2005). Guru Profesional dan Implementasi Kurikulum. Quantum Teaching.
Purwoko, S. (2018). Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah, komitmen guru, disiplin kerja guru, dan budaya sekolah terhadap kinerja guru SMK. Jurnal Akuntabilitas Manajemen
Pendidikan, 6(2). https://doi.org/10.21831/amp.v6i2.8467
Rahman, F. R., Agustina, I. O., Fauziah, I. N. N., & Saputri, S. A. (2022). Pentingnya Keterampilan Dasar Mengajar untuk menjadi Guru Profesional Sekolah Dasar. Jurnal
Pendidikan Dan Konseling, 4(6).
Sulasmi, E., & Akrim, A. (2020). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Siswa Ditinjau Dari Aspek Manajemen Belajar Siswa (Studi Pada Siswa SMP Gajah Mada Medan). Jurnal Manajemen Pendidikan Dasar, Menengah Dan Tinggi [JMP-DMT], 1(1).
Syafaruddin, S., & Asrul, A. (2007). Kepemimpinan Pendidikan Kontemporer. Cita Pustaka Media.
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, JDH BPK RI (2003).
http://citeseerx.ist.psu.edu/viewdoc/download?doi=10.1.1.88.5042&rep=rep1&type=pdf%0Ahttps://www.ideals.illinois.edu/handle/2142/73673%0Ahttp://www.scopus.com/in ward/record.url?eid=2-s2.0- 33646678859&partnerID=40&md5=3ee39b50a5df02627b70c1bdac4a60ba%0Ahtt
Usman, H. (2006). Manajemen, Teori, Praktik, dan Riset Pendidikan. Bumi Aksara.
Wahjosumidjo, W. (2008). Kepemimpinan Kepala Sekolah: Tinjauan Teoritik dan Permasalahannya (1st ed.). Raja Grafindo Persada.
Yusnidar, Y. (2014). Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kinerja Guru Pada MAN Model Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Didaktika, 14(2). https://doi.org/10.22373/jid.v14i2.506
Copyright (c) 2025 Novanda Rahma Utami Sunge, Sitti Roskina Mas, Warni Tune Sumar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.