Optimalisasi Pengelolaan Laboratorium Komputer dalam Upaya Peningkatan Literasi Digital Siswa
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan optimalisasi pengelolaan Laboratorium Komputer dalam meningkatkan literasi digital siswa di SD Laboratorium Universitas Negeri Gorontalo, ditinjau dari: (1) ketersediaan sarana dan prasarana, (2) program kerja, dan (3) layanan laboratorium. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif eksplanatori, melibatkan 32 responden. Data dikumpulkan melalui kuesioner skala Likert, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kriteria penilaian terdiri atas sangat optimal hingga sangat tidak optimal, dengan kategori optimal pada rentang 81–90%. Hasil penelitian menunjukkan: (1) ketersediaan sarana dan prasarana berada pada kategori optimal, dengan fasilitas komputer, jaringan internet, pendingin ruangan, dan ruang laboratorium yang memadai; (2) program kerja laboratorium dirancang terstruktur, memudahkan siswa memahami penggunaan teknologi digital; dan (3) layanan laboratorium berada pada kategori optimal, mendorong siswa lebih aktif dan mandiri dalam memanfaatkan teknologi informasi untuk pembelajaran. Temuan ini menegaskan bahwa pengelolaan laboratorium yang optimal berkontribusi signifikan terhadap peningkatan literasi digital siswa.
References
Al Hawa, S. A. (2024). Peran Guru Sebagai Fasilitator Dalam Meningkatkan Literasi Digital Pada Pelajaran TIK di Mts Darul Huda Mayak. Muaddib: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(02), 55–60.
Darmanto, D., Wahyudi, E., Pratiwi, M., & Sari, C. N. (2022). Implementasi sistem informasi dalam upaya optimalisasi pengelolaan laboratorium komputer jurusan teknik informatika politap. Applied Information Technology and Computer Science (AICOMS), 1(1), 1–8.
Ikhlas, S., & Suyanta, S. (2024). Peningkatan literasi digital siswa di min 11 banda aceh melalui peran aktif guru dalam menerapkan teknologi informasi sebagai sarana pembelajaran efektif. TADBIRUNA, 4(1), 151–159.
Maisarah, S. (2024). Pengelolaan Fungsionalitas Sarana dan Prasarana di Laboratorium Komputer SMA. Journal of Islamic Education Leadership, 4(2), 166–177.
Puspitasari, V. D., Karwanto, K., Sumbawati, M. S., Hariyanti, N., & Roesminingsih, E. (2024). Pengaruh Penggunaan Internet, Pemanfaatan Laboratorium Komputer, dan Literasi Digital terhadap Hasil Belajar. Journal of Education Research, 5(3), 2687– 2693.
Safitri, A., & Rosidah, R. (2016). Pengelolaan Sarana Laboratorium Komputer Di SMP Negeri 13 Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta.
Suseno, E., Kurniadi, E., & Irawan, D. (2024). Pengembangan Aplikasi Pengelolaan Laboratorium Komputer Dengan Menggunakan Metode Content Based Filtering Berbasis Web. Nuansa Informatika, 18(1), 28–33.
Wijaya, K., Niswah, C., & Rohman, A. (2024). Pelaksanaan Pemeliharaan Laboratorium Komputer SMAN 21 Palembang. Journal of Law, Administration, and Social Science, 4(3), 472–478.
Copyright (c) 2025 Sitti Sarmika Pakaya, Arwildayanto Arwildayanto, Sulkifly Sulkifly

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.