Hubungan Keterampilan Komunikasi dan Pemberian Reward dengan Motivasi Belajar Siswa

  • Armin S. Rahman Universitas Negeri Gorontalo
  • Ansar Ansar Universitas Negeri Gorontalo
  • Warni Tune Sumar Universitas Negeri Gorontalo
Keywords: Komunikasi, Reward, Motivasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Hubungan keterampilan komunikasi dengan  motivasi belajar siswa di SMP se-Kecamatan Telaga. 2) Hubungan pemberian reward  dengan motivasi belajar siswa di SMP se-Kecamatan Telaga. 3) Hubungan antara keterampilan komunikasi dan pemberian reward dengan motivasi belajar siswa di SMP se-Kecamatan Telaga. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif dengan teknik korelasional. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Keterampilan komunikasi dengan motivasi belajar siswa memiliki hubungan yang positif dengan koefisien korelasi 82%. 2) Pemberian reward  dengan motivasi belajar siswa memiliki hubungan yang positif dengan koefisien korelasi 76%. 3) Keterampilan komunikasi dan pemberian reward dengan motivasi belajar siswa memiliki hubungan yang positif dengan koefisien korelasi 70%. Untuk itu disarankan: 1) Guru, diharapkan untuk lebih meningkatkan keterampilan komunikasi, agar lebih percaya diri saat mengajar. 2) siswa, diharapkan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, agar bisa mendapatkan prestasi. 3) Bagi peneliti selanjutnya, diharapkan dapat melakukan penelitian lanjutan yang berkaitan dengan keterampilan komunikasi, pemberian reward, dan motivasi belajar siswa dengan menambah faktor-faktor lain guna mendapatkan berbagai informasi dalam upaya meningkatkan motivasi belajar siswa.

References

Arifin, Anwar. 2008. Ilmu Komunikasi, Sebuah Pengantar Ringkas. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
B. Uno, Hamzah. 2011. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.
Cangara, Hafied. 2007. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persad
Chatab Nhevizon 2007. Profil budaya Organisasi: Mendiagnosis Budaya dan Merangsang Perubahannya. Bandung: Alfabeta
Djamarah, Saiful Bahri. 2008. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta
Eka Lestari, Karunia & Mohammad Ridwan Yudhanegara. 2015. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT. Refika Editama.
Hutagalung, Inge. 2007. Pengembangan Kepribadian. Bekasi: Direktorat Jendral Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah. Kementrian Pendidikan Nasional.
Sardiman A.M. 2007. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor Yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Winkel, W. 2005. Psikologi Pendidikan dan Efaluasi Belajar. Jakarta: Gramedia
Published
2021-12-31
Section
Articles