Pemanfaatan Aplikasi Quizizz Dalam Mendukung Pembelajaran Berbasis Deep Learning
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pemanfaatan aplikasi Quizizz dalam mendukung pembelajaran berbasis deep learning di Sekolah Dasar Negeri se-Kecamatan Telaga, dengan fokus pada tiga pendekatan: mindful learning, meaningful learning, dan joyful learning. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif eksplanatori, melibatkan 33 guru yang secara langsung menerapkan Quizizz dalam pembelajaran. Data dikumpulkan melalui angket skala Likert, observasi, dokumentasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan Quizizz untuk mindful learning dan meaningful learning berada pada kriteria baik, karena membantu siswa fokus, meningkatkan kesadaran, serta mengaitkan materi dengan pengetahuan sebelumnya. Sementara itu, pemanfaatan Quizizz untuk joyful learning mendapat penilaian sangat baik, karena menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, interaktif, dan memotivasi siswa. Secara keseluruhan, Quizizz terbukti efektif dalam mendukung keterlibatan aktif siswa dan pengalaman belajar yang positif, serta menjadi alat yang potensial untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan profesionalisme guru.
References
Anwar, V. N., Herlina, S., & Juandi, D. (2023). Dalam Pembelajaran Di Smpn 37 Pekanbaru. 3(1), 54–63.
Khotimah, M. R. A. (2025). Analisis Pendekatan Deep Learning untuk Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran PAI di SMKN Pringkuku. 5, 866–879.
Nuriya, K. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Aplikasi Quizizz Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas Vii Di Mts Negeri 2 Bandar Lampung. Αγαη, 15(1), 37–48.
Putri, R. (2024). Inovasi Pendidikan dengan Menggunakan Model Deep Learning di Indonesia. 2(2), 69–77.
Salsabila, U. H., Habiba, I. S., Amanah, I. L., Istiqomah, N. A., & Difany, S. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Quizizz Sebagai Media Pembelajaran Ditengah Pandemi Pada Siswa SMA. Jurnal Ilmiah Ilmu Terapan Universitas Jambi, 4(2), 163–172. https://doi.org/10.22437/jiituj.v4i2.11605
Wathon, A. (2024). Kesesuaian Kurikulum Merdeka dengan Kurikulum Deep Learning. 4, 1280–1300.
Copyright (c) 2025 Putri Patricia Latodjo, Abd Kadim Masaong, Besse Marhawati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.