Kearifan Lokal dan Merdeka Belajar: Studi Kasus Internalisasi Nilai Budaya Gorontalo di Sekolah Menengah Atas

  • Rahmat Daeng Masaro Universitas Negeri Gorontalo
  • Arifin Arifin Universitas Negeri Gorontalo
  • Intan Abdul Razak Universitas Negeri Gorontalo
Keywords: Internalisasi nilai, Kearifan lokal, Profil Pelajar Pancasila, Kurikulum Merdeka, Merdeka Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan menggambarkan bagaimana nilai-nilai kearifan lokal diinternalisasikan dalam implementasi Merdeka Belajar di SMA Negeri 2 Tilamuta, meliputi penerapannya dalam pembelajaran, pengelolaan, dan evaluasi. Menggunakan pendekatan kualitatif studi kasus, data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, dianalisis dengan kondensasi data, penyajian, dan penarikan kesimpulan, serta divalidasi melalui triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai kearifan lokal seperti Tolopani, Pohutu Motimamango/Langgo, Huyula Ambu, Tari Saronde, Pogogulila Lo Lipu, Mo Dua Ngaamila, dan Walima—yang memuat nilai moral, adat, gotong royong, seni-budaya, sejarah, dan religi—diformulasikan bersama guru dan staf, lalu disosialisasikan. Internalisasi dilakukan melalui kegiatan intrakurikuler, ekstrakurikuler, dan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Evaluasi menunjukkan peningkatan kompetensi pedagogis dan sosial guru, serta tertanamnya nilai budaya pada siswa yang tercermin dalam karakter positif, kebanggaan terhadap identitas daerah, dan partisipasi aktif dalam kegiatan sosial-budaya.

References

Dwijayanto, R., Windyantika, M., Dwiki, F., Putri, H., Pramesti, A. E., Permatasari, D., & Dayu, K. (2022). Kegiatan Ekstrakurikuler Berbasis Kearifan Lokal Untuk Menumbuhkan Karakter Sosial Siswa Sd. Seminar Nasional Bahasa, Sastra, Seni, Dan Pendidikan Dasar 2 (SENSASEDA) 2 STKIP PGRI BANJARMASIN, 2(November), 327–334.

Fikri, N., Azzaki, S., Dimas, M., Rohman, A., & Afandi, M. F. (2025). Strategi Guru Dalam Mengintegrasikan Pendidikan Karakter Melalui Kurikulum Pendidikan Agama Islam. 2(1), 23–31.

Fitria, R., & Indrawadi, J. (2025). Internalisasi nilai-nilai pendidikan karakter pada kurikulum merdeka belajar SMA.

Hasan, R. (2024). GORONTALO PADA MATA PELAJARAN SEJARAH. Nidn 0002027011.

Maharani, S. T., & Muhtar, T. (2022). Implementasi Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Karakter Siswa. Jurnal Basicedu, 6(4), 5961–5968.

Njatrijani, R. (2018). 3580-10649-3-Pb. Gema Keadilan, 5(September), 16–31.
Purwani, R., & Mustikasari, D. (2024). Media Untuk Membentuk Karakter Siswa Sekolah. 12, 40–50.

Rasid Yunus, S. K. (2024). Pendidikan Karakter Bagi Siswa Berbasis Kearifan Lokal Di Sma Negeri 1 Gorontalo. In Αγαη (Vol. 15, Issue 1).

Suarningsih, N. M. (2019). Peranan pendidikan berbasis kearifan lokal dalam pembelajaran di sekolah. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 23–30.

Yusrianti, Tang, J., Manda, I., Tang, S., & Subehan, S. (2023). Implementasi Nilai Dalam Penguatan Karakter Melalui Budaya Sekolah Berbasis Kearifan Lokal. Visi Sosial Humaniora, 4(1), 18–28.
Published
2025-08-13
Section
Articles