Analisis Pengelolaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam Mendukung Digitalisasi Pembelajaran
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) kekuatan sekolah dalam pengelolaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam mendukung digitalisasi pembelajaran; (2) kelemahan sekolah dalam pengelolaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam mendukung digitalisasi pembelajaran; (3) peluang dari integrasi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam digitalisasi pembelajaran; (4) ancaman yang mungkin muncul dalam pengelolaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam mendukung digitalisasi pembelajaran; (5) strategi pengelolaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam mendukung digitalisasi pembelajaran di SMP Negeri 2 Kota Gorontalo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus. Peneliti menggabungkan metode analisis dengan menggunakan analisis setiap kasus dengan analisis SWOT. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Proses analisis data dilakukan dengan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aspek internal yaitu kekuatan sekolah mulai infrastruktur TIK, kurikulum, dan sistem keamanan sudah mendukung pembelajaran berbasis digital. Namun terdapat kelemahan yaitu infrastruktur TIK secara jumlahnya sudah lengkap, namun dalam pemrograman belum kompatibel. Adapun aspek eksternal melalui dukungan pemerintah, pemanfaatan sistem pembelajaran online dan keterlibatan orang tua memberikan kesempatan bagi sekolah untuk meningkatkan digitalisasi pembelajaran di lingkungan sekolah. Namun, terdapat tantangan dalam digitalisasi pembelajaran yaitu sering terjadi perubahan kurikulum, terjadi kesalahan teknis saat pembelajaran.
References
Epstein, J. L. (2011). School, family, and community partnerships: Preparing educators and improving schools. Routledge.
Fullan, M. (2012). Change forces: Probing the depths of educational reform. Routledge.
Graham, M. (2013). Geography / Internet: Ethereal alternate dimensions of cyberspace or grounded augmented realities. The Geographic Journal, 179(2), 177-182.
Lamatenggo, N., Ansar, A., Arwildayanto, A., & Sumar, W. (2023). The Role of Teachers’ Teaching Performance in Bolangitang Barat Elementary School: Competency, Motivation, and Teacher-Training Education. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 15(4), 5408-5417.
Lamatenggo, N., Abubakar, I., & Razak, I. A. (2019). Analisis Pemenuhan Standar Sarana dan Prasarana Sekolah. PEDAGOGIKA, 10(2), 59-71.
Ornstein, A. C., & Hunkins, F. P. (2018). Curriculum: Foundations, principles, and issues (7th ed.). Pearson Education Limited.
Selwyn, Neil. 2011. Education and Technology Key Issues and Debates. India: Replika Press Pvt Ltd.
Setyawan, S. (2019). Mengajar Digital Natives: Tantangan bagi Dunia Pendidikan. Academia. Edu.
Siemens, G., & Gašević, D. (2012). Special Issue on Learning and Knowledge Analytics. Educational Technology & Society, 15(3), 1–163.
Westerman, G. et. al. (2011); Digital Transformation: A Roadmap for Billion-Dolllar Organization; MITSloan Management Review
Copyright (c) 2025 Dike Farid Demanto, Nina Lamatenggo, Arifin Arifin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.