Hubungan Kecerdasan Interpersonal Dan Kecerdasan Intrapersonal Kepala Sekolah Dengan Keterampilan Mengajar Guru

  • rahmatullah is zakaria universitas negeri gorontalo
  • Abdul Kadim Masaong
  • Besse Marhawati Universitas Negeri Gorontalo
Keywords: Keterampilan Mengajar Guru, Kecerdasan Interpersonal, Kecerdasan Intrapersonal

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui :  1) Adanya hubungan yang positif kecerdasan interpersonal kepala sekolah dengan keterampilan mengajar guru di Sekolah Dasar Se Kota Gorontalo, 2) Adanya hubungan yang positif kecerdasan intrapersonal kepala sekolah dengan keterampilan mengajar guru di Sekolah Dasar Se Kota Gorontalo, 3) Adanya hubungan yang positif kecerdasan interpersonal dan kecerdasan intrapersonal kepala sekolah secara bersama-sama dengan keterampilan  mengajar guru Se Kota Gorontalo. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu kuantitatif dengan teknik kolerasional. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Terdapat hubungan positif dan signifikan kecerdasan interpersonal terhadap Keterampilan mengajar guru Sekolah Dasar di Kota Gorontalo; (2) Terdapat hubungan positif dan signifikan kecerdasan intrapersonal terhadap Keterampilan mengajar guru Sekolah Dasar di Kota Gorontalo; (3) Terdapat hubungan positif dan signifikan kecerdasan interpersonal dan kecerdasan intrapersonal kepala sekolah secara bersama-sama terhadap keterampilan mengajar guru Sekolah Dasar di Kota Gorontalo. Untuk itu disarankan : 1) bagi Dinas Pendidikan Kota Gorontalo, Sebagai acuan untuk melakukan pengambilan kebijakan dalam rangka mengembangkan kecerdasan interpersonal dan kecerdasan intrapersonal untuk meningkatkan Keterampilan mengajar guru dalam mengembangkan pendidikan, 2) bagi Kepala Sekolah Dasar Se Kota Gorontalo, Kepala sekolah sebagai pemimpin di lembaga pendidikan disarankan untuk memperhatikan aspek-aspek kecerdasan interpersonal dan kecerdasan intrapersonal untuk meningkatkan Keterampilan guru dalam mengajar sehingga dapat terwujud pendidikan yang bermutu, 3) bagi Guru Sekolah Dasar Se Kota Gorontalo, Mengembangkan kecerdasan interpersonal dan kecerdasan intrapersonal untuk mewujudkan Keterampilan dalam mengajar serta dapat membantu guru agar lebih mengetahui dan memahami kebutuhan serta permasalahan yang dihadapi di dunia pendidikan.

References

Amstrong, M. 2002. Identifiying and Developing Your Multiple Intelligences (Menemukan dan Meningikatkan Kecerdasan Anda Berdasarkan teori Multiple Intellegence), Terj. T. Hermaya. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
Arikunto, S. 2002. Manajemen Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta
Bahaudin, Tufik. 2007. Brainware Leadership Mastery Kepemimpinan Abad Otak dan Milenium Pikiran. Jakarta: PT. Alex Media Komputindo
Gardner, Howard. 2013. Multiple Intellegences Kecerdasan Majemuk Teori dalam Praktik. Terjemahan oleh Alexander Sindoro. Tangerang: Karisma Publishing Press
Lwin. 2008. Cara Mengembangkan Berbagai Komponen Kecerdasan (Edisi Indonesia). Yogyakarta: Indeks
Mantra, Ida Bagus. 2004. Demografi Umum. Jakarta: Pustaka Pelajar
Martuti. 2009. Mengelola PAUD: Dengan Aneka Permainan Meraih Kecerdasan Majemuk. Yogyakarta: Kreasi Wacana Offset
Nursyania. 2011. Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal Anak Usia Dini. Jakarta: Bumi Aksara
Sholihin, 2011, Corparate Sosial Responsibility: From Charity To Sustainability. Jakarta: Salmba Empat.
Sugiyono. 2008. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif-Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Suparno. 2013. Keterampilan Dasar menulis. Jakarta : Universitas Terbuka
Yaumi, Muhammad. (2012). Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligences. Jakarta: Dian Rakyat
Published
2022-01-05
Section
Articles