Kesiapan Sekolah dalam Pengelolaan Model Pembelajaran hybrid Learning di SMA Kota Gorontalo
Abstract
Penelitian ini tentang kesiapan sekolah dalam pengelolaan model pembelajaran hybrid learning di SMA Kota Gorontalo yang bertujuan untuk mengetahui: (1) Kesiapan kurikulum dalam pengelolaan model pembelajaran hybrid learning, (2) Kesiapan sarana dan prasarana sekolah dalam pengelolaan model pembelajaran hybrid learning, (3) Kesiapan pendidik dan tenaga kependidikan dalam pengelolaan model pembelajaran hybrid learning, dan (4) Kesiapan siswa untuk mengikuti pembelajaran hybrid learning. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian yaitu deskriptif eksplanatori. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik kuesioner (angket), wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dengan menggunakan formulasi persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kesiapan kurikulum dalam pengelolaan model pembelajaran hybrid learning berada pada kategori sangat siap, (2) Kesiapan sarana dan prasarana sekolah dalam pengelolaan model pembelajaran hybrid learning berada pada kategori siap, (3) Kesiapan pendidik dan tenaga kependidikan dalam pengelolaan model pembelajaran hybrid learning berada pada kategori siap, dan (4) Kesiapan siswa untuk mengikuti pembelajaran hybrid learning berada pada kategori siap. Untuk itu disarankan: (1) Kepala sekolah diharapkan dapat meningkatkan kesiapan sarana dan prasarana, kesiapan pendidik dan tenaga kependidikan, dan kesiapan siswa agar lebih siap dalam pembelajaran hybrid learning dan juga dapat mempertahankan kesiapan kurikulum, (2) Tenaga pendidik dan tenaga kependidikan diharapkan kreatif dan inovatif dalam mengembangkan pembelajaran dengan mengintegrasikan teknologi sehingga lebih siap dalam pelaksanaan pembelajaran hybrid learning, (3) Siswa diharapkan dapat meningkatkan kemampuannya di bidang teknologi, informasi dan komunikasi sehingga lebih siap mengikuti pembelajaran hybrid learning, dan (4) Peneliti lainnya diharapkan dapat memperdalam kembali penelitian ini khususnya pada aspek-aspek yang belum dikaji oleh peneliti.
References
Arsyad, A., & Sulfemi, W.B. 2018. Metode Role Playing Berbantu Media Audio Visual Pendidikan dalam Meningkatkan Belajar IPS. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia. 3 (2). 41 – 46.
Demirci, N. 2007. A Study About Students’ Misconceptions in Force and Motion Concepts by Incorporating a Web-Assisted Physics Program. The Turkish Online Journal of Education Technology (TOJET). Vol.4.
Dwi, B., Amelia, A., Hasanah, U., and Putra A.M. 2020. Analisis Keefektifan Pembelajaran Online Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 2 (1): 3.
Hamalik, O. 2015. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Horzum, dkk. 2015. Structural Equation Modeling towards Online Learning Readiness, Academic Motivations, and Perceived Learning. Kuram ve Uygulamada Egitim Bilimleri 15(3): 759–70.
Husni, A., Juanda, E.A., & Hamidah, I. 2010. Model Pembelajaran Kooperatif Berbantuan Web pada Materi Fluida Statis untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa SMA. Prosiding Seminar Nasional Fisika 2010. p 451-458.
Husamah. 2014. Pembelajaran Bauran (Blended Learning). Jakarta : Prestasi Pustakarya.
Jusoff, K. & Khodabandelou, R. 2009. Preliminery study on the role of social presence in blended learning environment in higher education. (Versi elektronik). Pengaruh Penerapan Model Blended Learning. Journal of International Education Studies., vol 2 no 4, 82.
Karwati, dkk. 2014. Manajemen Kelas. Bandung: Alfabeta.
Kaye, T. 2003. Blended Learning How To Integrate Online and Traditional Learning. United States: Kogan Page.
Lavonen, J. 2005. Learning and the use of ICT in Science Education. Effective use of ICT in Science Education (EU-ISE).
Resta, P., & Laferriere, T. 2007. Technology in Support of Collaborative Learning. Education Psychology Rev. 19: 65-83.
Singh, H. 2003. Building effective blended learning programs. Issues of Educational Technology. Volume 43, Number 6, pages 51-54.
Sudjana. (2005). Metode Statistika. Bandung: Tarsito
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta: Bandung.
Sukmadinata, N.S. 2009. Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek (cetakan kedua). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Suyanto, M. 2003. Multimedia Alat untuk Meningkatkan Keunggulan Bersaing. Yogyakarta: Andi Offset.
Yaumi, M. 2018. Media Dan Teknologi Pembelajaran. Jakarta : Prenadamedia Group.
Copyright (c) 2021 Sahrul Sanjaya Galus, Arifin Arifin, Sulkifly Sulkifly

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.