Identifikasi Peran Orangtua dalam Mendampingi Anak Belajar

  • Denofri Universitas Jambi
  • Rasimin Universitas jambi
  • Affan Yusra Universitas jambi
Keywords: Peran orangtua, belajar, Mendampingi anak

Abstract

Sebagaimana yang telah kita ketahui orangtua memiliki peran penting dalam merawat, mendidik, dan mengasuh anak. Pengasuhan dan peranan orangtua terhadap anaknya memiliki pengaruh besar terhadap pembentukan karakter dan perilaku anak. Apabila orangtua ikut berperan dalam mendampingi anak belajar, maka anak akan tumbuh dan berkembang secara baik dan optimal. Penelitian ini bertujuan untuk melihat  seberapa besar peran orangtua dalam mendampingi anak belajar dirumah. penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitaif. Populasi dalam penelitian ini adalah orangtua siswa yang lengkap yang anaknya sekolah di SD Negeri 45/III Siulak Kecil Kabupaten Kerinci yang berjumlah 115 orang. Adapun teknik penarikan sampel yang digunakan yaitu stratified Random Sampling dengan sampel yang sudah ditetapkan yaitu berjumlah 53 orang. Alat pengumpulan data berupa angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah menggunakan rumus Formula A dan C. Hasil penelitian mengenai indentifikasi peran orang tua dalam mendampingi anak belajar di SD Negeri Siulak Kecil Kabupaten Kerinci yang diperoleh dengan cara penyebaran angket kepada 53 orang responden berada pada frekuensi “Sering” dengan presentase 84,18%.

References

Aisyatinnaba, Nur. 2015. Peran Orang Tua Dalam Memotivasi Belajar Siswa (Studi Kasus Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 03 Kecamatan Losari, Kabupaten Brebes). In Semarang: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang.

Cahyati, & K. 2020. Peran Orang Tua Dalam Menerapkan Pembelajaran di Rumah Saat Pandemi Covid 19. Jurnal Golden Age, Universitas Hamzanwadi, 04(1).

Hadi. 2016. Nilai-nilai Pendidikan Peluarga dalam UU No.23 Tahun 2002 Tentang Perlindungan Anak. An-Nisa, (Online), IX(2), 101–121.

http://e-jurnal.stainwatampone.ac.id/index.php/an-nisa/article/viewFile/189/183

Hardiyanti, W. E., Sulkifly, & Mori, J. T. S. 2021. Kesiapan Penerapan Pembelajaran Aktif, Kreatif dan Menyenangkan Bagi Anak Usia Dini di Era New Normal. Student Journal of Early Childhood Education, 1(1), 1-10.

Imron, Ali. 2016. Pendidikan Kepribadian Anak Menurut Abdullah Nashih Ulwan. Jurnal Edukasia Islamika, 1(1):89

Kuntarto, Eko. 2017. Keefektifan Model Pembelajaran Daring Dalam Perkuliahan Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi. Journal Indonesian Language Education and Literature, 3(1).

Lestari, S. 2012. Psikologi Keluarga. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Maemunawati, Siti, and Muhammad Alif. 2020. Peran Guru, Orang Tua, Metode dan Media Pembelajaran: Strategi KBM di Masa Pandemi Covid-19. Serang: 3M Media Karya Serang.

Novrinda, Nina Kurniah, and Yulidesni. 2017. Peran Orang tua Dalam Pendidikan Anak Usia Dini Ditinjau Dari Latar Belakang Pendidikan. Jurnal Potensia PG-PAUD FKIP UNIB, 2(1): 61-80. doi: 10.19109/ra.v1i1.1526

Prasetyo, Fajar Ahmad Dwi. 2018. Pendampingan Orang Tua dalam Proses Belajar Anak (Studi Deskriptif Tentang Tingkat Optimalisasi Pendampingan Orang tua dalam Proses Belajar Anak menurut Persepsi Siswa Kelas X SMK N 1 Nanggulan Tahun Ajaran 2017/2018). Skrpsi. 2(2):2016

Saputri, Apriliana Ega. 2017. Pendampingan Anak Dalam Keluarga di Tk Pertiwi Kebasen Kabupaten Banyumas. 111

Sudarsa, dkk. 2020. Covid-19 perspektif pendidikan. Yayasan Kita Menulis.

Sutja, Akmal, dkk. 2017. Panduan Penulisan Skripsi untuk Prodi Bimbingan dan Konseling. Yogyakarta: Penerbit Writing Revilution.

Published
2022-11-25
How to Cite
Denofri, Rasimin, & Yusra, A. (2022). Identifikasi Peran Orangtua dalam Mendampingi Anak Belajar. JAMBURA Guidance and Counseling Journal, 3(2), 67-74. https://doi.org/10.37411/jgcj.v3i2.1358