Pengelolaan Model Pembelajaran Blended Learning: Studi Kasus di Sekolah Menengah Kejuruan Swasta

  • Rifki Alif Mokoagow universitas negeri gorontalo
  • Arifin Suking Universitas Negeri Gorontalo
  • Sulkifly Sulkifly Universitas Negeri Gorontalo
  • Warni Tune Sumar Universitas Negeri Gorontalo
Keywords: Pengelolaan, Model Pembelajaran, Blended Learning

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan (1) perencanaan model pembelajaran blended learning; (2) pelaksanaan model pembelajaran blended learning; dan (3) evaluasi model pembelajaran blended learning di SMK Cokroaminoto Kotamobagu. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan rancangan studi kasus. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Proses analisis data dilakukan melalui kondensasi data, penyajian data dan perarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan (1) perencanaan model pembelajaran blended learning meliputi daring, luring dan blended dengan perancanganRencana Pelaksanaan Pembelajaran yang berorientasi pada kebutuhan siswa dengan penggunaan media atau platform digital; (2) Pelaksanaan model pembelajaran blended learning meliputi penggunaan platform digital, fleksibilitas kegiatan belajar di rumah dengan bimbingan guru, dan menyesuaikan pembelajaran seusai dengan karakteristik siswa; serta (3) Evaluasi model pembelajaran blended learning menggunakan platform digital online, mencari solusi dalam dalam peningkatan kualitas pembelajaran yang akan datang dan melakukan penilaian berbasis tugas dan ujian dengan memanfaatkan teknologi.

References

Anderson, T. (2008). The Theory and Practice of Online Learning. Athabasca University Press.
Hasan, A. 2012. The Effect Of Blended Learning Model On High School Student;s Biology Achievment And On Their Attitudes Towards The Internet. The Turkish Online Journal of Educationa Technology, volume 11, 2012, h.235
Basilaia, G., & Kvavadze, D. (2020). Transition to Online Education in Schools during a SARS-CoV-2 Coronavirus (Covid-19) Pandemic in Georgia. Pedagogical Research, 5(4), em0060
Picciano, A. G. (2009). Blending with Purpose: The Multimodal Model. Journal of Asynchronous Learning Networks, 13(1), 7-18.
Graham, C. R. (2006). Blended Learning Systems. In C. J. Bonk & C. R. Graham, The Handbook of Blended Learning (pp. 3-21). Pfeiffer.
Horn, M. B., & Staker, H. (2015). Blended: Using Disruptive Innovation to Improve Schools. Jossey-Bass.
Skinner, B. F. (2016). Contingencies of reinforcement: a theoretical analysis. BF Skinner Foundation.
Lexy. J. Moleong. (2017). Metodologi penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
Slavin, R. E. (2009). Educational psychology: Theory and practice. Pearson.
Garrison, D. R., & Kanuka, H. (2004). Blended learning: Uncovering its transformative potential in higher education. The internet and higher education, 7(2), 95-105.
Pritchard, A., & Woollard, J. (2010). Psychology for the Classroom: Constructivism and Social Learning. UK: Routledge.
Published
2025-06-12
Section
Articles