Kapasitas Kepala Sekolah dalam Mengkonstruksi Pembelajaran Kooperatif di Sekolah
Abstract
Penelitian ini bertujuan memberikan gambaran tentang tanggung jawab kepala sekolah untuk mengawasi guru-guru dalam penggunaan pembelajaran kooperatif; memaparkan kapasitas kepala sekolah dalam mendorong penggunaan pembelajaran kooperatif; dan mewakili kemampuan kepala sekolah untuk menilai program pembelajaran kooperatif. Jenis penelitian ini adalah studi kasus pada SMP Negeri 1 Kota Solok. Sumber data penelitian ini terdiri dari informasi yang diberikan oleh subjek penelitian selama wawancara, tindakan yang diambil oleh subjek penelitian, dan dokumen yang berkaitan dengan pembelajaran kooperatif. Data yang di peroleh dilakukan pengecekkan keabsahan data dengan metode trianggulasi. Wawancara, observasi, dan studi dokumentasi adalah semua sumber data yang digunakan dalam penelitian ini. Data selanjutnya dianalisis agar proses penyusunan data bisa ditafsirkan dan disimpulkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah bertindak sebagai pemimpin dan manajer Ketika mereka mengawasi guru terutama menggunakan pembelajaraan kooperatif. Hal ini direalisasikan dalam bentuk rapat dan forum diskusi, melakukan pengawasan, pembinaan, membangun hubungan yang baik, membimbing secara individual dan kelompok. Penelitian ini menunjukkan kapasitas kepala sekolah dalam mengkonstruksi pembelajaran kooperatif lewat perannya sebagai leader dan manajer dalam lingkungan sekolah yang dipimpinnya.
References
andriani. (2018). The influence of the transformational leadership and work motivation on teachers performance. The influence of the transformational leadership and work motivation on teachers performance.
Bafadal, I. J. (2018). Principal Leadership and its Relationship with Student Learning Achievements: A Regression Analysis. 3rd International Conference on Educational Management and Administration (CoEMA 2018), 156-158.
Burhanuddin. (2019). The Scale of School Organizational Culture in Indonesia. International Journal of Educational Management,, 1582-1595.
Febriani, A., Azizah, Y., Satria, N., & Setiawati, M. (2023). Strategi Guru Terhadap Pendidikan Kritis Dalam Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Binagogik, 10(2), 331–339. https://doi.org/10.61290/pgsd.v10i2.554
Milles.A, M. e. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. sage.
Rachma, Y. E., Mokan, A., Badriyyah, E. S. R., Gusliana, E., & Tawil, M. R. (2023). The Effect of Principal Transformational Leadership and Motivation on Performance of Teacher in Islamic Elementary School. Journal on Education, 5(3), 7043–7056. https://doi.org/10.31004/joe.v5i3.1493
Rahmadhani, D. T., Wahyuni, S. W., & ... (2024). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Di SMPN 1 Tanjung Raya. … Jurnal Multidisiplin Ilmu, 2, 296–298. https://gudangjurnal.com/index.php/gjmi/article/view/531%0Ahttps://gudangjurnal.com/index.php/gjmi/article/download/531/490
Rahmi, A. (2019). The transformational leadership of school principals, organisational climate and the professional attitudes of teachers. International Journal of Innovation, Creativity and Change, 30-45.
Setiawati, M., Imron, A., Wiyono, B. B., & Burhanuddin. (2020). An exploration of visionary leadership behaviours in Indonesia: The values of local Minangkabau Wisdom. International Journal of Innovation, Creativity and Change, 13(4), 1223–1240.
Setyaningsih, A., Handayani, E. S., Solissa, E. M., & Sapulete, H. (2023). The Instrumental Role of Principal Leadership in Efforts to Improve The Quality of. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 5, 1954–1961.
Sakerani., I. A. (2019). A Synergy of Headmaster Leadership and Teacher Working Motivation with Public Junior High School Teacher Performance in Banjarmasin City. International Journal of Innovation, Creativity and Change, 476-492.
Usman, H., Mudhofir, M., & Gusmian, I. (2023). The Important Role of Academic Supervision in Improving the Quality of Education. Kontigensi : Jurnal Ilmiah Manajemen, 11(2), 704–716. https://doi.org/10.56457/jimk.v11i2.459
Tran, V. D. (2019). Does Cooperative Learning May Enhance the Use of Students' Learning Strategies?. 78-88: International Journal of Higher Education.
Copyright (c) 2025 Merika Setiawati, Lusi Susanti, Widiawati Widiawati, Luthfiani Luthfiani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.