Pengelolaan Program Tahfidzul Qur'an

  • Nurfaristi Ahmad Ahmad MTs Wahdah Islamiyah Bone-Bolango
  • Besse Marhawati Universitas Negeri Gorontalo
  • Arifin Arifin Universitas Negeri Gorontalo
Keywords: Pengelolaan, Program, Tahfidzul-Qur'an

Abstract

Pengelolaan program tahfidzul Qur’an merupakan bagian dari upaya lembaga dalam membentuk peserta didik yang berakhlak Qur’ani dan memiliki kemampuan hafalan Al-Qur’an yang baik. Pengelolaan program tahfidzul Qur’an yang baik, dapat menghasilkan para penghafal Al-Qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) perencanaan program tahfidzul Qur’an; (2) pelaksanaan program tahfidzul Qur’an; dan (3) evaluasi program tahfidzul Qur’an di MTs Wahdah Islamiyah Bone Bolango. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan rancangan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan kriteria pengujian metode dengan menggunakan triangulasi sumber dan trianggulasi metode. Tahap-tahap penelitian terdiri dari tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap pelaporan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan program tahfidz Qur’an yaitu meghafal, muroja’ah, dan tasmi’, program menghafal dilaksanakan di dalam kelas selama tiga jam dibimbing langsung oleh guru tahfidz, dengan target hafalan 15 juz: (2) Pelaksanaan program tahfidzul Qur’an yang menggunakan metode yang efektif yaitu metode talaqqi, sima’i, wahdah, kitabah, dan talqin; dan (3) Evaluasi dilakukan setiap pekan dan di setiap bulan untuk melihat jumlah siswa yang mencapai target dan yang tidak mencapai target.

References

Ashiong, M. (2015). Pentingnya Evaluasi Program Di Institusi Pendidikan: Sebuah Pengantar, Pengertian, Tujuan Dan Manfaat. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, Vol. 05, No. 02, Halaman 1-14.
Dahliana & Mario K, (2022). Pengelolaan model pembinaan tahfidz qur’an di SMA muhammadiyah 18 sunggal. Educate: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pengajaran 1. Halaman 18-33.
Hardiansah & Yosi H. (2023). Pelaksanaan Program Tahfidz Qur’an dalam Meningkatkan Nilai-Nilai Religius pada Anak." Vol. 05, No. 02, Halaman 3635-3643
Hidayah & Nurul (2022). Pengelolaan Program Tahfidzul Quran di Dayah Madrasah Ulumul Qur’an Pagar Air Aceh. Dayah: Journal of Islamic Education, vol. 5
Keswara & Indra (2017). Pengelolaan Pembelajaran Tahfidzul Qur’an di Pondok Pesantren Al-Husain Magelang."
Lisnawati. (2022). Pengelolaan Tahfidz Al-Qur’an di SMP Islam Terpadu Khazanah Sungai Pinang Kecamatan Pujud, Riau
Mulyasa, E. (2013). Manajemen Berbasis Sekolah: Konsep, Strategi, dan Implementasi. Jakarta: PT Remaja Rosdakarya.
Maynurjanah & Putri, R. (2024). Pengaruh Program Tahfidzul Qur’an Terhadap Minat Peserta Didik Masuk di Pesantren Hidayatullah Madiun. Diss. IAIN Ponorogo
Malik, M. I. (2022) Strategi Kepala Madrasah dalam pengelolaan program Tahfidzul qur’an di Madrasah Al Amiriyah Tegalsari banyuwangi.
Mohammad & Fiki, K. M. (2024). Efektivitas Pembelajaran Tahfidzul Qur’an dalam Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Siswa di Madrasah Tsanawiyah Insan Qur’ani Ranulogong Lumajang. Nusantara: Indonesian Journal of Islamic Studies 4.1 Halaman 63-76.

Susanti, Fira N. Ulva R. & Sefriwandi, (2023). Implementasi Program Tahfiz Al-Qur’an Terhadap Pengembangan Spritual Siswa SMP Islam Al-Ishlah Bukittinggi. Educational Journal: General and Specific Research 3.3 Halaman 810-817.

Sari, L. (2023) Strategi Pengelolaan Rumah Tahfidz Dalam Meningkatkan Hafalan Santri Tahfidz Al-Qur’an Qurrata’ayun di Kota Palopo

Tajudin, A. & Andika A. (2020). Strategi Kepala Madrasah.. dalam Membangun Budaya Religius Peserta Didik. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, Vol. 01, No. 02, Halaman 101-110.

Wibowo, A. & Ahmad Z, S. (2020). Strategi Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Indonesian Journal of Islamic Educational Management, Vol. 05, No. 02 , Halaman 108-116
Yusuf. M, (2019). Implementasi Program Tahfidzul Qur’an Bagi Peserta Didik Smp Islam Al-Irsyad Kabupaten Cilacap. Diss. IAIN Purwokerto.

Yeti, O. Anis Z, & Rijal, F. (2023). "Manajemen Kurikulum Taman Pendidikan Qur’an (TPQ) Dalam Meningkatkan Baca Tulis Alqur’an (Studi TPQ Al-Mujahidin dan TPQ Al-Muawwanah Kota Serang). Innovative: Journal Of Social Science Research 3.5 Halaman 4373-4381.
Published
2025-05-27
Section
Articles