Strategi Sekolah dalam Mewujudkan Pembelajaran Menyenangkan: Studi Kasus di Sekolah Dasar Laboratorium UNG

  • Beby Febriani Lamuhu Ung
  • Novianty Djafri Universitas Negeri Gorontalo
  • Intan Abdul Razak Universitas Negeri Gorontalo
  • Sitti Roskina Mas Universitas Negeri Gorontalo
Keywords: Program, Upaya, Pembelajaran, Menyenangkan, SD Laboratorium

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) program pembelajaran yang menyenangkan, dan (2) upaya dalam mewujudkan pembelajaran menyenangkan di Sekolah Dasar (SD) Laboratorium Universitas Negeri Gorontalo (UNG). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Proses analisis data dilakukan dengan tahap pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Program-program pembelajaran menyenangkan di SD Laboratorium UNG antara lain yaitu Billingual, Religious dan ICT; serta (2) Upaya dalam mewujudkan pembelajaran menyenangkan di SD Laboratorium UNG antara lain dengan menggunakan teknologi yang dapat menunjang pembelajaran, melakukan pembelajaran di luar kelas, menciptakan keadaan kelas/lingkungan belajar yang nyaman, menggunakan media belajar tambahan, dan menggunakan teknik mengajar yang bervariasi.

References

Hafiz, L. (2022). Evaluasi Program Pembelajaran Bilingual DI SD Al Zahra Indonesia Kota
Tangerang Selatan (Master's thesis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).
Haryati, D. (2016). Efektivitas pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar
terhadap hasil belajar IPA peserta didik kelas IV SD Inpres BTN IKIP I
Makassar. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 3(2), 80-96
Hatmawati, H. (2022). Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Joyful learning terhadap
Hasil Belajar Matematika pada Materi Bangun Datar Di Kelas III SD Inpres 130
Tarowang Kabupaten Jeneponto (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri
Alauddin Makassar).
Husamah, H. (2013). Pembelajaran Luar Kelas (Outdoor Learning). Research Report.
Indarawati dan Wanwan Setiawan. (2009). Pembelajaran Aktif, Kreatif dan Menyenangkan.
Jakarta: PPPPTK Pers
Junita, S. (2021). Pengaruh Pembelajaran Menyenangkan (Joyfull Learning) terhadap
Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Ekonomi di SMA Negeri 12
Pekanbaru (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau).
Karim, Djein. (2018). Penguatan Lingkungan Sekolah Berbasis Religius di Sekolah Menengah
Pertama (SMP) Muhammadiyah 1 Gorontalo. Prodi Administrasi Pendidikan.
Universitas Negeri Gorontalo
Lafendry, F. (2022). Implementasi ICT Dalam Pembelajaran. Tarbawi: Jurnal Pemikiran Dan
Pendidikan Islam, 5(1), 37-49.
Maulidia, Nur Rahma. (2018). Pengaruh Penerapan Strategi Joyfull Learning Terhadap Hasil
Belajar IPS Siswa Kelas III SD Inpres Andi Tonro Kecamatan Tamalate Kota
Makassar. Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Universitas Muhammadiyah
Makassar
Muis, A. (2015). Implementasi Metode Mengajar Bervariasi dalam Meningkatkatkan Minat
Belajar Peserta Didik Pendidikan Agama Islam di Sekolah. Jurnal Kependidikan
Jurusan Tarbiyah STAIN Watampone, 10(1), 13-30.
Noge, M. D. (2018). Penerapan model pembelajaran bilingual preview-review berbasis e-
flashcard untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar bahasa Inggris siswa
SMP. Journal of Education Technology, 2(1), 13-19.
Nurina. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Joyfull Learning dan Gaya Belajar Terhadap
Hasil Belajar Siswa Pada Materi Koloid di SMAN Baitussalam Aceh Besar. Prodi
Pendidikan Kimia. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam, Banda Aceh.
Pamela, I. S., Chan, F., Fauzia, V., Susanti, E. P., Frimals, A., & Rahmat, O. (2019).
Keterampilan guru dalam mengelola kelas. Edustream: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2),
23-30.
Pinatih, N. P. S. (2020, December). Pembelajaran Menyenangkan dalam Menyongsong Era
Society 5.0. In Prosiding Seminar Nasional IAHN-TP Palangka Raya (No. 1, pp. 64-
76).
Purnasari, P. D., & Sadewo, Y. D. (2020). Pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran sebagai
upaya peningkatan kompetesnsi pedagogik. Publikasi Pendidikan, 10(3), 189-196.
Putra, K. S. (2015). Implmentasi Pendidikan Agama Islam Melalui Budaya Religius (Religious
Culture) Di Sekolah. Jurnal Kependidikan, 3(2), 14-32.
Setiawan, Dwi Rizky. (2017). Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Hasil Belajar Siswa
pada Mata Pelajaran IPA Kelas V di SDN 2 Suwawa. Prodi Pendidikan Guru Sekolah
Dasar. Universitas Negeri Gorontalo
Sofa, S. Z. (2020). Implementasi Pembelajaran Di Luar Kelas Berbasis Keterampilan Berpikir
Kritis Siswa Pada Kelas V Tema 4 Subtema 1 Pembelajaran 4 SDN Ketabang
Surabaya (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA).
Suryadi, A. (2007). Pemanfaatan ICT dalam pembelajaran. Jurnal Pendidikan Terbuka dan
Jarak Jauh, 8(2), 83-98.
Widianto, E. (2021). Pemanfaatan media pembelajaran berbasis teknologi informasi. Journal
of Education and Teaching, 2(2), 213-224.
Yulianti, Niwayan Sefi. (2020). Pengaruh Lingkungan Sekolah terhadap Minat Belajar Siswa
pada Muatan IPS di Kelas IV SDN 4 Telaga Kabupaten Gorontalo. Prodi Pendidikan
Guru Sekolah Dasar. Universitas Negeri Gorontalo
Zuhri, A. S. (2017). Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa
Kelas X MA Ma’arif 06 Seputih Raman Lampung Tengah Tahun Pelajaran
2016/2017. (Doctoral dissertation, IAIN Metro)
Published
2025-06-17
Section
Articles