Implementasi Sistem Zonasi
Abstract
Tujuan penelitian untuk mengetahui: (1) Kebijakan pelaksanaan sistem zonasi pada proses penerimaan peserta didik baru tingkat Sekolah Menengah Atas, (2) Sistem penerimaan peserta didik baru tingkat Sekolah Menengah Atas, dan (3) Prosedur pelaksanaan penerimaan peserta didik baru tingkat Sekolah Menengah Atas Se Kota Gorontalo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian yaitu deskriftif eksplanatori. Penelitian ini di fokuskan pada Implementasi kebijakan sistem zonasi di Sekolah menengah atas se Kota Gorontalo, dengan jumlah subjek penelitian yaitu 78 orang. Tehnik pengumpulan data dengan cara menggunakan kuesioner dan wawancara. Analisis data yang di gunakan adalah tehnik analisis deskriftif dengan menggunakan formulasi persentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Kebijakan pelaksanaan sistem zonasi pada proses penerimaan peserta didik baru berada pada kategori cukup baik, (2) Sistem penerimaan peserta didik baru berada pada kategori cukup baik, dan (3) Prosedur pelaksanaan penerimaan peserta didik baru berada pada kategori cukup baik.
References
Andina, Elga. 2017. Sistem Zonasi dan Dampak Psikososial Bagi Peserta Didik. Majalah Info Singkat Kesejahteraan Sosial Vol. IX, No. 14/II/Puslit/Juli/2017
Hasbullah, H., & Anam, S. 2019. Evaluasi Kebijakan Sistem Zonasi Dalam Penerimaan Peserta Didik Baru Di Tingkat Sekolah Menengah Pertama Negeri Di Kabupaten Pamekasan. Reformasi, 9(2), 112-122.
Karmila, M., Syakira, N., & Mahir, M. (2020). Analisis kebijakan pendidikan sistem zonasi dalam penerimaan peserta didik baru. Jurnal mappesona, 2(1)
Khadowmi, Eka Reza. 2019. Implementasi Kebijakan Sistem Zonasi terhadap Proses Penerimaan Peserta Didik Baru Kabupaten Lampung Tengah. Jurnal Pendidikan
Nurlailiyah, A. 2019 Analisis Kebijakan Sistem Zonasi Terhadap Perilaku Siswa SMP di Yogyakarta. Jurnal Penelitian dan Kebudayaan Islam
Pangaribuan, Elsa Nida dan Hariyati, Nunuk 2019. Implementasi kebijakan Sistem Zonasi penerimaan peserta didik baru jenjang SMP di kabupaten Gresik. Prodi Manajemen Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya. 7(1).
Perdana, N. S. 2019. Implementasi PPDB Zonasi Dalam Upaya Pemerataan Akses dan Mutu Pendidikan. Jurnal Pendidikan Glasser
Permendikbud No. 51 2018. Sistem Penerimaan Peserta Didik Baru
Permendikbud No. 51 2018 Revisi. Sistem Penerimaan Peserta Didik Baru
Permendikbud No. 44 2019. Sistim Penerimaan Peserta Didik Baru
Permendikbud No. 1 2021. Sistim Penerimaan Peserta Didik Baru
Purwanti, D., Irawati, I., Adiwisastra, J., & Bekti, H. 2019. Implementasi Kebijakan Penerimaan Peserta Didik Baru Berdasarkan Sistem Zonasi Di Kota Bandung. Jurnal Governansi.
Sari, A. U. W., Imron, A., & Sobri, A. Y. 2017. Efektivitas Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Melalui Sistem Penerimaan Peserta Didik Online. In Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Kerjasama Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud 2016.
Suking, Arifin. 2015. Manajamen Kesiswaan Pada Sekolah Efektif. Disertasi Doktor (DP2M)
Copyright (c) 2021 Jerianto Launuha, Fory Armin Naway, Arifin Suking

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.