Pelatihan Keterampilan Dialectical Behavior Therapy dalam Bimbingan Kelompok untuk Guru Bimbingan dan Konseling

  • Rasimin Rasimin,
  • Affan Yusra Universitas JAMBI
  • Muhammad Alridho Lubis Universitas Negeri Gorontalo
  • Sri Annisa Walindarahma Universitas Jambi
  • Ega Puspita Sari Universitas Jambi
Keywords: Pelatihan, Keterampilan, Dialectical Behavior Therapy, Bimbingan Kelompok, Guru Bimbingan dan Konseling

Abstract

Muaro Jambi terdapat Sebagian telah memiliki guru bimbingan dan konseling, namun terdapat pula sekolah yang guru bimbingan dan konseling nya bukan berlatar belakang bimbingan dan konseling dan terdapat juga sekolah yang belum memiliki guru bimbingan dan konseling. beberapa guru bimbingan dan konseling berpendapat bahwa rendahnya: 1. pemahaman hakikat dan fungsi bimbingan dan konseling di sekolah paradigma baru dan 2. keterampilan bimbingan kelompok merupakan   masalah   yang   paling urgen   untuk   segera   diselesaikan. Adapun metode yang digunakan metode worksop suatu bentuk kegiatan yang mana ada beberapa orang ahli bidang tertentu dan berkumpul dengan sekelompok orang dengan latar belakang maupun profesi yang sama serta melakukan kegiatan interaksi secara bersama untuk membahas suatu masalah tertentu. Dalam proses pelaksanaannya, kegiatan workshop ini biasanya akan lebih fokus untuk membahas berbagai masalah tertentu yang disertai dengan pelatihan. Para peserta di dalamnya akan mendapatkan pengetahuan baru yang sangat bermanfaat dan juga bisa diterapkan sesuai dengan bidang profesi yang dimilikinya

References

Barida, M., Widyastuti, D. A., & Dahlan, U. A. (2020). Peningkatan kompetensi guru bimbingan dan konseling dalam menyelenggarakan layanan bimbingan kelompok dan konseling kelompok. November, 851–858.

Huang, J.-W., Zhou, X.-Y., Lu, S.-J., Xu, Y., Hu, J.-B., Huang, M.-L., Wang, H.-F., Hu, C.-C., Li, S.-G., & Chen, J.-K. (2020). Dialectical behavior therapy-based psychological intervention for woman in late pregnancy and early postpartum suffering from COVID-19: a case report. Journal of Zhejiang University-SCIENCE B, 21(5), 394–399.

Irwansyah, M. (2021). kemampuan bicara , dimana para remaja dan menyampingkan perasaan mereka dengan Guru BK MAN Binjai mengenai keterampilan komunikasi Interpersonal pada siswa ditemukan bahwa sebagian kelompok merupakan suatu layanan yang informasi dari guru BK kepada siswa . 7–9.

Lakeman, R., Emeleus, M., Davies, S., & Anderson, S. (2020). A pragmatic evaluation of a high-fidelity dialectical behaviour therapy programme for youth with borderline personality disorder. 7357(May). https://doi.org/10.1080/18387357.2020.1761262

Lesmana, T. I. (2019). Pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dengan teknik modelling dalam meningkatkan rasa percaya diri pada peserta didik kelas VIII di SMPN 11 Bandar Lampung. UIN Raden Intan Lampung.

Mehlum, L. (2021). Mechanisms of change in dialectical behaviour therapy for people with borderline personality disorder. In Current Opinion in Psychology. Elsevier.

Pohan, R. A. (2020). Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok dalam Meningkatkan Kegiatan Merespon Pembelajaran. 4(1), 17–30. https://doi.org/10.29240/jbk.v4i1.1280

Santoso, A. (2021). DIALETICAL BEHAVIOUR THERAPY. Global Aksara Pers.

Sutirna. (2013). Bimbingan dan Konseling Pendidikan Formal, Non formal dan Informal.

Yusra, A., & Wahyuni, H. (2021). Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Komunikasi Interpersonal Siswa Abstrak. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(2), 314–320.

Published
2022-12-26
How to Cite
Rasimin, R., Yusra, A., Lubis, M. A., Walindarahma, S. A., & Sari, E. P. (2022). Pelatihan Keterampilan Dialectical Behavior Therapy dalam Bimbingan Kelompok untuk Guru Bimbingan dan Konseling . Jurnal Pengabdian Pedagogika, 1(1), 33-40. Retrieved from https://ejournal-fip-ung.ac.id/ojs/index.php/jpp/article/view/1826