Hubungan Kompetensi Professional dan Pelayan Prima dengan Kinerja Pegawai

  • Dessy Sabriyani Kahar Universitas Negeri Gorontalo
  • Ansar Ansar Universitas Negeri Gorontalo
  • Arifin Arifin Universitas Negeri Gorontalo
Keywords: Kompetensi Professional;, Pelayanan Prima, Kinerja Pegawai

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui: 1) Hubungan kompetensi profesional dengan kinerja pegawai di Dinas Pendidikan Kota Gorontalo. 2) Hubungan pelayanan prima dengan kinerja pegawai di Dinas Pendidikan Kota Gorontalo. 3) Hubungan antara kompetensi profesional dan pelayanan prima dengan  kinerja pegawai di Dinas Pendidikan Kota Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif dengan teknik korelasional. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Kompetensi professional dengan kinerja pegawai memiliki hubungan yang positif dengan koefisien korelasi 73,96%. 2) Pelayanan prima dengan kinerja pegawai memiliki hubungan yang positif dengan koefisien korelasi 75,69%. 3) Kompetensi professional dan pelayanan prima dengan kinerja pegawai memiliki hubungan yang positif dengan koefisien korelasi 88,9%. Untuk itu disarankan: 1) Bagi Kepala Dinas diharapkan mendesain program untuk mengembangkan kompetensi professional, pelayanan prima yang tinggi dan kinerja pegawai yang berkesinambungan di instansi yang dipimpin. 2) Bagi pegawai diharapkan meningkatkan kompetensi professional guna memberikan pelayanan prima dalam memperbaiki kinerja. 3) Bagi peneliti diharapkan dapat memperkuat kemampuan menganalisis mengenai kompetensi professional dan pelayanan prima dengan kinerja pegawai dengan menggunakan sampel yang lebih besar.

References

Agus, 2008. Manajemen Kinerja Teori dan Aplikasi. Bandung: CV.Alfabeta.
Anoraga dan Suyati. 2009. Manajemen Kualitas. Yogyakarta: Andioffset.
Armanto, Ichsan Dwi. 2018. Pengaruh Dimensi Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Indihome Triple Play. E-journal Manajemen Unud. 7(3):1282-1309
Asrin. 2011. Profesionalisme Manajemen Pendidikan. Gorontalo: Ideas Publishing.
Barata, Atep Adya. 2003. Dasar-dasar Pelayanan Prima. Jakarta: Gramedia
Bintoro. 2014. Konsumen dan Pelayanan Prima. Yogyakarta: Gaya Media.
Bismawati. 2016. Pengaruh Kinerja Pegawai Terhadap Kualitas Pelayanan Publik di Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Mamuju Utara. Jurnal Katalogis. 3(4):2302-2019
Darsoni, dkk. 2017. Profesionalisme Aparatur Dalam Pemberian Pelayanan Publik di Bagian Ekonomi Sekretariat Daerah Kabupaten Kutai Barat. E-journal Administrative Reform. 5(1):160-169
Daryanto, dan Setyobudi, I. 2014. Konsumen dan Pelayanan Prima. Yogyakarta: Gava Media
Debora, Stevi, dkk. 2016. Pengaruh Pelayan Prima dan Profesionalisme Kerja Pegawai Terhadap Kepuasan Masyarakat (Studi Pada Kantor Kelurahan Padang Sarai Kecamatan Koto Tangah Padang). Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan. 1(7) : 2086-5031
Djafri, Novianty, 2018. Manajemen Pelayanan (Berbasis Revolusi Mental). Gorontalo: Ideas Publishing.
Hasibuan, Malayu Sutan Parlaguat. 2005. Dasar-Dasar Pelayanan. Jakarta: Bumi Aksara.
Komara, Endang. 2019. Kompetensi Profesional Pegawai ASN (Aparatur Sipil Negara) di Indonesia. Jurnal Indonesia untuk Kajian Pendidikan. 4(1):73-84
Malayu, Hasibuan. 2010. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.
Manik, Ester. 2014. Pengaruh Kompetensi dan Kompensasi Terhadap Kepuasan Kerja Serta Implikasinya Pada Kinerja Paramesia di Rumah Sakit Cibabat Kota Cimahi. Jurnal Ekonomi, Bisnis & Entrepreneurship. 2(8):62-72.
Masaong, A.K dan Tilome. 2014. Kepemimpinan Pendidikan Berbasis Multiple Intelegence. Bandung: Alfabeta.
Moenir, H. AS. 2007. Manajemen Pelayanan Umum Di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.
Nasution, M. N. 2005. Manajemen Mutu Terpadu (Total Quality Management). Bogor: Ghalia Indonesia.
Nawawi. 2007. Kinerja dan Manajemen. Jakarta:PT Radja Grafindo Persada.
Prayogi, Geni. 2018. Analisis Pengaruh Pelayanan Prima Terhadap Kepuasan Pengguna Jasa Kereta Penumpang ditinjau Dari Perspektif Ekonomi Islam. Tesis. Program Magister (S2) UIN Raden Intan Lampung. Lampung.
Rahmayanty, Nina. 2010. Manajemen Pelayanan Prima. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Ratmintoa. Dan Winarsih Septi Atik. 2005. Manajemen Pelayanan, Pengembangan Model Konseptual, peneapan citizen’s charter dan standar pelayanan minimal. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Sari, Rizka Novita, dkk. 2018. Pengaruh Komptensi Terhadap Kinerja Dimoderasi Profesionalisme Karyawan. Jurnal Organisasi dan Manajemen. 19-30.
Satori, dkk. 2001. Metode Penelitian Kuantitif dan Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Sinamo, Jansen. 2005. Delapan Etos Kerja Profesional; Navigator Anda Menuju Sukses. Bogor: Grafika Mardi Yuana.
Wardhana, R M Doni HA. 2016. Upaya Meningkatkan Kinerja dengan Cara Memberikan Motivasi Kerja dan Menumbuhkan Komitmen Organisasional Pegawai Dinas Perhubugan Provisi Jawa Barat. Journal of Business Management Educatin. 1(2) : 91-96
Windura, Bobbie. 2017. Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Profesionalisme, Lingkungan Kerja dan Kecerdasan Emosioal Terhadap Kinerja Pengelola Keuangan (Studi Pada SKPD Kota Dumai). Journal of management. 4(1) : 1022-1036
Published
2021-09-18
Section
Articles