Evaluasi Program Supervisi Kepala Madrasah Dalam Pengembangan Kurikulum Dan Pembelajaran

  • Sri Wilanda Mointi Universitas Negeri Gorontaloi
  • Abdul Kadim Masaong Universitas Negeri Gorontalo
  • Besse Marhawati Universitas Negeri Gorontalo
Keywords: evaluasi program, supervisi, pembelajaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan: (1) kebijakan program supervisi kepala madrasah dalam pengembangan kurikulum dan pembelajaran sebagai komponen konteks, (2) sumberdaya program supervisi kepala madrasah dalam pengembangan kurikulum dan pembelajaran sebagai komponen input, (3) pelaksanaan program supervisi kepala madrasah dalam pengembangan kurikulum dan pembelajaran sebagai komponen proses, (4) kinerja kepala madrasah dalam pengembangan kurikulum dan pembelajaran sebagai komponen produk di MTs Negeri I Gorontalo. Penelitiaan ini menggunakan metode evaluatif dengan  model CIPP (Context, Input, Process, dan Product). Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara,  observasi,  dokumentasi. Proses analisis data  menggunakan  pengumpulan data, penjajian data, reduksi data,  trianggulasi data atau kesimpulan verivikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) supervisi kepala madrasah di lingkungan MTsN I Kota Gorontalo tidak terlepas dari aturan yang dikeluarkan oleh Kementrian Agama No. 58 Tahun 2017,  pasal 3,4 dan 5, (2) yang termasuk dalam komponen input adalah kepala madrasah, supervisor, guru, sarana dan prasarana, (3) dalam komponen proses adalah pelaksanaan supervisi kepala madrasah yang dilakukan oleh supervisor yang ditunjuk oleh Kementrian Agama, (4)  dalam komponen produk adalah kinerja kepala madrasah sesuai dengan standar yang telah ditetapkan dan mutu Pembelajaran.

References

Ametembun.1993.Supervisi Pendidikan, Jakarta:Depdiknas.
Arikanto, dan Jabar, 2010, Evaluasi Program Pendidikan Pedoman Praktis Bagi Mahasiswa dan Praktis pendidikan, Bumi Askara, Jakarta
Hamiyah Nur, Zauhar Mohammad, Pengantar Manajemen Pendidikan di Sekolah, (Jakarta: Prestasi Pelajar Publisher, Cet 1, 2015)

Daryanto dan Tutik Rachmawati, Supervisi Pembelajaran, (Yogyakarta: Gava Media, 2015
Hamiyah Nur, Zauhar Mohammad, Pengantar Manajemen Pendidikan di Sekolah, (Jakarta: Prestasi Pelajar Publisher, Cet 1, 2015)
Koswara, Deni. 2012. Manajemen Pendidikan. Bandung : Pt Remaja Rosdakarya
Lajaruth Seowadji, kepala madrasah dan tanggung jawabnya ( Yogyakarta: Penerbit
Mantja, W.2002. Manajemen Pendidikan dan Supervisi Pengajaran.Malang: Alya And Bacon,Inc.
Masaong, Abd kadim.2013. Supervisi Pembelajaran dan Pengembangan Kapasitas Guru, Bandung: Alfabeta.
Masjumi.2008.peran guru dikelas.jakarta : Bumi Askara
Mawardi Slamet Harianto dkk.2015. Pelaksanaan Supervisi pengajaran Dalam Meningkatkan Kemampuan Profesional Guru di SMA Negeri Kabupaten Aceh Besar.Magister Administrasi Pendidikan, Pascasarjana Universitas Syiah Kuala.vol 3 no. 2 mei 2015.
Mulyasa, 2006. Kurikulum yang Disempurnakan Pengembangan Standar Kompetensi dan Kompotensi Dasar , Bandung : Remaja Rosdakarya
Mulyataningsih, Endanf.2011:144-155.Evaluasi Program.Jakarta:Bumi Askara
Nurhayati, Lia (2013). Thesis. Evaluasi Program Pemberdayaan Masyarakat di BI Gorontalo. Universitas Negeri Gorontalo

Nurhayati, Lia (2020). Disertasi. Evaluasi Program Penjaminan Mutu Akademik di IAIN Sultan Amai Gorontalo. Universitas Negeri Gorontalo

Ngiu, Zulaecha (2013). Disertasi. Evaluasi Program Penjaminan Mutu Akademik di Universitas Negeri Gorontalo. Universitas Negeri Jakarta

Priansa, Donni.2014. Kinerja dan Profesionalisme Guru. Bandung Alfabeta.
Purwanto Ngalim, Administrasi dan Supervisi Pendidikan,(Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2007)

Purwanto, Ngalim.2009. Supervisi Pendidikan, Bandung: Jenmars.
Purwanto,Ngalim.2010. psikologi Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta.
Riyanto, 2016. Evaluasi Program Supervisi Akademik Kepala Madrasah Dapat Meningkatkan Kinerja Mengajar Guru SD Negeri 1 Tegorejo. Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga. Skripsi.
Public Relations dan Media Komunikasi, Jakarta: Rajagrafinda Persada
Sagala Syaiful , Supervisi Pembelajaran, (Bandung: Alfabeta, 2015)
Sahertian dan Mateheru.2000. Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Kepala Sekolah, Jakarta: Rineka Cipta.

Scriven.(1967). Tandras For The Evaluation. In,.B.R.Worten & J.R Sandres.Education Evaluation:Theory Ane Pratice. Bemont, C.A: Wadsor.

Stufflebeam.2011:122.Program Evaluation.Kalamazoo, M.L:Westrem Michigram
Sugiyono .2010. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D Bandung: Alfabeta

Sugiyono .2016. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung. Alfabeta
.Sukardy. 2009.Evaluasi Pendidikan:Prinsip dan Operasionalisme. Jakarta:Bumi Askara
Sukardi. 2014. Evaluasi Program Pendidikan & Pelatihan. Jakarta: Bumi Aksara
Suryosubroto B., 1997. Proses belajar mengajar di sekolah, Jakarta : rineka cipta
Suryosubroto. (2010). Manajemen Pendidikan di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
Spauding, Dean T.2008. Program evaluasi in practice: Core Concepts and Exsamples. Calipornia:Jossey-Bass Inc

Tim Dosem Administrasi Pendidikan Universitas Negri Indonesia 2014. Manajemen Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Virgo dan Slameto, 2018. Evaluasi Manjerial Kepala Madrasah. Universitas Kristen Satya Wacana. Skripsi.

Wahjosumidjo, kepemimpinan kepala madrasah ( Yogyakarta: Penerbit Kanisius 1984)
Wahjosumidjo, Kepemimpinan Kepala Sekolah, Tinjauan Teoritik dan Permasalahannya, (Jakarta: PT Rajagrafindo Persada, 1999)
Published
2021-09-19
Section
Articles