Membangun Daya Saing Sekolah Melalui Empat Dimensi Kepemimpinan Transformasional
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kepemimpinan transformasional kepala Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia Gorontalo dalam meningkatkan daya saing madrasah. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui pengumpulan, reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan, dengan pengecekan keabsahan melalui perpanjangan pengamatan serta triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Idealized Influence tercermin dari keteladanan nilai, etika, dan integritas melalui program Al-Kahfi Time yang membentuk budaya spiritual; (2) Inspirational Motivationdiwujudkan melalui pembangunan visi, pelatihan pemberdayaan guru, dan penguatan budaya berprestasi siswa; (3) Intellectual Stimulation terlihat pada dorongan inovasi, pemikiran kritis, dan kurikulum berbasis riset dalam lingkungan yang kreatif; (4) Individualized Consideration ditunjukkan dengan perhatian personal melalui program Asesmen Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan (AKGTK), yang mendukung pengembangan potensi individu. Kepemimpinan ini terbukti mendorong kemajuan madrasah secara holistik.
References
Bass, B. M., & Avolio, B. J. (1994). Improving organizational effectiveness through transformational leadership. Thousand Oaks, CA: Sage Publications.
Bashori, B. (2019). Kepemimpinan Transformasional Kyai Pada Lembaga Pendidikan Islam. Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(2).
Bernard M. Bass, Ronald E. Riggio (2006) . Kepemimpinan transformasional.
Handoko, H., & Tjiptono, F. (1996). Kepemimpinan transformasional dan pemberdayaan. Journal of Indonesian Economy and Business (JIEB), 11(1).
Julaiha, S. (2019).Konsep kepemimpinan kepala sekolah.
Karwanto, K. Peran Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dalam Mewujudkan Pendidikan Karakter di Sekolah.
Kristina, A. (2017). Pengaruh Stimulasi Intelektual Dan Motivasi Inspirasional Terhadap Kinerja Guru Sma Yadika Kota Tangerang (Doctoral dissertation, Universitas Mercu Buana Jakarta).
Moleong, L. J. (2006). A. Metode Penelitian.
Miner, J. B. (2015). Organizational behavior 1: Essential theories of motivation and leadership. Routledge.
Maris, I. S., Komariah, A., & Bakar, A. (2016). Kepemimpinan transformasional kepala sekolah, kinerja guru dan mutu sekolah. Jurnal Administrasi Pendidikan, 13(2).
Nafal, Q., Maunah, B., & Patoni, A. (2024). Hakikat Kepemimpinan Transformasional. IHSANIKA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(3), 45-58.
Northouse, P. G. (2016). Leadership: Theory and Practice (7th ed.). Thousand Oaks, CA: Sage Publications.
Putri, S. E. (2019). Motivasi Inspirasional, Budaya Inovasi, Keterlibatan Kerja Dalam Meningkatkan Perilaku Inovatif Sdm Di Sektor Industri Mebel (Doctoral dissertation, Universitas Islam Sultan Agung).
Prayoga, A., Muharomah, R., & Sutarti, S. (2019). Implementasi Kepemimpinan Transformatif Kepala Madrasah Aliyah Ma’Arif Cilageni Kadungora. Attaqwa: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 15(1), 33-44.
Qudsiyyah, A., Fahrurrozi, F., & Subki, S. (2024).Gaya Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dalam Peningkatan Mutu Pendidikan di SDN 1 Gadung Mas Kecamatan Sakra Barat. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(1), 499-505.
Rismaya, M. (2017). Implementasi Kepemimpinan Transformatif Kepala Madrasah (Penelitian di Madrasah Aliyah Ma’arif Cilageni Kadungora Garut) (Doctoral dissertation, Uin Sunan Gunung Djati Bandung).
Robbins, S. P., & Judge, T. A. (2019). Organizational Behavior (18th ed.). Boston: Pearson.
Yukl, G. (2013). Leadership in Organizations (8th ed.). Boston: Pearson Education.
Copyright (c) 2025 Sonya Angelina Matiko, Abd Kadim Masaong, Besse Marhawati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.