Hubungan Kecerdasan Intelektual dan Kecerdasan Emosional Dengan Motivasi Belajar Siswa

  • Sasmita S Sakura Universitas Negeri Gorontalo
  • Abd Kadim Masaong Universitas Negeri Gorontalo
  • Ansar Ansar Universitas Negeri Gorontalo
  • Nur Luthfi Ardhian Universitas Negeri Gorontalo
Keywords: Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, Motivasi Belajar Siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji (1) hubungan antara kecerdasan intelektual dengan motivasi belajarsiswa, (2) hubungan antara kecerdasan emosional dengan motivasi belajar siswa, dan (3) hubungan antarakecerdasan intelektual dan kecerdasan emosional dengan motivasi belajar siswa di SMA Negeri 1 Paleleh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Penelitian inimenggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Populasi pada penelitian inimerupakan keseluruhan siswa kelas X yang berjumlah 221 siswa. Teknik pengambilan sampelnya yang digunakan adalah rumus dari slovin sehingga diperoleh jumlah sampel sebesar 100 siswa. Teknik pengumpulandata menggunakan kuesioner (angket). Teknik analisis data menggunakan deskriptif korelasional. Secarakeseluruhan, jika didasarkan pada nilai signifikan 0,05. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Terdapat hubunganpositif dan signifikan kecerdasan intelektual dengan motivasi belajar siswa di SMA Negeri 1 Paleleh denganskor thitung>ttabel (7,465>1,984); dan nilai signifikansi <0,05; (2) Terdapat hubungan antara kecerdasan emosionaldengan motivasi belajar siswa di SMA  Negeri 1 Paleleh dengan skor thitung>ttabel (5.190>1,984); akan tetapihubungannya tidak signifikan karena nilai signifikannya >0.05; dan (3) Terdapat hubungan positif dan signifikan kecerdasan intelektual dan kecerdasan emosional secara simultan dengan motivasi belajar siswa di SMA Negeri 1 Paleleh dengan skor thitung>ttabel (3,090>1,984) dan nilai signifikansi <0,05.

References

Ahamad, Rianti. 2019. “Hubungan Antara Kecerdasan Emosional Dan Motivasi Belajar Pada Siswa Kelas X Jurusan Teknik Kendaraan Ringan Di Smk Piri I Yogyakarta.” (1): 1–14.
A.M, Sardiman (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : PT Rajawali Pers.
Dzulhidayat. 2022. “Hubungan Antara Kecerdasan Emosional Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Biologi Di Sma Negeri 5 Barry.” (8.5.2017): 2003–5.
Fanzuri, Ahmad. 2022. Skripsi Hubungan Kecerdasan Emosional Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Pkn Siswa Kelas Ii Sd Gugus Gajah Mada Kecamatan Gajahmungkur Kota Semarang..Unnes
Goleman, D.(2011). Kecerdasan Emosional. Cetakan Kedua Puluh Satu. Jakarta: PT.Gramedia Pustaka Utama.
Hamzah B. Uno. (2011). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Analisis di Bidang Pendidika. Jakarta. Bumi Aksara
Khairul Hamsyah. 2019. 15 Journal Of Chemical Information And Modeling Hubungan Kecerdasan Intelektual, Motivasi Belajar Dan Frekuensi Belajar Dengan Hasil Belajar Pjok Peserta Didik Di Sman 1 Jetis Bantul Yogyakarta.
Masaong, Abd Kadim. (2019). Supervisi Pembelajaran dan Pengembangan Kapasitas Guru. Bandung: Alfabeta.

Paramita Dewi. 2014. “Hubungan Kecerdasan Emosi Dan Motivasi Belajar Dengan Kemandirian Belajar Siswa Kelas V Sd Negeri Se-Kecamatan Klaten Tengah Tahun 2013/2014.”

Yunas B.S & Rachmawati. (2018). Kemampuan Mengajar Guru dan Motivasi
Belajar Fisika Pada Siswa Di Yogyakarta. Jurnal Psikologi. 1(2).
Published
2025-06-13
Section
Articles