Hubungan Lingkungan Keluarga Dan Faktor Ekonomi Orang Tua Dengan Motivasi Belajar Siswa

  • Eva Lahema Universitas Negeri Gorontalo
  • Ansar Ansar Universitas Negeri Gorontalo
  • Arifin Arifin Universitas Negeri Gorontalo
Keywords: lingkungan keluarga, faktor ekonomi orang tua, motivasi belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hubungan lingkungan keluarga dengan motivasi belajar siswa SMA Negeri 1 Kota Gorontalo, (2) hubungan faktor ekonomi orang tua dengan motivasi belajar siswa, (3) hubungan lingkungan keluarga dan faktor ekonomi orang tua dengan motivasi belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif dengan teknik korelasional. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 83 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner. Uji coba instrument menggunakan uji validasi data dan uji rehabilitasi data. Proses analisis data menggunakan pengujian normalitas data, uji linearitas, analisis korelasi simultan dan hipotesis . Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) lingkungan keluarga dan Motivasi motivasi belajar memiliki hubungan yang signifikan dan positif dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,239, (2) faktor ekonomi orang tua dan motivasi belajar memiliki hubungan yang signifikan dan positif dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,287, dan (3) lingkungan keluarga dan Faktor ekonomi orang tua memiliki hubungan yang signifikan dengan motivasi belajar sebesar 0,308.

References

Ahmad, S. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Rajawali Pers
Ahmadi, A & Munawar, S. 2005.Psikologi Perkembangan. Jakarta: Rineka Cipta.
Asy’ari, M,. Ekayati, I. N &Matulessy, A. 2014. Konsep Diri, Kecerdasan Emosi Dan Motivasi Belajar Siswa. Surabaya. Jurnal Psikologi Indonesia. Vol.3, No.01. Hal:85
Budiariawan. I. P. 2019. Hubungan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Pada Mata PelajaranKimia. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia. Volume 3, Number 2. Hal: 104
Chandra, A. 2017.Hubungan Antara Kecerdasan Emosional Dengan Motivasi Belajar Pada Mahasiswa. Universitas Medan Area. Jurnal Psikologi Konseling. Vol. 10No.1. Hal: 3-4
Chotimah, L. N., Ani, H. M.,& Widodo, J. 2107. Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Siswa (Studi Kasus Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1Jember Tahun Ajaran 2016/2017). Universitas Jember. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi, dan Ilmu Sosial. Volume11 Nomor1. Hal:76
Dalyono, M. 2007. Psikologi Pendidikan.Jakarta: Rineka Cipta
Danziger, K.1976.Socialization.England:PenguinBooksLt
Djaali.2004.Psikologi Pendidikan. Jakarta. PT Bumi Aksara
Djamarah, S. B. 2014. Pola Asuh Orang Tua dan Komunikasi dalam Keluarga. Jakarta: Rineka Cipta
Djamarah,S. B. 2002. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta
Driyarkara. 2017. Driyarkara tentang Pendidikan. Yogyakarta: Kanisius
Dimyati, Mudjio. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Gunawijaya, R. 2015. Kebutuhan Manusia dalam Pandang Islam. Jurnal Al-Maslahah. Volume 13 Nomor 1. Hal: 133
Halima tusadiah, I. 2018. Pengaruh Pendapatan Orang Tua dan Disiplin Belajar terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Universitas IndraprastaPGRI. Herodotus: Jurnal Pendidikan IPS. Vol. 1, No. 1. Hal:4
Handoko, T. H. 1992. Manajemen personal dan sumber daya manusia, edisi kedua, cetak ke empat. Penerbit yogyakarta: UGM
Hasbulah. 2009. Dasar-dasar Iimu Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Hasibuan, Malayu S.P. 2005. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : Bumi Aksara
Helmawati. 2014. Pendidikan Keluarga Teoritis dan Praktis.Bandung: Remaja Rosdakarya Offset.
Iskandar, 2012.Psikologi Pendidikan Sebuah Orientasi Baru. Jakarta:Referensi
Karouw, C. R.M,. &Sinolungan, O. H. J S.V. 2015. Hubungan Status Sosial Ekonomi Orangtua dengan Motivasi Belajar pada Mahasiswa Angkatan 2013 Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi. Manado. Jurnal e-Biomedik (eBm). Volume 3, Nomor 1. Hal:304
Kompri. (2016) Motivasi pembelajaran Perspektif Guru dan Siswa. Bandung:PT Raja Grafindo persade
Kartono, K.1977. Tinjauan Holistik Mengenai Tujuan Pendidikan Nasional. Jakarta: PT Pradnya Paramita.
Kunandar. 2007. Guru Profesional. Jakarta:PT Raja Grafindo Persada.
Marini, C. K. 2012. Pengaruh Self-Efficacy, Lingkungan Keluarga, dan Lingkungan Sekolah Terhadap Minat Berwirausaha Siswa SMK Jasa Boga. Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Vokasi. Vol 4, Nomor 2. Hal: 199
Majid, A. 2005.Perencanaan Pembelajaran. Bandung:Remaja Rosdakarya.
Mehmood, T. 2011. Effects of Socioeconomic Status on Students Achievement. International Journal of Sosial Sciences and Education,Volume: 1 No. 2. Hal: 149
Monks, K& Siti, R. H. 2004.Psikologi Perkembangan. Yogyakarta: Gajah MadaUniversity Press.
Muhammad, M. 2016. Pengaruh Motivasi dalam Pembelajaran. Kabupaten Aceh Besar. Lantanida Journal. Vol. 4 No. 2. Hal: 93
Mustaqim & Wahab, A. 2003. Psikologi Pendidikan. Semarang: PT. Rineka Cipta.
Mulyasa, E.(2007). Menjadi Guru Profesional; Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Rosdakarya.
Nasution, T dan Nasution, N 2015. Peranan Orang Tua dalam Meningkatkan Prestasi Anak. Jakarta: Gunung Mulia
Nidawati. 2013. Belajar dalam Perspektif Psikologi dan Agama. Jurnal Pionir. Volume 1,Nomor 1. Hal: 16
Nurjamily. W. O. 2015. Kesantunan Berbahasa Indonesia dalam Lingkungan Keluarga. Makassar. Jurnal Humanika No. 15, Vol. 3. Hal: 9
Patel, K. (2007). Understanding the Influence of Famili context on entrepreneurial characteristics, Gordon Institute of Business Science: Universitas of Preto-ria.
Riduwan. 2004. Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru, Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung. Alfabet
Rochmawan, L. T. 2008.Pengantar Ekonomi Mikro.Semarang:Anindya.
Sardiman,A.M. 2001. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar.Jakarta: Grafindo.
Sardirman,A.M.2005.Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Grafindo
Sadirman, A.M, 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers
Sadirman. (2014).Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta:Rajawali
Soemanto, Wasty. 2006. Psikologi pendidikan Landasan Kerja Pemimpin Pendidikan. Bandung:RinekaCipta.
Suyanto.(2006). Sosiologi Teks Pengantar dan Terapan. Jakarta: Kencana.
Setyawati, V. (2018). Pengaruh Motivasi Belajar, Lingungan Keluarga Dan Peran Guru Terhadap Disiplin Belajar Siswa. Economic Eduation Analysis Journal. Vol. 7, No 1, hal. 29-44
Senja N.W.F& Lesmana, D. O. 2017. Pengaruh Kondisi Ekonomi Keluarga terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di Kelas XI IPSSMA Negeri Kota Cirebon. Cirebon. Jurnal Edueksos. Volume VINo 1. Hal: 28
Shihab, M. Q. 1997.Membumikan Al-Qur’an Cet. XV. Bandung: Mizan
Sidik, Z&Sobandi, A. 2018. Upaya meningkatkan motivasi belajar siswa melalui kemampuan komunikasi interpersonal guru(The effort of improving students’ learning motivation through teachers’interpersonal communication skill). Bandung. JURNAL PENDIDIKAN MANAJEMEN PERKANTORAN.Vol.3No.2. Hal: 193
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Soekanto, S. 2001. Sosial Ekonomi. Jakarta: Raja Grafindo
Soekanto, S. 2006. Sosiologi Suatu Pengantar.Jakarta : PT Raja Grafindo Persada
Soewadji, Jusuf. 2012. Pengantar Metodologi Penelitian. Jakarta: Mitra Wacana Media.
Sudarwanto,B. 2018. Pengaruh Sosial Ekonomi Orang Tua dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMPN 4 Wonosobo. Jurnal Media Manajemen Pendidikan.Volume 1 No. 1. Hal:117
Sudjanah. 2002. Metode statistika. Bandung: Tarsito.
Sugihartono, dkk. 2015.Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung. Alfabeta
Sugiyono. 2013: Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,Kualitatif, dan R&D. Bandung:Alfabeta
Sukmawati, H. 2013. Tripusat Pendidikan. STAI DDI Pangkajene Sidrap. Jurnal PILAR. Vol. 2. No. 2. Hal: 188
Sukmadinata, N.S.2007.Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung:PT Remaja Rosdakarya.
Sumardi,M &Evers, H. D. 2007. Kemiskinan dan Kebutuhan Pokok. Jakarata: CV. Rajawali.
Suprihatin, S. 2015. Upaya Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro. Vol.3.No.1. Hal:76
Suryani, N. 2006. Pengaruh Kondisi Sosial dan Ekonomi Orang Tua Terhadap Motivasi Melanjutkan Pendidikan. Jurnal Penelitian Kabumen (Staff Ekonomi UNNES)
Sjukur, S. B. 2012. Pengaruh Blended Learningterhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa Tingkat SMK. Kab. Tanah Bumbu. Jurnal Pendidikan Vokasi. Vol 2, Nomor 3. Hal: 372
Syah, J. 2018. Pengaruh Status Sosial Ekonomidan Perhatian Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia. Jakarta Selatan. Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia. Vol. 1, No. 2. Hal:157
Sanjaya, Wina. (2010). Kurikulum dan pembelajaran, Teori dan praktek Pengembangan Kurikulum KTSP. Jakarta: Kencana
Uno, H. B. 2010.Teori motivasi dan Pengukurannya. Bumi Aksara : Jakarta
Usman, N. 2007. Manajemen Peningkatan Kinerja Guru. Mutiara Ilmu : Bandung
Wibowo, A& Gunawan. 2015. Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal di Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Winata, R.A. 2013. Minat Belajar Siswa Ditinjau Dari Kemampuan Ekonomi Orangtua Dan Dukungan Keluarga Siswa Di SMK Prawira Marta Kartasura Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi: Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Wuitt,W.(2001). Motivation To Learn. An Overview. Educational Psychology Interactive. Valdosta: Saldosta State University.
Zulaeva, D. 2017. Hubungan Antara Lingkungan Keluarga Dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas VI MI Walisongo Jerakah Tugu Semarang Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi: Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Published
2022-01-05
Section
Articles